Kesehatan Ibu & Anak

Tahap Perkembangan 25 Bulan sampai 5 Tahun

cara mendidik anak, perkembangan anak

Sebelumnya sudah sayangianak.com infokan tentang Tahap Perkembangan Anak 0 -5 tahun: Tahap Perkembangan 0 – 11 Bulan dan Tahap Perkembangan 1 – 2 Tahun.

Untuk Kali ini sayangianak share  Tahap Perkembangan 25 bulan sampai 5 Tahun:

Bulan ke-25 sampai 26 Masa Pertumbuhan Batita

Pada usia ini si kecil sudah dapat berjalan dengan baik. Bahkan langkahnya sudah lebih banyak dengan penguasaan tumit dan kaki laiknya orang dewasa. Ia juga semakin jago dalam melompat, melempar bola, menyikat gigi tanpa bantuan, dan mencuci serta mengeringkan tangan.
cara mendidik anak, perkembangan anak
Sekarang si kecil belajar untuk membuat kalimat. Menggunakan kurang lebih 50 kata tunggal membentuk beberapa kalimat sederhana. Dan dapat mengikuti perintah seperti, “Tolong ambilkan sepatumu di rak”.

Setelah ulang tahunnya yang kedua, proporsi tubuhnya akan semakin tumbuh. Cobalah untuk memberikan kesempatan si kecil untuk bermain di luar, karena dengan bergerak akan membantunya membangun kekuatan dan meningkatkan koordinasi antar anggota tubuh.

Saat ini kebutuhan tidur si anak juga berkurang, setidaknya ia membutuhkan waktu tidur antara 9 hingga 13 jam dalam sehari.

Bulan ke-27 sampai 28 Masa Pertumbuhan Batita

Pada perkembangan fisiknya si kecil sudah bisa menggunakan benda-benda kecil sebagai objek mainannya dengan mudah. Ia dapat membentuk sebuah bangunan dari tumpukan kubus, membuka lembar halaman buku, dan memegang cangkir dengan satu tangan.

Si kecil secara perlahan mengembangkan kemampuan untuk mengendalikan tindakannya. Akan tetapi pada usia ini ia masih rentan terhadap perilaku yang negatif seperti mendorong, berteriak dan mengamuk. Sebaiknya Anda mengingatkannya dengan cara-cara yang positif, karena dengan upaya membangun komunikasi pada anak akan mendapatkan hasil yang baik ketimbang perlakuan fisik.

Bulan ke-29 sampai 30 Masa Pertumbuhan Batita

Saat ini batita sudah dapat menunjuk sekitar enam bagian tubuhnya ketika diminta. Dengan melihat gambar dengan mudah ia dapat menyebut dengan benar nama dua benda atau lebih. Ia juga bisa menyeimbangkan tubuhnya dengan bertumpu pada satu kaki selama beberapa detik.

Pada periode ini, anak sedang membangun dan memperluas kemampuan verbalnya terhadap apa yang ia katakan. Misalnya, jika ia mengatakan ‘Mobil pergi’, maka Anda membantu mengembangkan dengan berkata ‘Ya, mobil merah itu akan melaju dengan cepat’. Sejalan dengan pertumbuhannya ia pasti membutuhkan kosakata yang lebih besar dan struktur kalimat yang rumit.

Bulan ke-31 sampai 32 Masa Pertumbuhan Batita

Perkembangan kognitif yang terjadi pada masa ini, kebanyakan anak sudah memiliki kosakata lebih banyak. Anak pun mulai belajar merangkai kalimat sederhana berdasarkan kosakata yang telah kuasai. Apabila ibu atau ayahnya bertanya tentang sesuatu yang ia kenal, biasanya anak sudah pandai menjawab dengan kata-katanya.

Anak juga sudah mampu mendengarkan ayah dan ibunya bercerita tentang suatu kisah. Bahkan ia pun sudah bisa menceritakan suatu pengalaman baru yang dialaminya pada ibu dan ayahnya.

Bulan ke-33 sampai 34 Masa Pertumbuhan Batita

Mendekati ulang tahun ketiga, anak-anak menjadi lebih tertarik pada pemahaman apa yang memotivasi orang-orang di sekitarnya. Dengan meningkatkan kesadaran emosi, anak menjadi ingin tahu tentang suasana hati orang lain dan bertanya-tanya pada ibu dan ayahnya mengapa sepupunya marah atau mengapa ibu sedih. Orangtua pun wajib memberikan penjelasan karena ini membantu anak belajar bahwa emosi merupakan hal yang normal dan baik-baik saja.

Seiring bertambahnya usia, anak-anak tertarik untuk bersosialisasi. Membuat kelompok bermain dan memainkan permainan sederhana bersama teman sebayanya. Si kecil juga mulai berpikir bahwa berbagi dan memberi adalah bagian dari persahabatan.

Bulan ke-35 sampai 36 Masa Pertumbuhan Batita

Pada ulang tahun ketiganya ini, si kecil sudah pandai memakai kaos kaki sendiri, menggambar garis vertikal, dan bahkan sudah bisa menyiapkan semangkuk sereal untuk dirinya sendiri.

Banyak dari gerakan dasar anak telah menjadi kebiasaannya. Ia tak lagi membutuhkan fokus saat ia berjalan, berdiri, berlari atau melompat. Beberapa tindakannya, seperti berdiri dengan satu kaki mungkin masih memerlukan konsentrasi serta usaha.

Aktivitas si kecil mulai meningkat. Keterampilan sosialnya semakin canggih, ia sudah bisa bermain game dengan orang lain.

