Parenting

Titi Kamal-Christian Sugiono Punya Tips Unik yang Bisa Bunda Tiru agar Si Kecil Tak Kecanduan Main Gawai

titi kamal

Pasangan Titi Kamal dan Christian Sugiono kompak dalam urusan berbagi tugas menjaga buah hati. Saat ditemui beberapa waktu lalu, Tian, sapaan Christian mengaku sering membantu anak pertamanya, Arjuna Zayan Sugiono untuk mengerjakan tugas sekolahnya yang berhubungan dengan seni seperti prakarya dan menghias sepeda. Sementara Titi kebagian mengajari putranya itu mengenalkan huruf, angka, dan kata.

“Sebagai suami, Tian sangat menolong. Ia tidak berpikir bahwa mengasuh dan membantu anak mengerjakan PR itu urusan istri. Tian juga memandikan anak. Punya suami seperti Tian, beban kerja saya di rumah berkurang 50 persen,” kata Titi.

Sementara itu, untuk urusan hiburan anak, Titi dan Tian sepakat untuk tak membuat anak-anaknya kelak jadi ‘generasi nunduk’. Mereka lebih terbiasa mengenalkan alam sekitar pada anak sedini mungkin. Karenanya, Titi kerap mengajak dua putranya untuk langsung melihat sungai, laut, pasir, dan merasakan semua elemen alam.

“Intinya sih jangan kasih lihat keseruan gadget. Jangan dikasih lihat kalau gadget tuh seru, (anak) dibikin enggak usah tahu aja, dibikin sesuatu yang serunya itu seperti berenang. Karena once dia tahu kalau gadget itu seru, dia pasti akan (berpaling) ke yang lebih seru,” tambah Tian.

Walau begitu, pasangan yang menikah pada tahun 2009 ini mengaku tetap memperkenalkan gadget kepada Juna agar tidak ketinggalan zaman.

“Sebenarnya gadget supaya dia enggak ketinggalan zaman kita tetap perkenalkan, tapi ada batasan waktunya,” kata Titi.

Ia mengungkapkan, Tian yang lebih sering mengajak putranya bernegosiasi. Main gawai cukup lima hingga 10 menit saja. Sementara itu trik unik Tian dalam membatasi penggunaan gawai yaitu memberikan gawai dengan kondisi baterai yang lemah.

“Kalau gue ngecas baterai (hp), dicasnya 10% saja. Jadi begitu baterainya habis, ya sudah selesai (main gadgetnya),” ungkap Tian. Mereka berdua pun mengungkapkan bahwa Juna suka bermain game atau browsing Youtube saat bermain gadget.

Terkait tambah momongan, untuk bintang film Insya Allah Sah tidak masalah. Titi-Tian tumbuh di lingkungan keluarga besar. Tian 3 bersaudara, Titi 5 bersaudara.

“Ingin punya 3 anak. Selama diberi kepercayaan Allah, saya siap. Dapat 2 anak laki-laki saja, bahagia banget. Habis ini, kalau diberi momongan cowok lagi pun enggak apa-apa. Yang penting sehat,” kata Titi.

adorable-book-boy-1250722 adorable-book-boy-1250722
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Most Share

To Top