Parenting

Membangun Ikatan Antara Anak dan Orangtua itu Penting. 6 Hal ini Seharusnya Dilakukan Untuk Menjalin Kedekatan dengan Anak

Sekarang ini, anak-anak cenderung tertutup kepada orangtua. Oleh karena itu, para orangtua perlu melakukan beberapa cara agar bisa membangun kedekatan dengan sang anak.

Sudah seharusnya orangtua memiliki kedekatan dengan anak-anaknya. Hal tersebut pun bisa dilakukan dengan beberapa cara berikut ini:

Pentingnya Sensitif, Responsif, dan Konsisten  dari orang tua

Dijelaskan psikolog anak Rini Hildayani MSi, orang tua yang sensitif, responsif, dan konsisten bisa membentuk secure attachment dengan buah hatinya. Konsisten juga dibutuhkan misalnya ketika anak menangis maka orang tua selalu menanyakan dulu apa sebab si kecil menangis. Atau saat anak berhasil melakukan sesuatu, ayah dan ibu selalu memberi pujian
Kedekatandengananak

Cara lain yang bisa dilakukan ayah dan ibu agar kedekatakan mereka dengan buah hati adalah masukkan unsur sentuhan

seperti mengelus, membelai, memijat, bahkan kegiatan sederhana seperti menggendong anak. Menggendong juga bisa membuat fisik anak lebih rileks dan nyaman karena saat digendong, ibu atau ayah akan menyentuh anak, kemudian ada unsur suara, skin to skin contact, ‘bau’ ayah atau ibu, kontak mata, serta eskpresi hangat penuh kasih sayang yang meningkatkan secure attachment. Pelukan juga, simak pelukan pada anak

Satu kesalahan yang banyak dilakukan oleh orangtua adalah mengatur anak mereka, terlalu banyak atau terlalu sedikit

Beberapa orangtua cenderung bertindak untuk menguasai anak sehingga anak merasa takut terhadap orangtua, dan tidak bisa bersikap terbuka. Anak-anak dalam kondisi tersebut tidak akan pernah berani untuk membicarakan masalah mereka secara terbuka kepada orangtua. Agar bisa berteman dengan anak, orangtua perlu menyeimbangkan bagaimana mengatur anak. Anda tetap perlu mengontrol mereka namun jangan bersikap berlebihan agar anak bisa menjadi teman baik.

Jika anak melakukan kesalahan, mereka membutuhkan bimbingan dan ketegasan dari orang tua bukan kemarahan Anda

Jangan pernah meneriaki anak ketika marah, karena hal tersebut justru hanya akan membuat mereka takut kepada orangtuanya sendiri. Sebaliknya, Anda harus sabar untuk menjelaskan bagaimana cara yang benar dalam mengerjakan hal-hal yang dilakukan anak Anda, bukan malah memarahinya. Kesabaran terhadap anak memang diperlukan untuk menjalin kedekatan antara orangtua dan anak.

Hal-hal kecil terkadang penting. Buat-buat kejutan kecil agar ia tekesan

Dalam rangka untuk lebih dekat dengan hati anak, Anda bisa membuat mereka terkesan dengan memberikan kejutan kecil berupa pemberian hadiah. Namun, pastikan hal tersebut dilakukan hanya sesekali, dan jangan jadikan kebiasaan.

Biarkan anak merasa bahwa Anda terus ada untuknya

Setiap saat, anak Anda harus merasa aman secara emosional. Untuk itu, Anda perlu membuat perasaan bahwa Anda selalu ada untuknya di tiap langkah kehidupan mereka. Namun hal ini tidak berarti Anda mencampuri urusan kehidupan anak di setiap kesempatan. Anda hanya perlu membuat perasaan aman kepada anak-anak melalui kata-kata dan tindakan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Most Share

To Top