Parenting

Tips agar Tidak Mengajari Anak Melakukan Tindakan Kekerasan

Akibatperlakuanfisik

Tidak sedikit orang tua yang  secara tidak langsung mengajari anaknya untuk membalas kekerasan dengan kekerasan. Bahkan membiarkan saja anaknya berprilaku kasar kepada orang lain.  Apasih sebenarnya alasannya? Simak di artikel kita terdahulu tentang Orang Tua Mengajari Anak Memukul

AkibatperlakuanfisikSetelah mengetahui alasan tersebut, lantas apa yang yang harus dilakukan orang tua agar tak mengajari anak memukul. Berikut ini tipsnya:

  • Stop mengajari anak melakukan tindakan kekerasan, papun bentuknya.
  • Bila anak diperlakukan kasar oleh temannya, minta menceritakan proses kejadiannya mengapa sampai dipukul.
  • Bila memang anak tidak bersalah dan ia tak bisa menyelesaikan dengan baik, ajarkan untuk meminta bantuan kepada guru kelas.
  • Bila memang prilaku anak sendiri yang kasar dan sifat egoisnya mengesalkan anak lain, maka perilaku anaklah yang harus diubah.Berikut caranya:

– Tanamkan selalu bahwa prilaku memukul tidak baik. Kekerasan tidak harus dibalas dengan kekerasan.
– Ajarkan cara berkomunikasi, bekerja sama dan berempati. Kalau tidak, sifat yang egois akan terus menempel sampai ia dewasa.
– Beri dorongan untuk memiliki keberanian mengungkapkan perasaan dan pendapatnya secara benar. Bila ia mendapat perlakuan kasar, ia bisa protes.

  •  Orang tua tak perlu khawatir mengangap anak anak tidak bisa membela diri kecual dengan memukul. Sebetulnya naluri membela diri selalu ada dalam diri setiap orang. hanya saja keah;ian itu tak muncul begitu saja.

 

adorable-book-boy-1250722 adorable-book-boy-1250722
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Most Share

To Top