Parenting

Untuk Orang Tua Bekerja, Pola Asuh Ini Sebaiknya Diterapkan Pada Anak

polaasuhdemokratis

Setiap orang tua memang memiliki pola asuh tersendiri yang diterapkan pada sang anak. Pola Pengasuhan ikut mempengaruhi tumbuh kembang anak. Untuk orang tua bekerja, pola asuh seperti apakah yang tepat diterapkan?

Menurut psikolog klinis sekaligus pengajar di Universitas Tarumanagara, Agustina: Pola asuh demokratis merupakan pola asuh yang paling ideal untuk diterapkan.

polaasuhdemokratis

Pola Asuh Demokratis

Baumrind mengemukakan empat tipe pola asuh dimana salah satunya adalah Pola Asuh Demokratis. Pola asuh demokratis, yang mampu menciptakan keseimbangan antara hak dan kewajiban orang tua dan anak, sehingga anak dapat bertanggung jawab atas tindakan yang dilakukan.

pada Pola Asuh Demokratis ini anak diberi conyoh, dihargai, didorong, dibantu, penuh kasih sayang. Kemudian diberikan koreksi (bukan hukuman) agar anak menjadi mandiri. Dengan harapan anak lebih percaya diri, mandiri, kreatif

Pola Asuh Demokratis pada Orang Tua Bekerja

Bagi orang tua yang keduanya bekerja, pola asuh demokratis merupakan pola asuh yang paling ideal untuk diterapkan. Alasannya karena pola asuh ini menerapkan aturan-aturan yang harus dipatuhi oleh anak. Namun, anak diberikan kesempatan untuk mengutarakan keinginannya jika aturan yang ada tidak sesuai atau dirasa sulit.

Sebagai orang tua, memanjakan anak memang lumrah dilakukan. Apalagi bagi ayah dan ibu yang keduanya bekerja, pastinya mereka ingin mencurahkan kasih sayang dan membuat si kecil bahagia.

Akan tetapi memanjakan anak dapat dilakukan dengan memberi kelonggaran terhadap aturan yang diberikan asalkan orang tua merasa bahwa aturan ini memang masih bisa ditawar. Atau, bisa juga dengan menghabiskan waktu bersama dengan anak.

Orang Tua juga harus konsisten menerapkan aturan. Jika orang tua konsisten dan jelas dalam menerapkan aturan kepada anak. Memanjakan anak bukan berarti harus membuat orang tua menuruti semua kehendak anak,

adorable-book-boy-1250722 adorable-book-boy-1250722
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Most Share

To Top