Dapatkan Artikel menarik dan mendalam langsung lewat SAYANGIANAK EXTRA di emailmu...

* indicates required
Kesehatan

Etika Menjenguk Bayi Baru Lahir yang Perlu Diketahui

Mother holding a baby while he opens his mouth

Ketika ada teman atau saudara yang baru melahirkan wajar jika kita ingin datang menjenguk untuk memberikan kado, mengucapkan selamat, dan tentu saja melihat bayi lucunya. Namun, sebelum tiba-tiba datang menjenguk, ada beberapa etika yang perlu diketahui. Apalagi sekarang wabah covid-19 belum tertangani, sehingga harus lebih hati-hati jika bertemu orang lain. Daya tahan tubuh bayi masih lemah, sehingga rentan tertular penyakit.

Berikut beberapa hal yang perlu dipahami ketika berencana menjenguk bayi baru lahir:

1. Kabari dan buat janji dulu sebelum datang menjenguk

Keinginan untuk memberikan kejutan dengan tiba-tiba datang sebaiknya ditunda dulu. Sebaiknya beri kabar dulu sebelum berkunjung. Setelah melahirkan pasti rasanya lelah karena ada kesibukan merawat si kecil. Jangan sampai kedatangan kita justru mengganggu waktu istirahat ibu, jadi tanyakan kapan bisa dikunjungi.

2. Jangan datang ketika sedang sakit

Daya tahan tubuh bayi masih lemah, sehingga hindari mengunjungi bayi dalam keadaan sakit karena justru bisa menularkan ke bayi. Jadi, batalkan rencana menjenguk saat sedang sakit dan tunda dulu sampai benar-benar sembuh.

3. Jika ingin menggendong bayi minta izin dulu

Melihat bayi yang menggemaskan pasti rasanya ingin memegang dan menggendong. Tapi, minta izin dulu ya kepada orang tuanya. Jika orang tuanya sudah mengizinkan, jangan lupa untuk mencuci tangan dulu sebelum memegang dan menggendong bayi. Segera kembalikan bayi ke ibunya jika menangis.

4. Jangan asal menyentuh dan mencium bayi

Kita tidak tahu apakah tubuh kita benar-benar bersih atau tidak, bisa saja saat di perjalanan ada kuman yang menempel di pakaian dan badan. Oleh karena itu, hindari menyentuh dan mencium bayi karena bayi masih sangat rentan terkena infeksi.

Di era new normal seperti sekarang ada hal lain yang perlu dijaga. Sebaiknya tidak perlu menjenguk bayi secara langsung, jika ingin memberi kado bisa dikirim saja dan memberi ucapan melalui telepon atau mengirim pesan. Namun, jika ada hal penting sehingga harus datang, maka selalu pakai masker, jaga jarak minimal 2 meter, cuci tangan dulu ketika baru datang, dan jangan datang beramai-ramai.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Most Share

To Top