Lifestyle

Tanda Awal Kehamilan yang Sering Dirasakan Pengantin Baru

Tanda awal kehamilan sebenarnya bukan hanya telat menstruasi saja. Ada berbagai indikasi lain yang menjadi pertanda bahwa sedang ada janin dalam perut yang siap untuk tumbuh dan berkembang. Kebanyakan karena pertanda ini tidak terlalu terlihat membuat para ibu tidak menyadarinya. 

Beberapa Tanda Awal Kehamilan yang Wajib Diketahui 

Setiap wanita yang sudah menikah pastinya ingin segera masuk ke dalam fase kehamilan dan melahirkan. Tanda-tanda yang terjadi pada setiap wanita bisa saja berbeda-beda, selain terlambat haid masih ada berbagai pertanda akan hadirnya kehidupan baru dalam tubuh, dan lebih baik cepat diketahui

1. Terjadi Perubahan Pada Payudara 

Saat proses pembuahan berhasil dan mulai tumbuh sebuah janin maka akan terjadi perubahan hormone pada awal masa kehamilan. Biasanya pada fase ini terjadi perubahan pada payudara wanita sehingga bentuknya jadi lebih padat, kencang, serta terasa sensitive bahkan oleh senggolan kecil sekalipun. 

Tidak hanya pada bentuknya saja melainkan pada area putting juga terlihat lebih menonjol dan punya warna lebih gelap dibandingkan biasanya. Pada beberapa kasus bahkan pembuluh darah juga bisa lebih tampak lagi di permukaan kulit payudara wanita. Jika merasakannya bisa jadi itu adalah indikasi awal .

2. Lebih Cepat Merasa Lelah 

Jika Anda merasa tidak bekerja terlalu berat tapi sering merasa lelah, bisa jadi itu juga merupakan indikasi bahwa mungkin saja Anda sedang mengalami kehamilan di trimester pertama. Gejala ini biasanya akan terus berlanjut sampai tiga bulan mendatang, tingkatannya juga berbeda-beda.

Rasa lelah yang muncul saat hamil biasanya disebabkan oleh peningkatan hormon progesterone. Biasanya gejalanya tidak hanya rasa lelah saja, melainkan juga menyebabkan metabolism tubuh menurun, detak jantung semakin naik. Itulah mengapa sebaiknya hindari kafein selama kehamilan.

3. Sering Merasa Ingin Buang Air Kecil 

Frekuensi buang air kecil yang lebih sering juga bisa menjadi pertanda bahwa Anda tengah hamil muda. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormone dan bertambahnya jumlah cairan pada tubuh sehingga mengakibatkan rasa ingin buang air kecil semakin tinggi, khususnya pada malam hari. 

Biasanya rasa ingin buang air kecil ini akan terjadi pada trimester awal dan terakhir. Jika merasa sedang mengalami hal demikian tidak ada salahnya untuk langsung cek pakai test pack, apalagi jika gejala dilakukan setelah masa berhubungan di waktu subur, siapa tau proses pembuahan memang berhasil.

4. Mual dan Muntah

Gejala berikutnya mungkin sudah sangat mencerminkan sekali bahwa Anda memang tengah mengandung. Biasanya gejala ini baru akan terjadi saat sudah memasuki masa kehamilan 6 minggu. Tetapi biasanya pada beberapa kasus bisa juga muncul lebih awal. 

Mual dan muntah inilah yang menyebabkan banyak ibu hamil harus mempersiapkan mental dan fisiknya agar tetap fit meski terserang morning sicknes pada trimester awal. Biasanya mual dan muntah bisa teratasi dengan konsumsi permen mint atau jahe agar meredakan gejalanya. 

5. Mulai Sensitif Terhadap Bau 

Tanda selanjutnya yang menjadi indikasi bahwa Bunda sedang hamil adalah mulai sensitive terhadap bau. Perubahan hormone semasa hamil memang membuat indra penciuman wanita jadi lebih tajam sehingga terasa lebih sensitive. Hal ini juga yang akan memicu mual serta muntah berkepanjangan. 

Biasanya ibu hamil juga akan merasa sensitif terhadap berbagai macam bau yang biasanya dalam keseharian sudah sering mereka temui. Misalnya bau parfume suami sendiri, hal ini akan turut mengganggu emosi mereka, jika merasakan hal yang sama bisa jadi Bunda sedang mengandung.

6. Suasana Hati Mudah Berubah 

Tidak hanya saat menstruasi saja suasana hati akan mudah berubah, ternyata ini juga bisa jadi pertanda bahwa aka nada kehidupan lain di rahim. Perubahan hormone akan mengakibatkan wanita jadi lebih emosional dibandingkan biasanya. Bisa saja setelah menangis lalu bahagia seperti tidak ada apa-apa.

Suasana hati yang berubah tanpa adanya alasan yang jelas ini kemungkinan merupakan pertanda kehamilan di trimester awal. Biasanya banyak orang tidak menduga atau terlalu mengabaikannya, namun cobalah lebih peka dengan kondisi badan sendiri, jangan sampai abai atau terlewat.

7. Hilangnya Nafsu Makan 

Sebenarnya tidak semua ibu hamil akan merasakan hal satu ini. Terkadang ada gejala yang menyatakan jika ibu hamil akan   mengalami penurunan nafsu makan dan ternyata hal tersebut benar adanya. Tidak semua akan mengalami peningkatan nafsu makan, justru ada yang sampai tingkat parah.

Peningkatan kadar hormone dan sensitivitas terkadang bisa membuat indra penciuman wanita hamil jadi lebih susah menerima makanan. Jika mengalami kondisi demikian jangan biarkan begitu saja, karena bisa berbahaya. Sebaiknya tetap konsumsi makanan dalam bentuk cemilan sehat, atau buah-buahan.

