Parenting

Saat Lebaran, Ajarkan Lima Kebaikan Pada Si Kecil Yuk Bun

adult-baby-child-1776135

Menyambut Lebaran, apa saja yang sudah Bunda persiapkan? Jangan hanya makanan dan pakaian baru ya Bun, justru di momen lebaran nanti, Bunda pun dapat mempersiapkan diri untuk memberi teladan yang baik untuk si kecil. Meski masih terlalu dini untuk mengerti makna Idul Fitri, biarkan si kecil tetap menikmati antusiasme di hari kemenangan. Mungkin di benaknya lebaran adalah momen ia melihat banyak makanan enak, adanya ‘angpau’, serta baju baru. Nah, perlengkapilah antusiasme buah hati Bunda dengan memberikan contoh atau teladan yang baik lewat hal-hal ini ya Bun.

Jelaskan Tentang Berbagi Lewat Zakat Fitrah untuk Menyucikan Jiwa ya Bun

Sekalipun ia masih kecil dan belum mampu mengeluarkan zakat, Bunda perlu menjelaskan sedikit demi sedikit tentang zakat itu sendiri. Bun, penting untuk si kecil tahu apa makna dari zakat fitrah yang sebenarnya. Ajak si kecil untuk berkontribusi dalam memberi atau membayar zakat fitrah ya Bun. Inisiatif Bunda dalam menjelaskan makna zakat fitrah akan membuatnya mengerti tentang kewajiban setiap muslim di setiap tahunnya.

Penting Sekali Mengajarkannya Bermaaf-maafan dengan Sesama

Setelah salat Ied, tentu keluarga akan saling berkumpul dan bermaaf-maafan,bukan? Bagi si kecil memang momen yang ditunggu-tunggu setelah salat adalah mendapat jatah angpao lebaran dari orang yang lebih tua. Namun selain itu, jangan lupa ya Bun utnuk menanamkan budaya saling memaafkan serta memberitahu nilai dari bermaaf-maafan agar ia pun jadi anak yang mudah memaafkan sesamanya.

Lebaran Juga Jadi Momentum Bersilaturahmi dengan Saudara dan Tetangga, Jangan Sampai Si Kecil Tak Turut Serta

Di hari lebaran, kita biasanya akan berkunjung ke rumah saudara dan tetangga. Nah, jangan lupa ajak si kecil untuk membuatnya terbiasa bersilaturahmi dengan keluarga atau tetangga di sekitarnya. Di lain sisi, pada momen ini pun Bunda turut melatih keberanian dan rasa percaya diri si kecil dalam bersosialisasi. Tekankan makna silaturahmi kepada si kecil dan alasan kenapa kita penting harus menjaga tali silaturahmi.

Sederhana tapi Bermakna, Ajarkan Si Kecil Tentang Adab bertamu dan menerima tamu

Saat berkunjung ke rumah saudara atau tetangga dalam rangka bersilaturahmi, maka Bunda pun perlu memberikan pemahaman tentang adab dalam bertamu pada si kecil ya Bun. Contohkan waktu-waktu yang tepat untuk bertamu dan bagaimana menghargai tuan rumah dengan meminum atau memakan sajian yang disuguhkan.

Ketika menerima tamu di rumah pun si kecil bisa belajar tentang cara memperlakukan tamu. Mengajarinya sikap-sikap yang baik dan lembut saat ada tamu akan membuat si kecil berlaku baik dan santun di depan tamu.

Belajar Mensyukuri Setiap Rejeki yang Allah Berikan

Saat lebaran tiba, tentunya akan ada banyak makanan enak di rumah dan juga baju yang baguss untuk dipakai. Belum lagi angpau yang didapatkan si kecil dari saudara atau tetangga sekitar. Urusan baju, biasanya anak-anak akan riang dan bahagia terlalu berlebihan dengan memamerkannya kepada teman-temannya. Untuk itu, sebagai orangtua, Bunda pun perlu lebih menanamkan lagi cara bersyukur lewat hal-hal yang ia dapatkan selama hari raya. Jangan lupa, ajarkan pula si kecil untuk memaknai ucapan syukurnya bisa dengan bersedekah dan mengajak teman-teman si kecil untuk bersantap bersama.

adorable-book-boy-1250722 adorable-book-boy-1250722
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Most Share

To Top