Parenting

Ini Perkembangan Bayi 4 Bulan ya Bunda

Perkembangan Bayi 4 Bulan

Dibanding bayi saat masih berusia 1-3 bulan, tumbuh kembang si kecil saat usianya 4 bulan akan membuat Bunda takjub sekaligus bahagia lantaran menyadari perkembangan bayi kita terasa cepat. Di lain sisi, bayi yang berusia empat bulan mulai menyadari adanya interaksi dengan orang dewasa sehingga ia pun dapat merespon dengan senyuman, tawa, atau bahkan tangisan saat berinteraksi dengan orang yang ada di sekitarnya.

Bunda perlu tahu, di usia ini biasanya bayi sudah mampu menangkap vokal atau konsonan pembentuk kata-kata dasar dalam bahasa yang sering mereka dengan. Kendati belum mampu mengidentifikasikan kata-kata tersebut, ia tetap bersemangat mencoba mengucapkan suku kata tersebut lho Bun.

Kemampuan Bicara Si Kecil Semakin Menggemaskan

Ia pun mulai menirukan suara yang didengarnya sembari memperhatikan gerak bibir Bundanya. Ya, bayi berusia empat bulan dapat mulai berceloteh dengan memadukan konsonan dan vokal sederhana seperti “ya-ya-ya”. Biasanya, vokal “a” adalah huruf yang paling sering dilafalkan bayi lebih dulu, terutama saat dia mulai bisa berceloteh. Dia mulai menyukai kemampuannya membuat bunyi-bunyi dan mendengar suara itu di telinganya sendiri. Di momen seperti ini, Bunda dapat mengajaknya berkomunikasi dengan mengucapkan kata-kata sederhana seperti ‘mama’ atau ‘papa’ guna melatihnya agar ia makin yakin dengan kemampuan bicaranya ya Bun. Bila cara ini berhasil, pasti si kecil sudah dapat mengulang sepatah kata berkali-kali, seperti ‘mama-mama’ atau ‘baba-baba’.

Kemampuan Motoriknya Juga Semakin Mengalami Peningkatan yang Signifikan

Bun, umumnya bayi usia 4 bulan memiliki kemampuan seperti meraih benda yang dapat menarik perhatiannya. Hal ini menandakan bahwa koordinasi tangan dan penglihatannya terus membaik lho Bun. Selain itu, matanya pun mulai dapat mengikuti pergerakan dan perpindahan sesuatu dari satu tempat ke tempat yang lain. Bahkan kepalanya dapat tegak tanpa bantuan atau disangga orang dewasa.

Ia pun juga dapat menggulingkan badan dari posisi telentang ke tengkurap maupun sebaliknya. Biarkan ia bereksplorasi dengan kemampuannya ya Bun. Latihan ini berguna untuk memperkuat leher dan kepalanya sebagai persiapan duduk. Sebagai orangtua, Bunda hanya perlu memastikan bahwa ia berada di permukaan yang aman. Tempatkan pengaman di sekitarnya seperti tumpukan bantal agar dia tidak terjatuh. Jangan lupa, berikan pujian saat dia berhasil mengubah posisi dari tengkurap ke telentang. Ini akan membuatnya bersemangat mengulang gerakan dan dengan demikian otot-ototnya akan makin terlatih.

Sementara Itu, Perkembangan Kognitifnya Akan Membuat Bunda Semakin Bangga

Di usia empat bulan, bayi mulai dapat membedakan berbagai macam warna. Tapi mereka umumnya menyukai warna biru dan merah. Di lain sisi, mereka juga tertarik dengan pola yang lebih kompleks. Kemampuan visual dan jarak pandang pun sudah meningkat. Mereka mulai mampu melihat orang dan benda-benda yang berjarak jauh. Matanya pun mulai mampu gerakan objek yang bergerak cepat. Mereka mulai mengerti konsep rentang perhatian dan belajar lebih dalam tentang sebab dan akibat.

Untuk Asupan Gizi, yang Penting Kebutuhan ASI Terpenuhi ya Bun

Bunda tak usah terburu-buru urusan pemberian MPASI. Sebab memasuki usia 4-6 bulan, nutrisi si Kecil sudah tercukupi dengan ASI/PASI. Para ilmuwan menemukan bahwa menunda MPASI hingga usia 6 bulan dapat menurunkan risiko alergi pada si Kecil. Karenanya, lebih baik Bunda mulai memberikan makanan padat ke si Kecil saat ia berusia 6 bulan.

Sedikit informasi, sebagian besar bayi di usia 4 bulan sudah mencapai 2 kali berat badan waktu lahir, dan berat badannya akan terus bertambah. Pada waktu ini, kandungan ASI Ibu juga sudah berubah. ASI akan mengandung lebih banyak lemak dan mineral, sesuai dengan kebutuhan si Kecil saat ini. Namun, kini si kecil justru mudah teralihkan perhatiannya saat menyusu. Ia akan mudah mengalihkan pandangannya ke suara di sekitarnya, misalnya suara kakak, ayah, TV, dan lain sebagainya. Nah, supaya Bunda tetap dapat menyusui dengan nyaman begitupun si kecil dapat tenang selama menyusu, maka usahakan meminimalisir gangguan yang mungkin ada dengan menyusui si kecil di kamar yang sepi dan redup.

baca juga tahapan perkembangan bayi usia selanjutnya di perkembangan bayi 5 bulan

adorable-book-boy-1250722 adorable-book-boy-1250722
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Most Share

To Top