Parenting

Termasuk Tipe Ayah Seperti Anda, Cari Tahu disini

Melalui kehidupan dalam keluarga, seorang ayah bukan saja mempengaruhi individualitas anaknya, tetapi juga mempengaruhi kemampuannya bergaul dan bersikap dalam masyarakat.

bimbinganayah

Kenali tipe-tipe yah dibawah ini

1. Tipe Ayah Baru

Tipe Ayah Baru, tentu saja tidak berpengalaman dalam mengurus dan menghadapi ulah anak. Tipe ini seringkali kikuk dan bingung.

Namun, biasanya mereka cepat belajar dan menikmati segala sesuatu yang baru sebelum akhirnya mereka berubah menjadi tipe ayah lainnya setelah lebih berpengalaman.

2. Tipe Ayah Protektif

Tipe ayah ini sangat mengayomi anaknya, dan biasanya ia lebih protektif terhadap anak perempuannya.

Contohnya, jika Ibu memarahi si Kecil atau tidak mengabulkan permintaannya, si Kecil lari kepada ayah, yang biasanya membela serta mengabulkan permintaannya.

3. Tipe Ayah Tak Acuh

Tipe ini adalah mereka yang tidak begitu peduli dengan keluarga maupun anak. Mereka hanya berinteraksi dengan keluarga pada waktu yang sesuai dengan jadwal atau mood mereka. Jika tidak ada waktu atau sibuk, mereka cenderung tak acuh dan tidak peduli.

4. Tipe Ayah Hi-Tech

Ketika ada perangkat elektronik baru yang canggih, tipe ayah “Hi-Tech” selalu memilikinya. Tipe ayah ini juga senang melengkapi rumahnya dengan peralatan elektronik terbaru. Dan jangan heran jika ayah “Hi-Tech” juga bisa menjadi teknisi saat komputer anak atau peralatan elektronik di rumah rusak.

5. Tipe Ayah Penurut

Biasanya ayah seperti ini adalah mereka yang tidak suka dengan keributan. Prinsipnya, daripada bertikai, lebih baik mengalah.

Maka tidak heran jika tipe Ayah Penurut seringkali berbicara “Tanya dulu kepada Ibu,” atau “Nanti jika Ibu tidak mau bagaimana…,” dan tipe ayah penurut sangat patuh pada aturan istri selaku ibu rumah tangga.

6. Tipe Ayah “Seenaknya”

Tipe ayah seperti ini hampir sama seperti tipe Ayah Tak Acuh. Badan atau fisiknya berada di rumah namun pikirannya entah menjelajah ke mana.

Tipe ayah ini tidak pernah bertindak apa-apa dan bereaksi hanya jika orang lain atau anggota keluarga berinisiatif terlebih dulu.

7. Tipe Ayah Hobi Masak

Jika biasanya ibu yang mengurus kebutuhan dapur, nah ayah ini malah sebaliknya. Mereka yang cenderung repot dengan urusan dapur, belanjaan, menu masakan setiap hari, bahkan acara TV masak-memasak adalah tontonan favoritnya.

Salah satu cara untuk menjalin komunikasi dan membangun ikatan yang kuat dengan mereka adalah dengan menemaninya belanja atau menjadi asistennya di dapur.

8. Tipe Ayah Pemalas

Jika sering mendengar kata “Tolong ambilkan ini dong..” atau “Ya, nanti dikerjakan,” padahal tidak, nah itulah tipe Ayah Pemalas. Tipe ayah seperti ini lebih senang “bergelut” dengan TV dan makanan dibandingkan dengan melakukan sesuatu. Namun pastikan, jika suatu ketika mereka terpaksa melakukan sesuatu, mereka akan melakukannya secepat kilat.

9. Tipe Ayah “Raja”

Tipe ayah ini adalah mereka yang selalu mendominasi rumah tangga, memerintah dan segala sesuatu harus sesuai dengan caranya, tanpa kompromi. Di antara semua tipe ayah, tipe ayah “Raja” adalah tipe yang paling sering menuai pertikaian atau masalah dengan anak-anaknya.

10. Tipe Ayah Pebisnis

Sesuai namanya, mereka yang selalu sibuk dengan urusan bisnis atau kantor, jarang memanjakan dan meluangkan waktu bersama anak, melainkan selalu bekerja, mengirim email, ataupun menelepon mitra bisnis. Namun, tipe ayah pebisnis biasanya menurunkan karakter atau naluri bisnisnya kepada anak-anaknya, dan biasanya ia juga mengajarkan disiplin, sopan santun dan rasa hormat kepada orang lain.

11. Tipe Ayah Idealis

Tipe ayah ini biasanya mendambakan anak-anaknya sempurna di segala bidang, misalnya akademis maupun kegiatan ekstra kurikuler. Ia selalu rajin memotivasi anak-anak, bahkan sering membandingkan prestasi orang lain dan menjadikannya topik pembicaraan di meja makan!

Sumber: id.theasianparent.com

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Most Share

To Top