lifestyle

Kurangi Anak Menonton TV dengan 21 Aktivitas ini

TVitupasif

Acara televisi makin hari makin tidak ‘ramah’ pada anak-anak, si kecil juga jadi malas bergerak. Coba yuk, Ma, ajak anak Anda lakukan sejumlah kegiatan menyenangkan tanpa televisi.

Inilah yang bisa dilakukan untuk mengalihkan keinginan si kecil menonton TV:

1. Menggambar di Gelas Keramik

Siapkanlah spidol atau cat untuk menggambar di alat-alat makanmu yang dibuat dari keramik. Nah, jika kamu ingin membuat gambar tersebut jadi permanen, setelah anak selesai berkreasi di piring keramik, masukkan ke dalam oven yang sudah diatur suhunya 350 derajat selama 30 menit. Jadi deh, gelas unik kreasi si kecil!

2. Adu Sumo

Siapkanlah bantal ukuran besar dan pinjamlah kaos rumah si ayah, pakaikan ke anak-anakmu. Masukkan bantal ke dalam kaos dan ajak anak-anakmu melakukan olahraga Sumo. Ajak anak berfantasi, seolah mereka adalah atlet Sumo. Pasti seru!

3. Gambar Jari

Sediakanlah malam alias lilin yang biasa dimainkan oleh anak-anak yang berwarna-warni, lalu siapkan juga kain putih. Biarkan si kecil berkreasi dengan membentuk malam warna-warni tersebut di atas kain. Biarkan dia bebas berimajinasi di kanvas kain tersebut.

4. Pukul Balon

Main bola di dalam rumah? Bisa saja, Bu! Kamu bisa ajak si kecil pukul-pukulan balon di dalam rumah. Sebelumnya, siapkan paddle stick alias stick es krim dan piring kertas berbentuk bulat untuk pemukul. Nah, untuk bolanya kamu bisa ajak si kecil meniup balon bersama-sama. Pasti deh akan penuh dengan canda tawa!

5. Pesawat Kertas

Permainan klasik ini tetap menjadi favorit bagi anak-anak. Ajarkan lah bagaimana membuat pesawat dari kertas, bisa menggunakan kertas warna-warni agar terlhiat lebih menarik, dan kemudian ajak untuk berlomba menerbangkannya. Atau buat pesawat kertas sebanyak mungkin sebagai hiasan di kamar mereka.

6. Membuat cerita

Kegiatan ini bisa mengasah imajinasi anak sehingga menimbulkan motivasi mereka terhadap sesuatu keinginan atau cita-cita. Misalnya dengan membuat cerita bersama mengenai liburan sekolah. Atau misalnya mengenai cita-cita mereka kalau besar nanti. Anak-anak akan mengingat terus cerita yang dibuatnya sehingga bisa menjadi motivasi mereka.

7. Tebak gambar

Sediakan kertas gambar kosong, lalu gambar lah hal yang mudah untuk anak-anak tebak. Misalnya gambar hewa, mainan, tanaman, dsb. Dan berikan kesempatan kepada anak Anda untuk melakukan hal sebaliknya.

8. Jadi Penulis Cilik

Untuk menghindari kebosanan si kecil mendengarkan kamu bercerita atau membacakan buku dongeng, sekarang kamu bisa gantian meminta si kecil untuk menulis ceritanya sendiri. Sediakanlah buku gambar serta krayon warna-warni dan ajak si kecil untuk menggambar serta menulis cerita buatannya. Berikanlah pujian padanya setiap dia berhasil menulis satu cerita ya, Bu!

9. Membuat Peta

Untuk melatih ingatan dan kecerdasan otak anak, mulai lah untuk membuat peta bersama. Tidak perlu peta yang sulit, buatlah peta tempat-tempat di sekitar rumah dan beberapa akses jalan menuju sekolah atau tempat lainnya yang mereka ketahui.

10. Bangunlah Benteng!

Siapkan sebuah selimut , bangku-bangku kecil, busa sofa, atau kasur kecil, dan ajak si kecil untuk membuat rumah-rumahan atau benteng pertahanan menggunakan alat-alat tersebut. Setelah jadi, berikan dia senter untuk membuat puppet show menggunakan tangan dan cahaya senter.

