Parenting

Mom Shaming, Perilaku Merendahkan yang Bisa Membuat Ibu Depresi

 

Menjadi ibu bukanlah hal yang instan. Bunda perlu belajar tentang tumbuh kembang anak dan metode parenting yang sesuai.

Tidak jarang ada perbedaan pola asuh antar ibu karena keadaan setiap keluarga pasti juga berbeda-beda. Perbedaan adalah hal normal terjadi, termasuk perbedaan dalam mengambil keputusan untuk anak dan terkait pola asuh.

Namun, kadang justru ada orang yang mengomentari bunda mengenai setiap keputusan bunda. Kritik dan komentar negatif yang diucapkan tanpa diminta dan cenderung merendahkan atau menjatuhkan sehingga membuat bunda tertekan bisa tergolong dalam mom shaming.

Mom shaming bisa menjurus sebagai tindakan bullying. Komentar yang diberikan biasanya tentang pola asuh, fisik anak, hingga fisik ibu. Pelakunya pun bisa dari keluarga sendiri misalnya saudara dan bahkan orangtua sendiri, teman, tetangga, sesame ibu, hingga orang lain yang tidak kita kenal.

Bunda bisa mengalami mom shaming di mana pun, termasuk di media sosial saat bunda mengunggah foto atau video anak bunda.

Bentuk Mom Shaming yang Sering Terjadi

Dalam interaksi sehari-hari bisa saja seseorang melakukan atau mengalami mom shaming. Bahkan, kadang orang yang berkomentar tidak sadar bahwa dia melakukan mom shaming.

Tidak sedikit orang yang mengomentari ibu lain saat bersama anaknya. Misalnya komentar tentang tumbuh kembang anak seperti, “Kok anakmu kurus banget,” atau, “Kok anakmu belum bisa jalan?”.

Bisa juga tentang fisik bunda sendiri, misalnya, “Kamu kok masih gendut banget, kan udah lama lahiran.” Banyak orang yang memberikan komentar-komentar tersebut tanpa menyadari bahwa hal itu dapat menyinggung perasaan bunda.

Efek Negatif Mom Shaming Terhadap Psikologi Seorang Ibu

Sering mendapat komentar negatif dan kritik atas setiap pilihan hidupnya akan membuat bunda tertekan. Hal itu bisa membuat ibu kehilangan rasa percaya dirinya sebagai seorang ibu.

Kecemasan dan khawatir berlebih bisa melanda hingga bunda merasa bukanlah ibu yang baik dan tidak pantas memiliki anak. Efek buruk bagi bunda yang baru melahirkan adalah terjadinya baby blues hingga post partum depression.

Oleh karena itu, jika bunda mengalami mom shaming, lebih baik bunda segera menjauhi pelakunya. Tanamkan pada diri bunda bahwa bunda sudah berusaha yang terbaik bagi anak. Selain itu, selalu libatkan suami dan mintalah dukungan dari suami.

Mom shaming memiliki banyak efek buruk, oleh karena itu, jika ingin memberikan masukan atau saran kepada seorang ibu, lebih baik tanyakan dulu padanya apakah dia membutuhkannya. Serta fokuslah dalam memberikan saran yang positif, bukan hanya kritik dan komentar jahat tanpa solusi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Most Share

To Top