Parenting

Hal yang Harus Orang Tua ketahui sebelum Mengajak Bayi Berenang

BAYI yang diajarkan berenang memiliki motorik yang lebih baik daripada yang tidak. Setelah Anda mengetahui manfaat ini, Anda bisa mulai menerapkannya pada buah hati.

Mengetahui kemampuan bayi

1. Para orangtua harus mengetahui, bayi berusia 6-18 bulan memiliki kemampuan dalam mengeksplorasi air dan merasa nyaman di dalamnya.

2. Melakukan gerakan dasar seperti menendang dan menarik.

3. Mengapung, mengubah arah, dan menyelam dengan bantuan orangtua.

Cara menyenangkan yang bisa Anda coba

1. Masuk ke dalam air dengan menggendong bayi Anda.

2. Membuat aba-aba dengan mengucapkan, “satu, dua, tiga,” dan seterusnya agar bayi Anda tahu kapan harus mulai bergerak.

3. Menyanyikan lagu-lagu riang. Mengiringi gerakan dengan melodi akan membantu bayi Anda mengingat apa yang harus ia lakukan.

Hal yang perlu diingat

1. Cara lain untuk mengajarkan bayi berenang adalah dengan mengikuti kelas renang. Connie Harvey, seorang Aquatics Expert dari American Red Cross berpendapat, Anda bisa mulai mengikuti kelas renang ketika bayi Anda berusia enam bulan.

2. Kelas renang sebaiknya tidak terdiri dari lebih 15 pasang bayi dan orangtua.

3. Jangan lupa memakaikan popok khusus renang pada bayi Anda.
renang1

Berikut tips untuk anak sebelum berenang

1. Lakukan jika bayi sudah relaks dan senang air
2. Pilih kolam renang indoor, pada jam sepi dan saat air kolam paling bersih. Untuk pertama kali cukup 10-15 menit di air
3. Pergi bersama ibu dan bayi lainnya agar bayi Anda lebih relaks
4. Pilih kolam renang anak. Kaki bayi bisa mencapai lantai kolam
5. Pakai pelampung model ban yang menahan tubuh atau dilingkarkan di pergelangan tangan jika kaki bayi tidak menyentuh dasar kolam. Selain pengaman, pelampung juga membantu bayi berlatih mengapung
6. Wajah bunda dekat dengan wajah bayi saat masuk ke air. Lakukan kontak mata saat masuk ke air
7. Ajak bayi “berjalan” menyusuri pinggir kolam renang sambi memegang tangannya
8. Tengkurapkan bayi sambil menopang bawah perutnya. Buat posisinya horisontal di atas permukaan air. Biarkan kakinya menendang-nendang. Jaga kepalanya tetap di atas air
9. Baringkan bayi dengan kepala menghadap udara dan tangan bunda menopang punggungnya. Posisi tubuh horisontal. Istirahatkan kepalanya di bahu bunda
10. Dudukkan bayi di tepi kolam, bunda di air. Pegang tubuh bayi, nyanyikan lagu, misalnya “Cicak-cicak di Dinding” dan ketika lirik “Hap! lalu ditangkap”, masukkan bayi ke kolam. Lakukan berulang-ulang.
11. Taruh mulut bunda di bawah permukaan air, ajarkan bayi cara meniup gelembung. Ini dasar mengajarkan cara menghembuskan napas saat berenang. Untuk bayi kecil, ajarkan dengan cara meniup mainan karet yang mengambang di air.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Most Share

To Top