11. Membuat Kreativitas

Asahlah kreativitas anak-anak dengan membuat barang-barng yang mudah dan bermanfaat. Misalnya saja membuat scrapbook, aksesoris dari pita, menghias bola, menggambar baju atau tie-dye, membuat rekaman musik bersama, mengecat kamar anak, dan lain sebagainya.

12. Jadi Detektif Cilik

Ajak anakmu untuk jadi detektif! Coba kamu sembunyikan beberapa barang misalnya buku, pulpen, atau permen di tempat-tempat tersembunyi di rumah dan berikan dia petunjuk entah dengan peta atau jejak-jejak. Aktivitas seru ini sangat bagus menstimulasi otak anak.

13. Mommy’s Next Top Model

Buatlah Project Runway versimu di rumah bersama putrimu yuk, Bu! Bilang padanya bahwa malam ini adalah fashion night dan minta dia pilih baju-bajunya dan padu padan sendiri. Siapkan red carpet misalnya dengan kain merah atau selimut. Jangan lupa foto-foto, ya! Lalu kirim ke facebook Fimela Family ya, Moms! J

14. Bermain Scrabble, Uno, dan sejenisnya

Belilah seperangkat permainan seperti scrabble, halma, ular tangga, uno, dan sejenisnya. Buatlah dua group Ibu dan Ayah, jangan lupa diskusikan peraturan yang seru bai yang menang maupun yang kalah.

15. Eksperimen Sains : Menanam Tumbuhan

Ini adalah cara yang tepat untuk menganalkan anak terhadap lingkungan. Menumbuhkan kecintaan anak terhadap alam dan mengajarkan bagaiamana mereka menghargai alam dan lingkungan.

Selain itu juga secara ilmiah menambah pengetahuan anak mengenai proses pertumbuhan tanaman buah, sayur, maupun yang lainnya.

Mulai lah dari yang termudah, misalnya menanam biji bunga matahari, biji cabai, umbi-umbian, bumbu masak, atau pohon buah mangga.

Terus lah bertahap ajarkan jenis-jenis pupuk dan beritahu perbedaan kegunaan masing-masing pupuk, bagaiman cara memberinya, dan ingatkan terus untuk menyiram dan memantau perkembangan tanamanya yang ditanam.

16. Berkunjung ke Perpustakaan atau Toko Buku

Kenalkan anak Anda kepada buku sejak dini, agar terbangun kecintaan terhadap buku dan kegiatan membaca. Berikan buku sebagai hadiah untuk anak Anda atau Anda juga bisa membangun perpustakaan kecil bersama buah hati Anda di rumah. Biarkan si kecil membantu Anda menata sendiri buku-bukunya dan membersihkan rak-rak buku di perpustakaan keluarga Anda. Semua kegiatan itu dapat menjadi hiburan alternatif yang sangat positif bagi Anda dan keluarga.

17. Berenang

Aktivitas ini termasuk salah satu olahraga fisik yang disukai anak. Hampir semua anak suka bermain air.

18. Bersepeda

Kalau dilakukan sendiri, mungkin bisa membosankan. Tapi cobalah bersepeda pagi atau sore bersama seluruh keluarga. Murah dan menyehatkan!

19. Bermain Bola

Bermain bola tentu saja menyenangkan untuk anak. Jika masih balita, bisa bermain bola di dalam rumah dengan bola-bolaan yang terbuat dari plasik

18. Bermiain Mainan Tradisional

Bisa juga dengan memainkan permainan-permainan tradisional. Simak juga main-mainan Tradisinional yang bisa dimainkan

21. Berjalan-jalan

Jalan-jalan merupakan salah satu alternatif hiburan paling menarik bagi keluarga yang sering kali menghabiskan waktu-waktunya di rumah. Karenanya, jalan-jalan bisa menjadi salah satu hiburan alternatif pengganti televisi yang baik bagi Anda dan keluarga. Anda tak harus selalu mengeluarkan uang untuk berjalan-jalan bersama anggota keluarga. Berjalan santai di pagi atau sore hari mengelilingi kompleks perumahaan atau ke taman terdekat dapat menjadi pilihan jalan-jalan untuk Anda dan keluarga. Selain menyehatkan, aktifitas itu juga bisa menjadi kegiatan yang mendekatkan, menghangatkan dan menghibur bagi Anda dan keluarga.

