Parenting

Usia Ideal Anak Masuk Sekolah ( PAUD – SD )

Dalam dunia pendidikan, pastinya usia sangatlah penting dan nyatanya memang berpengaruh besar dalam proses pendidikan. Dunia pendidikan itu sendiri memiliki tingkatan, dari mulai PAUD untuk usia yang paling muda, hingga pendidikan tinggi. Sehingga para orang tua harus memperhatikan usia anak yang tepat kapan harus memulai pendidikan.

Namun, di Indonesia sendiri, nyatanya masih banyak para orang tua yang belum memahami pentingnya usia yang tepat untuk menempuh pendidikan. Masih banyak orang tua yang terkadang terlambat mendaftarkan anaknya ke sekolah, atau bahkan terlalu muda. Maka dari itu, para orang tua perlu mengetahui bagaimana pentingnya usia dalam menjalani pendidikan, karena usia harus diperhatikan demi kelancaran dan daya belajar anak serta kapan saat yang tepat untuk mendaftarkan anak untuk memulai pendidikan pertamanya dari mulai PAUD.

Mengapa Usia Sangat Berpengaruh Dalam Proses Pendidikan Anak dan Bagaimana Manfaatnya?

Walaupun masih banyak orang tua di Indonesia yang belum terlalu paham dengan faktor usia, namun hal ini sebenarnya harus diperbaiki agar tidak ada lagi anak-anak yang terlambat mendaftarkan diri ke pendidikan awal. Ada banyak sekali alasan mengapa usia menjadi faktor penting dalam pendidikan. Terlebih lagi bagi para anak-anak, di mana pendidikan harus segera ditanamkan dalam diri mereka masing-masing.

  1. Golden Age dan Pendidikan

Alasan mengapa usia bisa menjadi pengaruh dalam pendidikan. Seperti yang kita ketahui, usia 3 sampai 6 tahun merupakan masa-masa emas bagi anak. Dan di rentang usia ini, anak-anak akan tumbuh dan membentuk karakter awal dengan pengaruh lingkungan sekitar, yang mana lingkungan akan mengajarkan anak-anak bagaimana bertindak atau bersikap.

Sebagai orang tua, pastinya ingin memberikan yang terbaik untuk anak dan tentu menginginkan anaknya bertumbuh dan berkembang di lingkungan yang mendukung. Maka dari itu, untuk membentuk kepribadian serta karakter, anak-anak harus memiliki lingkungan yang baik. Dan salah satu lingkungan yang baik bisa ditemukan di lingkungan sekolah, karena anak-anak akan belajar berbagai budi pekerti di sana dengan teman sebayanya.

x

  1. Menumbuhkan Rasa Empati

Selain alasan golden age yang harus dimanfaatkan untuk kegiatan yang bermanfaat, tentunya pendidikan penting bagi anak-anak untuk menumbuhkan atau mengembangkan rasa empati bagi sesama temannya. Di sekolah, anak-anak akan diajarkan bagaimana caranya berempati, bersimpati, dan mengetahui emosional temannya. Dan hal tersebut nyatanya sangat baik dilakukan terlebih lagi untuk para anak-anak.

  1. Menumbuhkan Sifat Sosial

Pendidikan bagi anak-anak sangat bermanfaat bagi anak untuk menumbuhkan sifat sosial di sekitarnya. Misalnya dengan menumbuhkan rasa kepedulian, berpikir bebas, serta menghargai pendapat teman sebayanya. Sifat sosial ini tentunya harus ditumbuhkan dalam diri anak agar mereka memiliki jiwa sosial yang tinggi.

  1. Membentuk Karakter Budi Pekerti

Pendidikan awal seperti PAUD dan SD harus diperhatikan lingkungannya sebelum para orang tua mendaftarkan anaknya. Karena dengan memilih pendidikan yang tepat dengan atmosfer pendidikan yang mendukung serta ajaran untuk membangun karakter, maka anak akan tumbuh menjadi seperti lingkungannya. Jika pilihlah lingkungan yang mendukung untuk membangun karakter dan budi pekerti sehingga pendidikan akan membawa banyak manfaat juga.

Usia Ideal Anak Masuk Sekolah (PAUD-SD)

Usia anak yang ideal untuk segera mendaftarkan anak anda ke pendidikan dasar memang bervariatif. Dari pihak pemerintah yaitu kementerian pun nyatanya sudah memberikan peraturan usia ideal anak untuk memulai pendidikan dasar. Pemerintah tersebut telah mematok usia hingga 6 tahun untuk mendaftarkan anak menjadi siswa PAUD.

Menyadur tulisan BetterParent selain mempertimbangkan usia ideal memasuki PAUD, kesiapan fisik, emosianal, dan kognitif juga harus benar-benar diperhatikan agar tidak terlambat ataupun terlalu cepat. Karena, pendidikan sesuai usia nyatanya sangat bermanfaat dan tentunya berpengaruh bagi proses sekolahnya nanti. Sebisa mungkin, para orang tua harus mengetahui kapan usia anak untuk memulai sekolah. Tentunya hal tersebut harus dilakukan oleh orang tua karena pendidikan merupakan sebuah investasi non-materi yang bisa anda peroleh nantinya.

Usia anak yang ideal untuk memulai pendidikan adalah 3 sampai 6 tahun. Dalam rentang usia tersebut, jika ditinjau dari peraturan menteri, maka anak sudah bisa didaftarkan ke jenjang pendidikan pertama, yaitu PAUD. Kemudian usia tersebut juga merupakan masa-masa emas bagi anak, maka memang sudah seharusnya untuk mulai menyekolahkan anak tersebut di PAUD agar mendapatkan lingkungan yang baik dan mendukung untuk tumbuh kembangnya yang lebih baik.

Namun, disamping usia ideal yang sudah seharusnya memulai untuk bersekolah, masih ada beberapa pertimbangan lainnya yang harus diperhatikan oleh para orang tua. Yaitu kesiapan anak, karena jika anak belum siap, walaupun usianya sudah hampir 5 tahun, maka sebagai orang tua harus melakukan beberapa upaya sampai anak terbujuk. Namun jika di usia yang masih cukup terbilang terlalu awal, namun jika anak tersebut telah memiliki kesiapan yang cukup matang dan pastinya memiliki semangat yang sangat tinggi, maka anak tersebut sangat diperbolehkan untuk memulai pendidikan.

Inilah usia ideal anak untuk masuk sekolah (PAUD-SD). Ada baiknya jika orang tua mengetahui terlebih dahulu usia dan juga sikap anak, apakah anak menunjukkan sikap siap untuk bersekolah atau tidak. Karena memang pada dasarnya, orang tua lah yang paling paham dengan kondisi anaknya.

Maka dari itu, orang tua wajib mengamati sikap dan juga pertambahan usia agar tidak mengalami keterlambatan dalam pendidikan. Karena nyatanya masih banyak para ibu atau orang tua yang terlambat dalam mendaftarkan anaknya untuk bersekolah. Sehingga anak kurang mendapatkan momen golden age dan juga pendidikannya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Most Share

To Top