Parenting

Ketika Kedua Orangtua Bekerja, maka Terpaksa Menitipkan Buah hati. Berikut ini dampak positif sekaligus negatif menitipkan anak

Ayah dan Ibu bekerja, itu memang pilihan. Ketika kedua orang bekerja, maka terpaksa harus menitipkan buah hati. Menitipkan Anak Pada Kakek dan Neneknya Jadi Pilihan Ketika Ayah dan Ibu Bekerja? Simak Tips Menitipkan Anak pada Kakek-Neneknya. Beberapa hal ini dijadikan pertimbangan sebelum orang tua memutuskan untuk menitipkan anaknya. Berikut ini dampak positif sekaligus negatif menitipkan anak.

Dampak positif dari penitipan anak: Membantu meringankan beban para orang tua

Banyaknya kebutuhan dalam hidup membuat orang tua sibuk bekerja mencari uang, begitu juga dengan sang ibu. Beberapa wanita karir memilih penitipan anak untuk meringankan pekerjan rumah tangga. Mereka sudah disibukkan dengan berbagai pekerjaannya di kantor dan mereka masih harus mengurusi pekerjaan rumah. Saat pekerjaan telah selesai biasanya sang anak akan diambil untuk di bawa pulang. Sehingga keberadaan penitipan anak sangat membantu bagi mereka.

Dampak positif dari penitipan anak:  Memenuhi kebutuhan anak

Waktu orang tua, terutama ibu yang hanya memiliki sedikit waktu luang membuat mereka tidak sempat mengurusi kebutuhan sang anak, seperti makan, mandi, minum dll. Mereka mempercayakan sang anak untuk dititipkan ke tempat penitipan anak agar kebutuhannya terpenuhi. Tapi hanya kebutuhan fisik yang dapat terpenuhi. Paling tidak sang anak sehat dan terurus secara fisik.

Dampak positif dari penitipan anak: Anak menjadi banyak teman

Biasanya, banyak orang tua yang menitipkan anak mereka di penitipan anak selama mereka bekerja. Sehingga di tempat itu terdapat banyak anak yang juga seumuran satu sama lain. Hal ini membuatnya merasa banyak teman dan bermain bersama teman akan lebih menyenangkan bagi mereka.

Dampak negatif dari penitipan anak: Kurangnya kedekatan antara anak dan orang tua

Waktu bertemu yang sedikit membuat anak kurang dekat dengan orang tua. Kebiasaan mereka yang lebih sering diurusi oleh orang lain membuatnya menjadi lebih dekat dengan orang lain. Hal ini membuat anak menjadi tertutup di hadapan orang tua.

Dampak negatif dari penitipan anak: Kebutuhan kasih sayang yang tidak terpenuhi

Kedekatan yang kurang membuat kasih sayang kurang terjalin antara mereka. Seorang anak bisa merasakan kasih sayang dengan seberapa sering sentuhan yang terjadi. Meskipun kebutuhan fisik mereka terpenuhi, namun kebutuhan secara psikis mereka terabaikan. Mereka menjadi kehilangan figur orang tua, terutama ibu. Perhatian yang seharusnya mereka dapatkan dari orang tua justru mereka dapatkan dari tempat lain. Hal ini dapat menciptakan pribadi yang kurang baik pada anak.

Dampak negatif dari penitipan anak: Anak merasa terkekang

Pada umumnya terdapat banyak anak di penitipan anak. Satu penjaga tidak akan mungkin bisa mengawasi secara intens tingkah polah satu anak. Terlebih anak usia dini adalah usia dimana mereka masih sangat aktif bergerak. Oleh karena itu, untuk memudahkan perkerjaan mereka, mereka membantasi ruang gerak sang anak agar tidak keluar dari pengawasan mereka. Hal ini membuat anak merasa terkekang dan pada akhirnya sang anak tidak bisa mengeksplor dunia secara bebas.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Most Share

To Top