8. Merasa Pusing dan Keluar Bercak Darah dari Vagina 

Tanda-tanda  terjadinya kehamilan adalah sering merasa pusing. Gejala pusing menjadi indikasi di awal masa kehamilan, penurunan tekanan darah serta menyempitnya pembuluh terkadang membuat wanita hamil akan sering merasa pusing dalam frekuensi cukup sering dan tidak membaik walau sudah istirahat

Selain pusing tanda selanjutnya adalah adanya bercak darah yang muncul dari area vagina. Hal ini sering disalah artikan oleh beberapa orang, mengira bahwa ini adalah menstruasi padahal adalah tanda dari kehamilan trimester pertama. Jangka waktunya juga lebih singkat, bahkan kurang dari 24 jam.

Itulah beberapa tanda-tanda yang harus mulai diperhatikan. Jadi tidak selamanya gejala awal adalah telat menstruasi. Menerka-nerka saja tidak cukup, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut, jadi tidak hanya menduganya saja.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Extra

Tahap Perkembangan Janin Trimester Kedua yang Wajib Diketahui

Ketika hamil, perkembangan janin tentu menjadi hal yang bikin Bunda penasaran. Sudah sebesar apa si kecil dalam kandungan? Kemampuan apa yang sudah dimilikinya? Melihatnya melalui layar saat pemeriksaan USG pun selalu ditunggu-tunggu.

Memasuki trimester kedua, biasanya tubuh sudah beradaptasi lebih baik dengan hadirnya janin. Ketidaknyamanan yang kerap dikeluhkan di trimester pertama semakin jauh berkurang. Mual dan muntah yang umum dirasakan di awal kehamilan pun mulai jarang muncul.

Bisa dibilang trimester kedua adalah saat hamil yang paling nyaman. Tak heran banyak ibu hamil yang melakukan babymoon di masa ini.

 

Artikel ini merupakan bagian Sayangi Anak Extra

Dengan Sayangi Anak EXTRA, orang tua dapat mengakses semua artikel premium, kelas & event eksklusif dan video – video seputar parenting, kesehatan dan ibu & anak baik dari para ahli Sayangi Anak maupun dari Team Sayangi Anak..

Detail Langganan

Already a subscriber?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Extra

7 Tanda-Tanda Melahirkan Semakin Dekat

Mengetahui dan mengenali tanda-tanda melahirkan sangat penting bagi seorang calon ibu. Pada umumnya, tubuh akan merasakan sejumlah perubahan yang terjadi secara bertahap dan konsisten. Apabila tanda-tanda tersebut semakin sering muncul, Bunda harus segera mempersiapkan diri untuk menyambut momen kelahiran si kecil.

Bagi setiap wanita, momen melahirkan adalah pengalaman yang sangat unik. Sering kali, persiapan yang dilakukan justru tidak sesuai dengan kenyataan yang terjadi. 

Namun, tidak ada salahnya untuk mempersiapkan diri dengan informasi yang lengkap seputar tanda-tanda menjelang persalinan. Melatih diri dengan metode khusus untuk meredakan nyeri juga akan membantu menghadapi momen menegangkan ini.

Tanda-Tanda Melahirkan, Hitungan Hari Hingga Jam

Persalinan tidak terjadi secara tiba-tiba, tetapi melalui proses yang cukup panjang. Sebagian ibu mungkin akan merasakan tiap fase dalam waktu yang singkat, sedangkan sebagian ibu yang lain butuh waktu berjam-jam. Yuk, simak penjelasan para ahli di Mayo Clinic mengenai tahap-tahap persalinan beserta tanda-tanda yang mengiringinya.

 

Artikel ini merupakan bagian Sayangi Anak Extra

Dengan Sayangi Anak EXTRA, orang tua dapat mengakses semua artikel premium, kelas & event eksklusif dan video – video seputar parenting, kesehatan dan ibu & anak baik dari para ahli Sayangi Anak maupun dari Team Sayangi Anak..

Detail Langganan

Already a subscriber?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Extra

Hiburan yang Diperlukan Oleh Setiap Ibu Agar Tidak Mengalami Stress

Menjadi ibu rumah tangga yang full mengurus rumah dan anak terkadang memang melelahkan. Selama 24 jam harus berkutat dengan pekerjaan rumah dan anak yang terkadang rewel. Maka tidak ada salahnya Anda melakukan hiburan yang diperlukan ibu agar pikiran lebih rileks dan tidak stress.

Beberapa Hiburan yang Diperlukan Ibu

Menjadi ibu rumah tangga adalah kewajiban yang harus dijalani setelah menikah. Ada yang masih tetap menjalankannya sambil berkarir. Namun, ada juga yang memilih untuk fokus menjadi ibu rumah tangga dan meninggalkan karirnya. Berikut ini contoh hiburan yang mungkin Anda perlukan sebagai seorang ibu:

Skincare-an Sendiri di Rumah atau Memakai Make Up untuk Mempercantik Diri

Bagi seorang wanita, tampil cantik setiap saat adalah ekspektasi sekaligus kepuasan untuk diri sendiri. Melakukan perawatan sendiri di rumah dengan menggunakan produk-produk skincare menjadi andalan bagi ibu rumah tangga untuk mengatasi penat dan rutinitas sehari-hari di rumah.

 

Artikel ini merupakan bagian Sayangi Anak Extra

Dengan Sayangi Anak EXTRA, orang tua dapat mengakses semua artikel premium, kelas & event eksklusif dan video – video seputar parenting, kesehatan dan ibu & anak baik dari para ahli Sayangi Anak maupun dari Team Sayangi Anak..

Detail Langganan

Already a subscriber?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Most Share

To Top