Mainan Anak

Jangan Hanya Membelikan Anak Maianan, Sesekali Temani Anak Bermain. Banyak Manfaat Mendampingi Anak Bermain Loh

bermainanak

Semahal apa pun Mainan, akan percuma jika anak tidak tahu cara mengoperasikannya. Itulah kenapa orang tua perlu orang tua menemani anak bermain. Menemani anak bermain juga sangatlah penting bagi perkembangan anak karena orang tua bisa memantau apa saja yang dilakukan buah hatinya.

taman-bermain anak

sumber: http://www.housing-estate.com

Selain hal diatas, ada banyak manfaat menemani anak bermainanak. Berikut adalah beberapa manfaat menemani anak bermain:

Anak akan merasa diperhatikan dan dekat dengan orang tua

Menemani anak bermain maka akan membangun kedekatan dengan anak  sehingga sisi emosional anak akan bisa terasah dan tersalurkan.  Si anak juga akan bisa mengekspresikan segala tingkah lakunya dengan mainannya sehingga si anak tidak akan mudah untuk mencari perhatian orang tuanya dengan melakukan hal-hal negatif.

Menemani anak bermain bisa membuat hubungan dengan suami semakin mesra

Menemani anak bermain ternyata tidak hanya bagus untuk embangun kedekatan dengan anak, tetapi Menemani anak bermain bisa membuat hubungan dengan suami semakin mesra.

“Menemani anak bermain bisa membuat hubungan dengan suami semakin mesra. Ketika menemani anak bermain tentu akan terjalin komunikasi antara Anda dan pasangan, semakin sering dilakukan bersama-sama, komunikasi keduanya akan semakin baik. Salah satu kunci pernikahan yang harmonis kan komunikasi yang baik,” tutur Psikolog anak, Ajeng Raviando, Psi

Membantu anak untuk bisa berkomunikasi lebih baik lagi dengan temannya

Keterlibatan orang tua ikut bermain dengan anak maka akan membantu anak untuk bisa berkomunikasi lebih baik lagi.  Baik itu komunikasi dengan orang tuanya sendiri ataupun komunikasi dengan teman bermainnya apabila si anak bermain dengan anak yang lain.  Dengan kita ikut menemani anak bermain maka akan merangsang kepekaan anak.

Dengan mengajarkan cara bermain akan menambah pengetahuan anak

Dengan keterlibatan orang tua menemani anak bermain maka orang tua akan menyadari apa saja yang dibutuhkan anak.  Ketika orang tua peka maka kemudian akan menyediakan kebutuhan mainan anak. Sehingga anak akan tambah pengetahuannya karena ada mainan baru yang diperlukannya.

Selain itu dengan orang tua menemani anak bermain maka si orang tua akan mengajarkan kepada anak cara bermain yang benar.  Hal inilah yang akan diingat anak sehingga akan menambah khasanah keilmuan anak.

Mendapat Penjelasan tentang apa yang dimainkan

Selain memberitahukan cara bermain, orang tua juga dapat memberikan infomasi Yang biasa terjadi adalah, anak bermain sendiri dan tidak mendapat penjelasan tentang mainan yang mereka gunakan.

Cobalah untuk menggunakan interaksi. Bentuk interaksi bisa bermacam-macam. Caranya, dengan mengajak anak melihat mainan baru tersebut, lalu mendemonstrasikan cara memainkannya.

Membuat anak  memiliki tempat bertanya saat menemui kesulitan

Dengan didampingi, anak memiliki tempat bertanya saat menemui kesulitan. Stimulasi yang ia peroleh pun akan maksimal dan dapat meningkatkan kemampuan motorik, kecerdasan hingga keuletannya. Anak yang hanya bermain sendiri bisa saja karena tak tahu cara memainkannya, akhirnya mengonggokkan mainannya  begitu saja. Tentu dari situ ia tak akan memetik manfaat apa pun.

