Kesehatan Ibu & Anak

Orangtua Mana yang Tidak Cemas Anaknya sakit. Ini 5 Tips Pemberian Obat yang Aman dan Efektif untuk Buah Hati Anda

Anaksakit

Anda, para orangtua terkadang lupa bahwa memberi obat pada anak kecil tak sama halnya dengan orang dewasa. Takaran obat pada anak-anak sangat rumit dan butuh kecermatan untuk mengetahui dosis yang tepat bagi mereka. Mengapa demikian? Hal ini karena, pada dasarnya tubuh anak-anak masih sangat lemah dan rentan, sistem kekebalan tubuhnya belum berkembang secara sempurna, maka dari itu pemberian obat pada anak-anak harus benar-benar diperhatikan. Jangan pernah bermain intuisi dan perasaan dalam menakar dosis untuk anak-anak, salah-salah kesehatan anak Anda bisa jadi korban. Di kutip dari website baby center, berikut ini tips-tips pemberian obat yang aman dan efektif untuk buah hati Anda.

1.  Bertanyalah selalu mengenai obat yang diberikan untuk anak Anda

Tanyakanlah mengenenai semua hal yang berkaitan dengan obat yang akan Anda berikan pada si kecil. Tanyakanlah apa kegunaan dari obat tersebut dan apakah ada efek samping serius yang berbahaya bagi si kecil nantinya? tanyakan pula sampai kapan si kecil harus meminum obatnya tersebut, dan tanyakan pula apakah obat tersebut memiliki efek samping lainnya yang mana bila ia meminumnya bersamaan dengan obat lain apakah akan timbul efek samping?.

2. Berikanlah dosis yang sesuai untuk buah hati Anda

Pada tahun 1997, The Archives of Pediatrics and Adolescent Medicine mengungkapkan bahwa sekitar 70 % orangtua kesulitan dalam mengetahui dosis yang tepat bagi anaknya. Lalu bagaimana caranya agar Anda bisa memberikan dosis yang tepat bagi buah hati Anda? Tentu hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu membaca petunjuk pemakaiannya terlebih dahulu. Bacalah secara seksama dan perlahan-lahan, cari tahu kapan dan seberapa banyak obat tersebut diberikan pada si kecil. Terkadang ada obat yang penentuan dosisnya di tuntukan berdasarkan berat badan anak Anda. Jadi, bila Anda tak terlalu paham dengan petunjuk yang tertera pada obat si kecil segeralah  berkonsultasilah dengan dokter atau apoteker kepercayaan Anda.

3. Perhatikanlah petunjuk alat yang harus Anda gunakan

Keakuratan dosis obat yang harus dikonsumsi oleh anak Anda, utamanya berada dalam alat yang digunakan sebagai takaran dosis obat tersebut. Selalu gunakanlah alat yang dianjurkan pada petunjuk pemakaian. Jangan sampai Anda keliru dan berdasarkan intuisi mengganti takaran sendok obat bawaan dari kemasan asli obat dengan takaran sendok makan atau sendok teh. Jangan pernah melakukan hal semacam itu. Jangan malas untuk mengikuti petunjuk pemakaian karena mengikuti arahan pada label sangatlah penting agar anak Anda bisa meminum obat dengan dosis yang akurat dan sesuai kebutuhan.

4.Pastikan si kecil meminum obat yang telah Anda berikan

Kita tahu bahwa memberikan obat pada anak-anak merupakan salah satu kegiatan yang gampang-gampang susah. Banyak sekali anak-anak yang menolak minum obat karena rasa dari obat tersebut pahit dan tak enak. Jika sudah begitu, carilah cara agar si kecil bisa meminum obat tanpa harus membuang obat itu kembali. Salah satu caranya yaitu Anda bisa berkonsultasi dengan apoteker kepercayaan Anda mengenai kemungkinan mencampur obat dengan makanan atau masakan lainnya untuk menyamarkan rasa pahit dari obat, sehingga anak Anda mau meminum obat tanpa harus membuangnya.

5. Simpanlah obat dengan baik

Pastikan Anda selalu menyimpan obat pada kemasan aslinya. Mengapa? Karena dengan demikian Anda bisa selalu tahu petunjuk pemakaian obat tersebut. sehingga Anda tak menyalahi dosis yang dianjurkan.

Cermati petunjuk penyimpanan obat tersebut pula, terkadang ada obat yang harus disimpan dalam lemari es atau di ruangan sejuk tanpa terkena matahari. Hal ini dilakukan agar obat tersebut tak rusak dan kualitas obat tetap terjaga.
Untuk lebih yakin lagi mengenai tata cara penyimpanan obat, Anda bisa menanyakan langsung pada apoteker kepercayaan Anda mengenai tata cara penyimpanan obat yang baik dan benar, karena tak semua obat mempunyai cara penyimpanan yang sama.

adorable-book-boy-1250722 adorable-book-boy-1250722
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Most Share

To Top