Masa Pertumbuhan Balita Usia 3 Tahun

Pada usia 3 tahun, anak sudah mulai mengeksplorasi diri melalui kata dan bahasa. Senang bercerita dan humor. Mereka aktif melakukan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan diantaranya melompat dengan satu kaki, melangkah dengan cara jinjit, memakai sepatu sendiri, mencuci tangan dan mengambil minum sendiri, bernyanyi, dan menggambar bentuk garis lurus atau bentuk-bentuk yang sederhana.

Masa Pertumbuhan Balita Usia 3 1/4 Tahun

Usia 3 1/4 tahun, anak sudah jago mengayuh sepeda roda tiga, mengenal 2-4 warna, dan pandai berhitung dari 1-3. Anak juga sudah mengetahui umur dan jenis kelaminnya sendiri. Dalam kegiatan sosialnya anak senang membantu sang ibu untuk menyelesaikan tugas-tugas rumah tangga, seperti menyapu, menyiram bunga dan sebagainya.

Masa Pertumbuhan Balita Usia 3 1/2 Tahun

Anak berusia 3 1/2 tahun mempunyai hasrat keingintahuan yang tinggi, mulai banyak bertanya kenapa, apa, siapa dan dimana. Anak usia ini memiliki kemampuan konsentrasi selama 3 menit serta mengingat kejadian-kejadian sehari sebelumnya.

Masa Pertumbuhan Balita Usia 3 3/4 Tahun

Perkembangan sosial yang terjadi pada anak usia 3 3/4 tahun dapat ditandai dengan kemampuan untuk mengerti perbedaan antara dirinya dan anak yang lebih muda, namun belum mengerti perbedaan antara dirinya dengan anak yang lebih tua. Merasa malu jika tertangkap melakukan kesalahan. Dan mengerti jika dirinya dalam bahaya.

Masa Pertumbuhan Balita Usia 4 Tahun

Perkembangan pada anak usia 4 tahun ditandai dengan meningkatnya ketajaman panca indra. Mengenal beberapa warna dan pandai berhitung dari 1 hingga 20.

Anak juga senang mendengarkan cerita yang dibawakan oleh orangtuanya. Keahlian lain yang dimiliki oleh anak usia 4 tahun ialah dapat berdiri pada satu kaki, melompat dan menaiki tangga.

Masa Pertumbuhan Balita Usia 4 1/4 Tahun

Anak usia ini sudah mampu untuk mengenali kata-kata seperti menyebut nama lengkapnya sendiri tanpa dibantu. Dapat memahami konsep ukuran dan bentuk.

Anak juga sudah bisa memegang pensil dan menggambar berbagai bentuk seperti menggambar orang dengan 3 bagian tubuh, lingkaran dan tanda silang. Selain itu, ia juga sudah jago dalam menyusun puzzle.

Masa Pertumbuhan Balita Usia 4 1/2 Tahun

Perkembangan kognitif yang terjadi pada anak usia 4 1/2 tahun yakni mulai mahir dalam hal berbahasa. Bicaranya mudah dimengerti dalam menyebutkan huruf, angka atau nama-nama hari.

Untuk membentuk suatu kalimat sudah mulai menggunakan keterangan waktu. Dan sudah dapat menyanyikan lagu dengan syair yang begitu pendek. Beberapa hal yang sudah bisa dilakukan secara mandiri pada anak usia ini ialah mengenakan sepatu sendiri, mengenakan celana atau baju sendiri dan menggosok gigi tanpa dibantu.

Masa Pertumbuhan Balita Usia 4 3/4 Tahun

Pada kehidupan sosialnya, anak usia ini sudah mulai senang bermain di luar rumah serta mengakrabkan diri dengan teman sebayanya.

Perkembangan lainnya, anak sudah bisa bekerjasama dan berpartisipasi dalam kelompok. Anak juga sudah tidak rewel lagi bila ditinggal sang ibu.

Masa Pertumbuhan Balita Usia 5 Tahun

Perkembangan fisik pada bayi usia lima tahun ditandai dengan ukuran kepala menyerupai kepala orang dewasa, tubuh sudah proporsional, dan membutuhkan energi sebanyak 1800 kalori per hari.

Kemampuan motorik balita biasanya sudah bisa berdiri pada satu kaki selama beberapa detik, mampu melompat, dan menangkap bola kecil dengan kedua tangan. Perkembangan kecerdasan lainnya ditandai dengan kemampuan untuk menghafal beberapa huruf, mengenal warna, menggambar dengan 6 bagian, menggambar orang lengkap, atau menggambar sebuah garis lurus atau segi empat.

Perkembangan kognitif dan bahasa pada usia bayi lima tahun adalah ia telah bisa menyebutkan nama, umur dan tempat tinggal. Memahami konsep bentuk dan ukuran, pandai menghitung dari 1 hingga 50, dan sudah bisa membaca jarum jam.

Anak usia ini sangat bersemangat belajar hal-hal yang baru, mereka juga mudah sekali untuk mengingat sesuatu. Perbendaharaan kata meningkat dan kemampuan bercerita dan mengungkapkan simpati sudah nampak pada anak usia ini.

Selain itu, nampak juga kemampuan untuk memulai hidup mandiri seperti memakai sepatu dan baju sendiri, pergi ke toilet sendiri dan makan sendiri. Ia juga sudah mengenal dan bersosialisasi pada teman-temannya. Senang bermain dan mengerti bahwa permainan memiliki aturan yang mesti ditaati.

adorable-book-boy-1250722 adorable-book-boy-1250722
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Most Share

To Top