Membangun komunikasi dan kedekatan yang baik antara orang tua dan anak

Saat pendampingan akan terjalin komunikasi yang cukup intens pada akhirnya membuahkan suatu antara anatar orang tua dan anak. Kelekatan yang dapat membuat anak jauh lebih nyaman kala menjalani aktivitasnya ini, akan berdampak baik pada pertumbuhan psikis dan kesehatannya. Tak mustahil perkembangannya pun akan sangat kondusif, ia bisa memaksimalkan seluruh kemampuannya.

Membuat Anak tambah semangat bermian

Ketika orang tua ikut bermain maka si anak berpikir bahwa dirinya diperbolehkan untuk bermain.  Anak akan menganggap bahwa kegiatan yang dilakukannya adalah kegiatan yang bermanfaat dan berguna sehingga si anak tambah semangat lagi untuk bermain.

Orang tua membantu anak untuk memilih permainan yang sesuai dengan usia mereka

orang tua tidak boleh melarang anak-anak kita bermain, tetapi ada beberapa permainan yang mungkin cukup berbahaya bagi anak-anak kita. Di saat inilah kita harus membantu mereka untuk memilih permainan yang sesuai dengan usia mereka.

Berhati-hatilah dalam memilih permainan untuk anak-anak Anda, karena, “salah-salah” justru Anda mengekang pertumbuhan kreatifitas dan imajinasi mereka. Ikut sertakan anak-anak dalam memilih permainan yang mereka inginkan dan mereka sukai. Jika menurut orang tua pilihan mereka tidak cukup aman untuk dimainkan, maka dapat memberikan pengertian kepada mereka atau Anda dapat menemani mereka bermain.

Dengan menemani anak bermain, membantu Imajinasi anak terarah

Psikolog anak, Ajeng Raviando, Psi., mengatakan adanya orang tua di sisi anak-anak membuat mereka lebih terarah dalam mengembangkan imajinasinya. Selain itu, peran orangtua juga penting untuk melatih pola pikir anak kedepannya.

Mendampingi Anak Bermain membuat anak Lebih percaya diri

Anak yang didampingi kala bermain biasanya akan memiliki rasa percaya diri yang  kuat. Kesenangan yang ia dapat kala dapat menyelesaikan permainan dengan baik, akan membuatnya merasa lebih puas sehingga memupuk rasa pede-nya.

Kemampuan anak dan orang tua meningkat juga meningkat

Dengan mendampingi anak bermain, orang tua jadi ikut paham mainan yang anak mainkan. Demikian pula dengan aneka manfaat yang terkandung di dalamnya. Sehingga, ketika anak sudah bisa menguasai permainan itu dengan baik orang tua bisa memberikan mainan yang lebih sulit. Dengan begitu kemampuan anak akan terus bertambah, tidak stagnan jika ketika kita tak mendampinginya.

adorable-book-boy-1250722 adorable-book-boy-1250722
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


News

Oreo Luncurkan Area Permainan Bertema Spider-Man

oreo

Dalam rangka pemutaran film Spider-Man: Far From Home, terdapat area permainan bertema pahlawan super tersebut di Mal Senayan City, Bun. Area Spider-Man dari Oreo itu menyajikan wahana panjat tembok, flying fox, hingga trampolin sehingga pengunjung dapat bergerak lincah layaknya sang superhero berkekuatan laba-laba super itu.

Head of Biscuit, Mondelez Indonesia Maggie Effendy mengatakan, alasan dipilihnya Spiderman sebagai karakter untuk edisi khusus Oreo adalah karena tokoh tersebut memiliki sifat jenaka, menyenangkan sama dengan manusia biasa pada umumnya.

“Spider-Man sama saja dengan manusia biasa yang memiliki sifat jenaka dan menyenangkan. Berbeda dengan tokoh superhero lainnya seperti Alien dari luar angkasa mungkin atau superhero kaya raya yang bisa mengubah segala sesuatu dan lainnya,” tuturnya dalam press conference di Cinema XXI, Senayan City, Jakarta, Selasa (2/7).

Seiring dengan rilisnya film Spider-Man, Oreo meluncurkan kemasan khusus Spider-Man di produk terbarunya dengan varian rasa vanila, cokelat, dan Oreo softcake. Ke depan ada rencana untuk mengeluarkan edisi terbaru dengan tokoh superhero yang berbeda.

