Parenting

Anak Kecanduan Gadget? Lakukan 10 Cara ini untuk Mengatasinya

Kecanduangadget

Sebetulnya salah satu manfaat dari anak menggunakan gadget akan membantu perkembangan fungsi adaptif seorang anak. Artinya kemampuan seseorang untuk bisa menyesuaikan diri dengan keadaan lingkungan sekitar dan perkembangan zaman. Jika perkembangan zaman sekarang muncul gadget, maka anak pun harus tahu cara menggunakannya. Selain itu untuk mempermudah komunikasi dengan teman atau keluarga.

Tapi kemajuan teknologi komunikasi itu justru menyebabkan anak menjagi kecanduan gadet.  Hal ini menjadi perhatian tersendiri bagi orangtua, terutama ketika anak menjadi sulit dipisahkan dari gadet. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi anak yang kecanduan gadget.

Pemakaian gadget untuk anak sebaiknya tidak lebih dari dua jam per hari

Dokter spesialis olahraga, dr Sophia Hage seperti dikutif dari tempo.co , mengatakan orang tua perlu membatasi pemakaian gadget anak. Menurut dia, pemakaian gadget untuk anak sebaiknya tidak lebih dari dua jam per hari. “Ini bisa membantu anak membatasi lama waktu yang dihabiskan untuk kegiatan duduk,” kata Sophia di Jakarta, Kamis.

Sophia mengatakan kegiatan duduk diam atau aktivitas sedentary bisa memunculkan berbagai masalah kesehatan, seperti penyakit jantung, diabetes melitus, dan hipertensi. “Untuk menurunkan risiko kesehatan, anak usia 5-12 tahun harus mengurangi waktu kegiatan sedentary (perilaku diam) setiap hari,” ujarnya.

health.detik.com   memberikan tips yang Dikutip dari Boldsky, berikut tipsnya:

Terlebih dahulu orang tua harus membebaskan diri mereka dari ponsel

KecanduangadgetOrang tua pasti khawatir jika anak-anak atau remaja tidak bisa melakukan kegiatan penting–seperti belajar atau membaca– dengan benar karena terganggu oleh ponsel. Padahal, anak menjadi kecanduan ponsel karena sering melihat orang tua memainkan ponsel.

Jika ingin anak terbebas dari kecanduang ponsel maka terlebih dahulu orang tua harus membebaskan diri mereka dari ponsel. Gunakan ponsel dengan seimbang dan waspadai jika anak mulai ‘sakau’ jika dijauhkan dari ponsel.

Cobalah untuk menyingkirkan ponsel ketika sedang makan bersama atau ketika sedang bersama anak-a

adorable-book-boy-1250722 adorable-book-boy-1250722

Most Share

To Top