Parenting

Harus Waspada Ketika Buah Hati Anda Sedang Bermain di Dapur. 10 Langkah Ini Membuat Dapur Anda Aman Bagi si kecil

Seperti yang kita tahu dapur merupakan salah satu ruangan yang paling sering kita gunakan, tak hanya untuk memasak dan makan tetapi terkadang dapur menjadi tempat bermain bagi buah hati Anda. Rasa ingin tahu anak-anak yang begitu tinggi membuat Anda para orangtua harus waspada ketika buah hati Anda sedang bermain di dapur. Lalu bagaimana membuat dapur Anda menjadi lebih aman dan ramah untuk tempat bermain buah hati Anda?

sumber gambar: http://neverlostneverland.blogspot.com

sumber gambar: http://neverlostneverland.blogspot.com

Lakukanlah hal-hal berikut ini

1. Jauhkanlah anak-anak dari dapur.

Menjauhkan anak-anak dari dapur tentu adalah hal terbaik untuk menjaganya agar tetap aman. Jadi pastikan Anda selalu mengawasi si kecil ketika dia tengah berada di dapur. Namun bila Anda tak bisa mengawasi si kecil pada saat ia berada di dapur karena Anda harus memasak, maka tempatkanlah si kecil di ruangan lain seperti ruang tempat biasa dia bermain sehingga si kecil aman dari hal-hal yang tidak Anda inginkan.

2. Tempatkan Segala Macam Cairan-cairan Kimia Berbahaya Ditempat yang Terkunci Rapat dan Tinggi

Tempatkan detergen, obat nyamuk, cairan pembersih lantai dan segala macam cairan-cairan kimia berbahaya lainnya ditempat yang terkunci rapat dan tinggi sehingga anak Anda tak bisa menjangkaunya. Anne Altman, seorang konsultan properti ramah anak di Santa Rosa, California mengatakan “Child-safety locks (kunci pengaman khusus) sangatlah berguna agar dapur Anda ramah dan aman bagi si kecil, apalagi jika Anda memiliki bayi berusia 6 – 25 bulan di rumah”

3. Belilah produk-produk yang  sulit dibuka oleh anak-anak

Belilah produk-produk yang child-resistant caps yaitu produk yang sulit dibuka oleh anak-anak. Dengan membeli produk-produk tersebut, Anda mengurangi resiko si kecil agar tak memakan sembarangan produk atau makanan yang dia tak tahu benar apa fungsi dan kegunaannya bagi tubuh dia. Bayangkan bila anak Anda dengan mudah membuka sembarang vitamin atau obat di kotak P3k di dapur Anda, tentu hal ini cukup mengkhawatirkan bagi Anda. Namun ingatlah, walaupun semua produk-produk yang Anda beli sudah berlabel child-resistant tapi tak berarti Anda aman membiarkan si kecil berada didekat barang tersebut. Anda harus tetap mengunci dan menjauhkan barang-barang tersebut apalagi produk-produk tersebut tergolong produk-produk kimia berbahaya.

4. Selalu menempatkan produk-produk atau makanan dalam tempat aslinya

Hal ini mungkin terdengar sepele tetapi tak boleh diabaikan. Sebagai contoh, jangan pernah mengganti tempat cairan-cairan kimia berbahaya kedalam botol-botol tempat minum karena bisa jadi anak Anda terkecoh dan akan meminumnya.

5. Simpanlah pisau dan peralatan tajam lainnya

Seperti pisau blender atau pisau food processor di laci yang terkunci atau di laci yang tinggi sehingga tak terjangkau anak Anda. Jangan lupa pula, peralatan dapur seperti pengupas kentang, parutan dan perlengkapan kecil dapur yang tajam lainnya harus disimpan rapat, terkunci dan tak terjangkau oleh anak-anak juga karena hal tersebut sangat bisa melukai anak Anda.

6. Simpanlah Barang pecah belah ditempat yang tinggi

Seperti piring, gelas, mangkuk dan peralatan porselin Anda lainnya sebaiknya disimpan ditempat yang tinggi dan tak terjangkau anak-anak.

7. Jauhkan Semua barang-barang eletronik lainnya di dapur jauh dari jangkauan si kecil

Pindahkan pemanggang roti, alat pembuat kopi dan semua barang-barang eletronik lainnya di dapur jauh dari jangkauan si kecil, serta jangan lupa mencabut dan menyembunyikan kabel-kabel tersebut ketika Anda tak menggunakannya.

8. Jangan pernah menaruh makanan yang menyebabkan dia tersedak

Bila anak Anda masih berusia dibawah 1 tahun, jangan pernah menaruh makanan yang menyebabkan dia tersedak atau barang-barang kecil berbahaya yang menarik perhatiannya di bawah atau ditempat yang terjangkau olehnya. Makanan seperti anggur, kacang polong atau barang-barang kecil seperti balon, koin, kelereng atau lainnya bisa jadi sangat bahaya bagi si kecil bila dia memakannya,

9. Jangan pernah meninggalkan begitu saja piring, gelas, pisau atau minuman panas di atas meja makan

Jangan pernah meninggalkan begitu saja piring, gelas, pisau atau minuman panas di atas meja makan atau meja kitchen set karena hal tersebut sangatlah beresiko bagi anak Anda. Apalagi bila Anda menggunakan tatakan gelas atau taplak meja, anak-anak bisa saja menariknya dan bisa Anda bayangkan apa yang akan terjadi bila ada kopi panas atau pisau di atas meja tersebut, barang-barang itu akan menimpa anak Anda dan melukai dia.

10. Pastikan menggunakan tempat sampah yang tertutup di dapur Anda agar si kecil tak mengacak-acak tempat sampah Anda.

Pastikan juga Anda memisahkan sampah-sampah tajam seperti kaleng-kaleng soda, kaleng ikan, pecahan piring, atau sampah-sampah berbahaya lainnya seperti kantong bekas detergen atau bekas cairan pembersih lantai agar hal tersebut tak melukai anak Anda

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Most Share

To Top