Kesehatan Ibu & Anak

Ini Perkembangan Bayi 3 bulan ya Bunda

Perkembangan Bayi 3 bulan

Bayi yang memasuki usia tiga bulan akan mengalami banyak perkembangan pesat di tubuhnya. Bunda pun akan menyadari si kecil semakin menggemaskan. Bayangkan saja, pada usia ini, si kecil akan makin sering tersenyum dan menirukan ekspresi wajah ibunya. Bahkan ia pun mulai piawai meraih mainan dan berinteraksi dengan orang dewasa lho bun. Tanda-tanda si kecil sudah memasuki usia tiga bulan biasanya diikuti dengan perkembangan ini, Bun.

Tetap Ada Standar Berat dan tinggi badan normal bayi usia 3 bulan

Saat si kecil memasuki usia tiga bulan, perkembangan bayi secara fisik tentu kelihatan berbeda bila dibandingkan ia saat baru dilahirkan. Nah, urusan standar berat badan, WHO memiliki standar tersendiri untuk bayi usia tiga bulan yaitu ayi laki-laki usia 3 bulan normalnya memiliki berat badan 5,1-7,9 kg dan tinggi badan 57,6-65,3 cm. Sementara bayi perempuan normalnya memiliki berat badan 4,6-7,4 kg dan tinggi badan 55,8-63,8 cm.

Ada Perubahan Besar dengan Kemampuan Motoriknya

Berkaitan dengan kemampuan motoriknya, bayi tiga bulan sudah dapat menegakkan kepala dan dadanya saat ditengkurapkan. Posisi ini menjadi awal dirinya dapat membalikkan badan sendiri. Pada usia ini, bayi 3 bulan umumnya dapat aktif bermain-main. Ia dapat menemukan mainan pertamanya dan bereksplorasi dengan tangannya sendiri semisal memainkan jari-jari, atau mengamatinya, bahkan menyatukan kedua tangannya bersama-sama. Bukan hanya itu, mereka bahkan dapat membuka tutup jari-jarinya serta memasukkannya ke mulut.

Setelah itu, koordinasi tangan dan matanya pun kian berkembang. Umumnya, bayi tiga bulan dapat menendang lebih kencang karena sendi lutut dan panggulnya makin fleksibel. Kemampuan motoriknya kian bertambah dimana dia mulai dapat meraba dan merasakan berbagai permukaan kasar, halus, berbulu, atau berongga. Dia juga mulai dapat menggenggam benda. Pada saat inilah kita bisa memberikan berbagai macam mainan seperti kerincingan ringan, cincin plastik atau karet, mainan dengan bunyi mencicit, atau boneka lembut.

Bayi pun Mulai Dapat Mengenali Orang Terdekatnya

Pada usia 3 bulan, si kecil akan lebih sering membagi senyumnya pada orang-orang yang ia temui. Bahkan mereka akan mengenali suara orang terdekatnya. Karenanya, pasti akan ada momen saat Bunda mengajaknya berbicaara, ia biasanya akan merespon dengan memberikan senyuman. Bun, teruslah mengajak bayi berbicara dengan menjelaskan benda-benda yang ada disekitarnya atau tentang menceritakan siapa saja orang yang ada di rumah. Penelitian menunjukan orangtua yang sering berbicara dengan bayinya akan meningkatkan IQ saat ia besar.

Aspek Kognitifnya Juga Semakin Berkembang Lho Bun

Saat bayi sudah memahami mana keluarga terdekatnya dan mana orang lain, maka ia pun tak segan membagikan senyumnya kepada orang-orang yang ada di sekitarnya. Menariknya, bayi biasanya mulai bisa memilih orang yang disukainya. Kini, ia bahkan mulai menyukai aktivitas yang melibatkan interaksi, menikmati pijatan lembut dari tangan Bundanya, atau bahkan berinteraksi dengan bayi lainnya. Di usia tiga bulan, umumnya mereka pun akan memilih mainan yang berwarna terang dan memiliki suara.

Aktivitas Tidurnya Juga Semakin Panjang

Lantaran perkembangan otaknya, biasanya pola tidur bayi tiga bulan akan lebih lama di malam hari. Ya, mereka akan tidur sekitar 6-8 jam meski ia masih suka terbangun sebentar untuk menyusu dan kemudian lebih lama terjaga di pagi atau siang hari sekitar 2-4 jam. Nah, karena aktivitas tersebut, bayi berusia tiga bulan membutuhkan 170-200 ml susu per hari. Frekuensi menyusu ASI/susu formula bayi sekitar 7-8 kali dalam sehari. Pastikan nutrisi dalam kandungan ASI Bunda terpenuhi ya!

baca juga tahapan perkembangan bayi usia selanjutnya di perkembangan bayi 4 bulan

adorable-book-boy-1250722 adorable-book-boy-1250722
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Most Share

To Top