Film ini bercerita tentang rencana Peter Parker untuk berlibur bersama teman-teman sekolahnya yang buyar karena muncul serangan misterius di berbagai negara. Film Spider-Man dibintangi Tom Holland, Jake Gyllenhaal, Zendaya, serta Samuel L Jackson.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

adorable-book-boy-1250722 adorable-book-boy-1250722

Parenting

Jangan Langsung Panik Saat Anak Belum Juga Bisa Berjalan Bunda, Latih Si Kecil Dengan Cara Ini

StockSnap_23EYZEIAO7

Menurut beberapa ahli tumbuh kembang anak, pada umumnya anak mulai melangkahkan kakinya antara usia 9-12 bulan, dan mereka dapat berjalan secara lancar pada usia antara 14-15 bulan. Namun pada kenyataannya ada beberapa anak yang pada usia tersebut belum dapat berjalan dengan lancar.

Hal ini seringkali membuat para orangtua mengkhawatirkan perkembangan anaknya. Tapi anda tidak perlu khawatir. Selama si kecil tidak menunjukan adanya gangguan pada tubuhnya, maka hal itu tidak perlu disikapi dengan rasa panik berlebihan.

Tak Perlu Terlalu Cemas, Yuk Kenali Dulu Tahap Perkembangan Gerak Anak Anda Bun!

  • Pada Usia 5 Bulan Pertama

Pada usia 5 bulan pertama pertumbuhan anak, dia telah masuk ke tahap gerak reflek. Hal ini dapat terlihat ketika anda menempelkan kaki si kecil ke lantai, maka dia akan langsung merespon dengan cara menggerak-gerakan kakinya seolah-olah ingin berjalan. Inilah yang disebut dengan gerak refleks.

  • Usia 6-9 Bulan

Memasuki usia 6 bulan pertama otot-otot anak sudah mulai kuat. Ketika kakinya ditempelkan ke lantai maka dia akan menekan-nekan lantai seolah ingin meloncat. Proses ini berlangsung antara usia 6 hingga 9 bulan. Pada tahap ini pula anak akan belajar merangkak, berguling, dan duduk.

  • Usia 9-12 Bulan

Pada usia ini, anak akan berusaha untuk berdiri. Dia akan menarik benda apa pun yang ada di dekatnya sebagai cara untuk menopang tubuhnya agar tidak jatuh. Pada tahap inilah proses anak berjalan dimulai. Bahkan beberapa anak pada usia ini sudah mampu berdiri dan berjalan tertatih-tatih untuk meraih mainan yang diinginkannya.

Agar Anak Bisa Cepat Berjalan, Anda Bisa Melatihnya Untuk Berdiri Tegak

Latihlah si kecil untuk berdiri tegak saat usianya 9-10 bulan. Dan jika anda melihatnya terjatuh, maka motivasi dia agar mau berdiri sendiri tanpa bantuan anda. Namun begitu, jangan paksa buah hati untuk terus berlatih berdiri tegak hanya karena anda tak sabar melihatnya bisa berjalan ya Bun!

Latih Anak Untuk Berjalan Dengan Memegang Satu Tangannya Bun!

Tips selanjutnya untuk melatih si kecil berjalan adalah dengan melatihnya untuk berjalan dengan bantuan anda. Anda dapat memegang satu tangannya kemudian ajaklah dia untuk berjalan secara perlahan. Dan jika dirasa si kecil sudah dapat berjalan dengan lancar, maka biarkan dia yang memegang tangan anda. Ini adalah cara untuk menghilangkan ketakutan anak untuk berjalan sendiri, karena pada suatu saat anda pasti akan melepasnya untuk berjalan sendiri.

Ajak Anak Untuk Berjalan Menelusuri Box Tidurnya Dengan Berpegangan Pada Bagian Tepinya

Cara lain yang bisa anda lakukan adalah dengan mengajaknya untuk berdiri di dalam box tidurnya. Ajak anak untuk berjalan menelusuri box tidurnya dengan berpegangan pada bagian tepinya. Cara ini cukup efektif untuk mempercepat anak berjalan.