TVitupasif

adorable-book-boy-1250722 adorable-book-boy-1250722
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Kesehatan Ibu & Anak

Kenali Susu Formula Apa yang Cocok untuk Bayi di Bawah Usia 1 Tahun

Perkembangan Bayi 3 bulan

Saat si kecil masih bayi, ASI tentu jadi asupan utama untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Bunda yang bisa menyusui tentu sudah sangat paham akan hal ini. Semua kebutuhan si kecil akan ASI sudah pasti Bunda penuhi.

Keinginan untuk memberikan ASI eksklusif kepada bayi, tentu adalah idaman setiap para bunda yang mengerti tentang pentingnya ASI. Namun banyak yang lupa, tiap bayi lahir dengan kondisi berbeda. Perbedaan ini turut memengaruhi proses pemberian ASI.

Salah satu hal yang lebih penting dari proses permberian ASI adalah tak membiarkan bayi Bunda menangis kelaparan. Ingat, pemberian ASI untuk memberi makan bayi, bukan menjadi ajang prestasi atau sekadar memenuhi keinginan menjadi orang tua sejati.

Meski asupan terbaik untuk bayi adalah Air Susu Ibu (ASI), namun terkadang ada saja masalah yang hadapi Ibu. Masalah seperti, ASI tidak cukup, rasa sakit, tingkat stres yang sangat tinggi sampai harus kembali bekerja adalah beberapa alasannya. Alasan yang sangat bervariasi dan sangat pribadi.

Akhirnya Bunda terpaksa harus menggunakan susu Formula. Susu formula memang tidak akan bisa menandingi manfaat ASI. Namun jika tidak memungkinkan memberi ASI secara eksklusif, jangan sampai keadaan ini membuat Bunda menjadi tertekan.

Susu Formula Apa yang Cocok untuk Bayi di Bawah Usia 1 Tahun?

Pada dasarnya semua produk susu formula terdiri dari kumpulan nutrisi utama, yaitu protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. Namun, yang membedakan adalah jenisnya.

Pastikan di kemasan susu ada tertulis bahwa produk tersebut cocok untuk dikonsumsi bayi baru lahir. Untuk bayi baru lahir dan masih di bawah usia satu tahun, sebaiknya pilih produk susu formula yang berasal dari susu sapi.

Langkah selanjutnya adalah memperhatikan jenis protein yang digunakan. Protein susu sapi terbagi dua, yaitu whey dan casein. Jenis whey lebih direkomendasikan untuk bayi baru lahir karena dianggap lebih mudah dicerna.

Namun Bunda bisa juga memakai produk yang menggabungkan keduanya. Tapi ingat bahwa komposisi whey harus lebih tinggi daripada casein. Biasanya rasio antara whey dan casein sekitar 60:40. Rasio itu setara dengan kandungan protein pada ASI. Teruskan penggunaan sampai bayi berusia satu tahun. Jika Bunda merasa bayi tidak menyukainya, Bunda boleh mengganti merek yang lebih disukainya, sebaiknya setelah berkonsultasi dengan dokter.

Kumpulan Susu Formula untuk Anak 0 – 12 Bulan

1. Susu Formula Nutramigen LGG

Susubalita

Nutramigen LGG, brand susu bayi favorit yang diformulasikan bagi bayi yang alergi terhadap protein susu sapi. Nutramigen LGG diperkaya dengan protein terhidrolisa ekstensif yang menjadi molekul sangat kecil.

Sehingga merk susu bayi satu ini dapat menurunkan kemungkinan pemicu reaksi alergi.

Komposisi: DHA, ARA, ALA, LA, fat, carbohydrate, protein, energy dan mineral.
Cocok untuk: 0-12 bulan.

