Parenting

Tak Perlu Merasa Bersalah Menjadi Ibu Bekerja. Selain Memberikan Penghidupan Lebih baik bagi Keluarga, Juga Memberi Kontribusi Positif pada Tumbuh Kembang Anak Loh

Mengurus anak sambil berkarir banyak dilakukan wanita di masa sekarang. Tuntutan ekonomi serta keinginan untuk mengaktualisasi diri menjadi motivasi sebagian para wanita karir ini.

Wanita yang berperan ganda sebagai ibu rumah tangga serta pekerja tak melulu memberi dampak negatif pada anak mereka. Sebenarnya, Selain bisa memberikan penghidupan yang lebih baik, ibu bekerja juga bisa memberi kontribusi positif pada tumbuh kembang buah hati.

Menjalankan dua pekerjaan sekaligus dengan sebaik-baiknya dan tanpa keluhan, sebenarnya mengajarkan rasa tanggung jawab kepada anak

Ketika anak sudah cukup mengerti tentang kesibukan Anda untuk bekerja, biarkan anak tahu berbagai hal yang positif dari bekerja, sehingga anak akan berpikir bahwa bekerja itu menyenangkan.

“Menjadi seorang ibu bekerja adalah sebuah kesempatan baik untuk mengajarkan anak tentang rasa tanggung jawab untuk membantu tugas-tugas rumah, memantau pelajaran di sekolah, dan kegiatan mereka sendiri. Pada dasarnya hal ini mengajarkan mereka untuk lebih bertanggung jawab bagi diri mereka sendiri,” ungkap psikolog Susan Newman, PhD.

Penghasilan untuk memenuhi berbagai kebutuhan keluarga, Ini jadi pembelajaran semuanya bisa diperoleh jika bekerja keras

Imbalan yang diperoleh dari bekerja adalah uang. Tak heran jika para ibu pekerja ini juga berperan menjadi seorang penyelamat ekonomi keluarga, terutama bagi para orangtua tunggal. Meski masih kecil, anak-anak sudah mampu mengetahui adanya hubungan antara pekerjaan dengan uang, dan uang untuk membeli berbagai benda.

“Penghasilan memungkinkan Anda untuk memenuhi berbagai kebutuhan keluarga, dan hal ini secara tidak langsung menjadi pembelajaran bagi mereka bahwa semuanya bisa diperoleh jika bekerja keras,” ungkap Susan.

Dengan penjelasan tentang bagaimana uang hasil jerih payah saat bekerja dapat digunakan untuk membeli berbagai benda, anak akan lebih berhati-hati terhadap permintaan mereka, dan lebih menghargai apa yang mereka miliki.

Ibu yang bekerja menginspirasi anak perempuan untuk bekerja lebih keras untuk menyelesaikan berbagai masalah

“Sebagai seorang ibu yang bekerja, Anda adalah seorang contoh dan teladan bagi anak-anak, terutama anak perempuan. Ibu yang bekerja menginspirasi anak perempuan untuk bekerja lebih keras untuk menyelesaikan berbagai masalah, dan menghadapi tantangan yang berat bagi perempuan di masa depan,” ungkap Susan.

Saat berdialog dengan anak, jangan lupa mengungkapkan adanya kesetaraan gender sekarang ini, dimana perempuan dan pria harus bekerja sama dalam pekerjaan maupun dalam kehidupan rumah tangga.

Ibu bekerja juga bisa menciptakan sikap empati pada anak

Selain menjadi role model, ‎ibu bekerja juga bisa menciptakan sikap empati pada anak. Misalnya ketika para ibu sudah terlihat atau mengatakan jika mereka lelah selepas pulang kantor. Anak-anak yang sudah cukup dewasa mengerti untuk merasa kasihan sehingga tidak terlalu meminta dilayani. Mereka pun bisa menjadi lebih mandiri.

“‎Ibu bekerja bisa memberi dampak positif pada anak asal emosinya stabil dan memiliki pengaturan waktu yang baik. Kalau tidak, anak bisa lebih percaya dengan orang lain daripada ibunya sendiri atau lebih mencari si ‘mbak’,” ujar  psikolog anak, Efnie Indiranie‎, M.Psi.

Ibu harus bekerja di luar rumah tetap bisa memberikan Kasih sayang yang cukup bagi anaknya

ibubekerjaKetika seorang ibu mengurangi waktunya di rumah untuk bekerja di kantor, dikhawatirkan anak akan kehilangan perhatian dari orangtuanya, dan berubah menjadi anak yang nakal. “Fakta membuktikan bahwa perkembangan anak lebih dipengaruhi oleh kesehatan emosional keluarga, dan cara mendidik anak yang tepat. Anak yang menerima kasih sayang dan perhatian yang cukup dari keluarga akan terlepas dari berbagai masalah, sekalipun sang ibu harus bekerja di luar rumah,” ungkap dokter anak, Michelle Terry, MD.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Most Share

To Top