Gunakan Stimulus Mainan Bunda!

Anda dapat meletakan mainan kesukaan si kecil pada posisi tertentu lalu mintalah dia untuk mengambil mainan tersebut dengan cara berjalan. Cara ini cukup efektif karena si kecil akan termotivasi untuk bisa meraih mainan kesukaannya.

Manfaatkan Mainan Yang Bisa Didorong Untuk Merangsang Anak Berjalan

Anda juga bisa menggunakan mainan yang bisa didorong sebagai rangsangan anak untuk berjalan. Caranya, gunakan mainan yang memungkinkan untuk didorong oleh anak. Sebaiknya gunakan mainan berukuran besar agar benda tersebut dapat menopang tubuh si kecil sehingga keamanannya pun terjamin.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

adorable-book-boy-1250722 adorable-book-boy-1250722

Kesehatan Ibu & Anak

Membuat Si Kecil Merasa Nyaman Saat Bermain Dan Belajar Di Rumah, Jadi Sesuatu Yang Wajib Kita Perhatikan

Punya anak yang sedang aktif-aktifnya bergerak kesana kemari, tentu jadi momen bahagia yang kadang membuat kita kewalahan. Tapi bunda tak perlu khawatir, karena begitulah momen tumbuh kembang pada setiap mereka.

Hal yang menjadi tugas kita sebagai orangtua adalah menemani mereka pada satiap perkembangan dan aktivitasnya. Tentu dengan sesuatu yang menyenangkan dan sesuai dengan keinginannya.

Nah yang jadi pertanyaan, bagaimana menciptakan kegiatan yang menyenangkan untuknya? Bunda bisa contek beberapa hal ini untuk dilakukan di rumah.

 

Untuk Mengasah Kemampuan Imajinasi Miliknya, Berikan Dirinya Kebebasan Untuk Memilih Kegiatan

rsz_stocksnap_q5fjuk9ofh

Jika selama ini kebanyakan orangtua selalu menilai tingkat perkembangan otak seorang anak dari tingkat kecerdasan yang ia punya. Ini adalah salah! Lebih dari itu, sebenarnya ada hal lain yang perlu kita perhatikan. Yakni kemampuan berkonsentrasi untuk menemukan imajinasi. Untuk itu biarkan ia memilih sendiri.

Jika memang pilihan yang ia pilih adalah bermain mewarnai. selanjutnya Bunda bisa memberinya kesempatan untuk memilih sendiri model gambar yang akan ia warnai sendiri. Meski terkesan seperti sedang bermain, nyatanya aktivitas ini telah memintanya untuk berkonsentrasi. Bahkan melibatkan anggota tubuh dan perasaan miliknya.

 

Tak Hanya Mendengarkan Kita Bercerita, Biarkan Ia Bermain Dengan Bercerita

rsz_josh-applegate-149609

Jika bunda merasa bahwa mendongeng tak lagi efektif untuknya, sepertinya bunda sedang keliru. Sampai kapanpun aktivitas storytelling lewat mendongeng tentu jadi hal yang akan membantu tumbuh kembangnya. Maka buatlah sesuatu yang baru, dengan bertukar peran dengannya.

Jika biasanya bunda jadi si pencerita, sekarang giliran si kecil yang akan bercerita lewaat sebuat permainan. Dengan begitu ia akan terlatih untuk berkata-kata. Dan ini jadi kegiatan yang akan berbeda dari sekedar mendengar atau membaca saja. Karena ketika ia sedang bercerita ada stimulasi otak untuk yang berbeda dengan aktivitas lainnya. Sehingga kemampuannya dalam mengingat sesuatu pelan-pelan akan terasah.