2. Susu Formula Baby & Me Organic

susubalita_arla

Baby & Me adalah produk susu formula organik untuk usia 0-6 bulan dan 6-12 bulan yang produksi oleh Arla, perusahaan organik terbesar dari skandinavia. Produk Baby & Me diolah secara organik hingga memiliki kandungan organik secara alami seperti omega 3 & 6 organik, AA DHA, dan FOS & GOS organik. Tekstur susunya yang ringan, membuat produk ini dinilai mirip dengan ASI. Baby & Me Organic memiliki sertifikasi organik dari Eropa dan Indonesia, serta label halal dari MUI.

Komposisi: Omega 3 dan Omega 6 Organik, AA DHA, serta FOS dan GOS Organik, Mengandung 15 Vitamin dan 12 Mineral dan tanpa gula tambahan
Cocok untuk: 0-6 & 6-12 bulan.

3. Susu Formula Isomil Plus Advance Soya

susubalita_isomil

Isomil Plus Advanced Soya dengan isi 400gr cocok untuk bayi yang alergi terhadap susu sapi. Mengandung AA&DHA, protein, natrium, kalsium, vitamin, dan mineral yang penting bagi pertumbuhan bayi.

Susu formula bayi ini telah terbukti kualitasnya dalam memenuhi kebutuhan tumbuh kembang bayi.

Komposisi: AA&DHA, protein, natrium, kalsium, vitamin, dan mineral.
Cocok untuk: 6-12 bulan.

4. Susu Formula Enfamil A+

Susubalita_enfamila

Merk susu pertumbuhan bayi diperkaya Prebiotik GOS tuk kesehatan pencernaan dan nutrisi penting lainnya, Enfamil A+ juga teruji klinis mendukung perkembangan otak bayi.

Komposisi: AA&DHA, protein, natrium, kalsium, vitamin, dan mineral.
Cocok untuk: 0-6 bulan, 6-12 bulan, dan 0-12 bulan.

5. Susu Formula Bebelove

susubalita_Susu Formula Bebelove

Bebelove merupakan susu yang khusus ditujukan untuk bayi berusia 0 hingga 1 tahun. Susu ini bisa diandalkan bagi bunda untuk memastikan si kecil mendapat gizi lengkap guna pertumbuhannya dengan sempurna.

Susu bebas gula ini bisa menjadi penunjang ASI terbaik, karena kaya akan nutrisi.

Komposisi: Prebiotik FOS, lactoferrin, zat besi, kalsium, vitamin dan mineral.
Cocok untuk: 0-6 bulan, 6-12 bulan.

6. Susu Formula Morinaga

susubalita_chil-kid-soya

Morinaga BMT merupakan susu formula untuk bayi dengan formula khusus yang ditujukan bagi anak usia 0-6 bulan. Susu ini juga sangat tepat digunakan untuk pendamping ASI, agar kebutuhan nutrisi bayi semakin terjamin untuk pertumbuhan dan perkembangannya.
Susu ini punya tekstur mirip ASI, sehingga lebih mudah dicerna oleh si buah hati.

Komposisi: DHA, AA, prebiotik, laktulosa, laktoferin, vitamin dan mineral.
Cocok untuk: 0-6 bulan

7. Susu Formula Nutribaby Royal

susubalita_royal

Susu formula Nutribaby Royal dihadirkan dalam dua varian, yakni Nutribaby Royal 1 untuk bayi usia 0-6 bulan, dan Nutribaby Royal 2 untuk bayi usia 6-12 bulan.
Susu Nutribaby Royal dibuat dengan tekstur menyerupai ASI yang mudah dicerna oleh lambung bayi. Susu ini memastikan bayi tumbuh dan berkembang secara optimal.

Komposisi: Omega 3, omega 6, kolin, taurin, prebiotik FOS-GOS, AA dan DHA, 12 mineral, dan 18 vitamin.
Cocok untuk: 0-6 bulan, 6-12 bulan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

adorable-book-boy-1250722 adorable-book-boy-1250722

Most Share

To Top