Parenting

Perkembangan Otak Terbaik pada Anak Dimulai Sebelum Usia Lima Tahun. Orangtua Dianjurkan Memberi Perhatian Lebih

perkembangan otak anak, perkembangan anak

Mendidik anak pada masa keemasan anak itu penting.  Usia 0-3 tahun merupakan masa emas atau golden age, di mana stimulasi yang terjadi sangat memengaruhi kepribadiannya di kemudian hari.  Ibarat Lukisan, periode emas ini adalah masa menentukan garis garis sketsa. Bagus dan tidaknya bentuk pemandangan sebuah lukisan dimulai pada fase ini.

Periode ini Si kecil harus terpantau kemampuannya supaya tidak terjadi kegagalan pembentukan sirkuit otak

Menurut DR. Dr. Ahmad Suryawan, Sp.A(K) Ketua Divisi Tumbuh Kembang Anak & Remaja Departemen Ilmu Kesehatan Anak RSU Dr. Soetomo FK Unair Surabaya, keunikan periode kritis ini merupakan masa sirkuit jaringan otak terbentuk hingga 80% dan periode kritis ini hanya terjadi sekali seumur hidup, sehingga selama periode ini Si kecil harus benar-benar terpantau kemampuannya supaya tidak terjadi kegagalan pembentukan sirkuit otak yang berakibat permanen sepanjang usianya.

Perkembangan otak terbaik pada anak dimulai sebelum usia lima tahun

Menurut Carrie, pakar parenting yang gelar Master of Art in Special Education dan Master of Education in School Administration and Leadership, perkembangan otak terbaik pada anak dimulai sebelum usia lima tahun. Sebab, di masa-masa inilah anak menyerap apa pun yang ada di sekitarnya. Ibarat sebuah komputer baru yang mengunduh software, mau diisi dengan musik atau dokumen apa saja, orang tua lah yang menentukan.

“Maka, bayangkan jika selama lima tahun itu yang mereka unduh adalah hal-hal positif yang turut mengembangkan fungsi otak mereka,” ujar Carrie, yang memulai program pengasuhan “Live and Learn Asia” di Singapura sejak tahun 2008,

Orangtua sangat dianjurkan untuk memberi perhatian lebih kepada anaknya di masa emas

Ariani Widodo, spesialis dokter anak di Rumah Sakit Grha Kedoya, mengatakan bahwa orangtua sangat dianjurkan untuk memberi perhatian lebih kepada anaknya di masa emas.

perkembangan otak anak, perkembangan anak

Ada dua unsur yang sebaiknya menjadi fokus perhatian orangtua dalam menangani anak di usia emas

1. Kasih sayang dan Perhatian

Menghabiskan waktu bersama keluarga memang menjadi hal yang langka, terutama di tengah masyarakat urban. Seperti pengalaman presenter Donna Agnesia dan suaminya Darius Sinathrya. Tapi sepadat apapun rutinitas pekerjaan, mereka harus tetap meluangkan perhatian penuh terhadap anak-anak mereka.

“Salah satu bentuk pemberian kasih sayang dan perhatian bagi anak dapat dibangun dengan cara yang sederhana. Misalnya, pemberian reward atau pujian,” kata dr Ariani.

Akan tetapi orang tua hendaknya tidak sembarangan memberikan hadiah. Orang tua harus Hati-hati Memberikan Hadiah pada Anak

2. Simulasi

Agar perkembangan anak di usia emas tak terlewatkan, orangtua dianjurkan sedini mungkin mengajarkan anak untuk mendengar, berbicara, dan bersikap. Bisa dimulai dengan mengajak komunikasi anak sejak dalam kandungan. “Ini untuk merangsang perkembangan motorik dan otak anak,” kata dr Ariani.

Mengajarkan bahasa sejak usia dini sangat berpengaruh terhadap tingkah laku anak di masa depan. Dan perlu hati-hati, anak usia dua tahun sangat suka menirukan apa yang dia lihat dan dengar. Karenanya, jangan sampai kita memberi contoh keliru.

“Karakter anak sebenarnya mulai terbangun sejak masih dalam kandungan, tergantung suasana saat masa kehamilan. Dan, masa keemasan seorang anak sudah mulai dibibit sejak masih dalam kandungan, misalnya dengan pemberian nutrisi anak dalam kandungan,” Donna menambahkan.

adorable-book-boy-1250722 adorable-book-boy-1250722
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Most Share

To Top