Sponsored Content

Inspirasi Kegiatan Liburan Untuk Anak  

children-class-classroom-1720186

Horaay liburan sebentar lagi tiba. Siapa yang sudah tidak sabar? Liburan memang jadi saat yang paling dinanti oleh anak-anak. Selain terbebas dari peer sekolah dan belajar, liburan jadi waktu bagi anak untuk bangun siang dan bermain sepuasnya.

Merencanakan liburan memang susah-susah gampang. Untuk itu Bunda sebaiknya merancang kegiatan agar liburan berjalan seru tapi tetap berkualitas dan liburan tidak berlalu begitu saja. Bunda sudah mulai merencanakan kegiatan liburan?

Jika belum, daftar kegiatan liburan berikut bisa menjadi inspirasi untuk merencanakan liburan yang seru dan berkualitas.

1. Traveling

Traveling menjadi kegiatan wajib ketika liburan. Traveling di dalam kota maupun ke luar kota ataupun ke luar negeri sama-sama menyenangkan. Jika Bunda berencana untuk traveling, sebaiknya direncanakan secara matang karena biaya yang dikeluarkan tidaklah sedikit.

Mulai dari membuat pos anggaran untuk berlibur, memesan tiket dan penginapan sudah direncanakan dari jauh-jauh hari. Jangan lupa untuk menyiapkan fisik si kecil ya Bun agar ketika hari H tiba si kecil dalam kondisi prima dan bisa menikmati liburan. Berikan vitamin secara rutin dan selalu berikan makanan yang sehat dan bergizi.

2. Staycation

Jika Bunda tidak mau bermacet-macet di jalan tapi ingin tetap merasakan suasana liburan, Bunda bisa mencoba staycation di sekitar area tempat tinggal. Mulai dari mengunjungi tempat atau atraksi-atraksi dan menjadi turis di kota sendiri. Pilih penginapan yang memiliki fasilitas untuk anak seperti taman bermain, kolam renang, atau lapangan hijau ya Bun, agar anak tetap bisa melakukan kegiatan seru di penginapan.

3. Memasak

Cuaca dan dana tidak mendukung untuk traveling? Tidak perlu cemas, liburan di rumah bisa tetap menyenangkan kok. Ajak anak membuat makanan favoritnya atau mencoba resep-resep yang mudah seperti brownies, macaroni schotel, atau donat. Atau bisa juga barbeque di depan rumah.

Libatkan anak dalam proses pembuatannya seperti berbelanja ke pasar, menimbang, mengayak, memecahkan telur, menuang adonan ke dalam loyang, membentuk adonan dengan bentuk-bentuk lucu, atau menghias. Pastikan anak tetap aman dari benda-benda tajam dan berbahaya seperti pisau dan kompor ya Bun.

4. Berkebun

Ajari anak mencintai lingkungan dengan berkebun. Untuk melakukan kegiatan ini, tidak perlu membutuhkan halaman yang luas. Bunda hanya cukup menyiapkan pot, tanah, dan benih tanaman. Jika tidak ada pot, Bunda bisa memanfaatkan botol bekas sebagai media tanamnya loh. Bunda juga dapat mencoba menanam sayuran dengan metode hidroponik seperti sawi atau bayam. Hasilnya bisa dibuat santapan lezat dan sehat untuk keluarga.

5. Summer camp

Di Amerika Serikat, Summer camp rutin diadakan setiap liburan musim panas. Summer camp memberikan banyak manfaat kepada anak loh Bun. Salah satunya adalah mengembangkan kemandirian, keterampilan dan membangun kepercayaan diri anak. Salah satu summer camp yang ada di Indonesia adalah program Holiday Academy yang dirancang oleh EF English Center for Kids and Teens. Di Holiday Academy, minat dan bakat anak diasah lebih mendalam sekaligus mempertajam kemampuan bahasa Inggrisnya.

Si kecil senang bercerita dan tampil di depan umum? Holiday Academy memiliki tiga program yaitu Storytellers (untuk anak usia 3-7 tahun), Phonics (untuk anak usia 4-7 tahun), dan On Stage (untuk anak usia 9-17 tahun) yang merupakan program yang dapat mengasah kemampuan anak dalam mendengar, berbicara sekaligus meningkatkan kepercayaan dirinya melalui bermain peran.

Untuk si kecil yang memiliki minat di bidang menulis dan bidang ilmiah, Holiday Academy memiliki dua program yaitu Reading Science (untuk anak usia 9-13 tahun) dan Writer’s Guild (untuk anak usia 11-13 tahun). Kedua program ini dirancang untuk mengasah kemampuan memahami teks ilmiah dan membuat berbagai macam tulisan. Tak ketinggalan pula kegiatan eksperimen ilmiah yang mengasah kemampuan percakapan anak.

Nah, jika Bunda masih mencari inspirasi untuk menghabiskan liburan berkualitas, Holiday Academy bisa menjadi pilihan terbaik untuk si kecil. Selain programnya yang menarik, program Holiday Academy juga memiliki durasi program yang bervariasi, mulai dari 1 hingga 4 minggu. Untuk pendaftaran dan informasi Holiday Academy, kunjungi EF.ID/funholiday dan dapatkan harga spesial.

Dan untuk si kecil yang ingin mendapatkan pengalaman seru belajar bahasa Inggris yang lebih lama, Bunda dapat mengunjungi EF.ID/kejutanapril untuk pendaftaran kelas reguler EF dan dapatkan diskon terbatas hingga Rp 2,45 juta beserta merchandise eksklusif! #AkuBisa jago Inggris dengan seru di EF.

adorable-book-boy-1250722 adorable-book-boy-1250722
1 Comment

1 Comment

  1. Indriaty Djamil

    April 12, 2019 at 2:13 pm

    Menarik ya cocok buat anak aku yang 6 tahun. Kalau untuk anak 3 tahun bisa juga ga sih ya? Soalnya anakku yang paling kecil ini ngomong aja masih belum lancar banget

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Most Share

To Top