 

Kemudian Manfaatkan Segala Sesuatu Yang Bisa Membuatnya Bermain Lebih Leluasa

rsz_markus-spiske-135763

Ruang keluarga dan kamar miliknya jadi tempat yang baik untuk si kecil bisa berkreasi sesukanya. Bunda bisa memilah beberapa perabotan yang ada untuk mendukung suasana bermain yang semakin mendukung kegiatannya. Mulai dari kursi, bantal, hingga benda lain yang memungkinkan membantu proses bermainnya.

Tak selalu harus mewah, yang penting suasanya bisa membantu untuk berkreasi sesukanya. Setelah itu, ajar pula ia untuk terbiasa membereskan semua alat bermain yang baru saja ia pakai. Jangan sampai semua benda-benda itu ditinggalkan begitu saja. Karena meski usianya masih kecil, membiasakan ia berberes mainan itu perlu. Ini akan menjadikannya tumbuh sebagai anak yang disiplin, termaksud dalam hal bermain.

Pastikan Pula Area Bermainnya Bersih Dan Tak Berbahaya

rsz_stocksnap_pbhff6rjph

Nah untuk yang satu ini, jangan sampai luput dari perhatian ya bun. Kita harus memastikan bahwa ia berada pada tempat yang aman. Karena tempat bermainnya berada di dalam rumah. Bukan tak mungkin ia lepas dari pengawasan yang kita punya. Apalagi di usia yang terbilang masih sangat kecil, tentu ia tak tahu jika hal-hal di sekitarnya bisa membahayakan keselamatannya.

Untuk itu, hindari menempatkan dirinya di sekitar tempat yang terdapat stop kontak, terminal listrik, kabel rol, atau disekitar lemari yang tentu berbahaya. Karena kemampuannya yang sedang ingin tahu banyak hal, sering mendorongnya melakukan sesuatu yang tak seharusnya. Tentu bunda tak ingin kan, jika tiba-tiba si kecil memasukkan jari miliknya kedalam terminal listrik yang ada di dekatnya.

 

Serta Lindungi Ia Dari Gigitan Nyamuk Selama Bermain

Hal yang tak kalah penting untuk di perhatikan adalah melindungi ia dari gangguan serangga, khususnya nyamuk. Karena kulit si kecil yang masih tergolong lembut, sering jadi mangsa sedap untuk si nyamuk. Jangan sampai aktivitasnya bermain terganggu hanya karena adanya nyamuk yang berkeliaran di sekelilingnya.

Untuk mengatasi hal itu bunda bisa pilih kipas angin Ony series yang terbaru dari cosmos. Loh kipas angin apa hubungannya dengan nyamuk?

kipas angin

Nah, kipas angin yang diperkenalkan pada Selasa, 19 September 2017 kemarin di Hotel Ciputra Grogol, bersamaan dengan acara Gathering Cosmos dalam rangka ulang tahun yang ke 41 Tahun ini memang berbeda.

Utet Siregar Selaku General Marketing marketing Cosmos mengatakan bahwa selama ini kita melindungi keluarga dari nyamuk dengan cara yang sedikit keliru. Karena menyemprotkan anti nyamuk hanya akan menghilangkan nyamuk sementara, dan jika efek obat hilang nyamuk lain akan kembali.

“Jika selama ini kita mungkin percaya bahwa menyemprot obat nyaman, itu berarti kita telah mengusir nyamuk. Padahal itu hanya akan mengusirnya sementara saja, kalau bau dari obat yang kita semprot maka nyamuk akan kembali datang” Terang Utet.

Untuk itu, PT.Star Cosmos kembali melahirkan produk barunya yakni kipas angin seri ony. Uniknya kipas angin ini dilengkapi dengan tempat obat nyamuk. Jadi kita tinggal memilih obat nyamuk brand apa pun dan tinggal memasukannya ke dalam tempat yang disediakan di kipas angin tersebut.

Tentunya ini akan membantu si kecil, untuk tetap merasa nyaman saat bermain atau belajar di dalam rumah. Dan sebagai orangtua kita juga tak lagi khawatir jika ia akan di gigit nyamuk selama bermain. Karena ada kipas angin dari cosmos yang siap menemani ia bermain sepanjang hari.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

adorable-book-boy-1250722 adorable-book-boy-1250722

Most Share

To Top