Parenting

8 Hal yang Bisa Diajarkan Agar Anak Memiliki Sopan Santun

mengajarkan anak sopan santun

Indonesia terkenal dengan warganya yang ramah dan sopan. Keramahan dan kesopanan ini tentu bukanlah hal yang sudah ada dalam diri seseorang, akan tetapi perlu ditanamkan sejak kecil.

Sayangnya keramahan dan kesopanan ini mulai agak luntur. Sering terlihat warga yang apatis, kurang peduli pada orang di sekitarnya. Ketika lewat di hadapan orang lain, kebiasaan mengucapkan permisi juga mulai ditinggalkan.

Contoh lain, adanya kabar di media massa tentang anak yang membunuh orang tua. Ada pula anak membangkang, bahkan berbicara dengan suara keras dan tidak menghargai orang tuanya.

Miris ya, Bun. Nah, agar anak-anak tumbuh sebagai pribadi yang ramah dan sopan, tentu harus ditumbuhkan sejak dini. Berikut ini cara-cara yang bisa dilakukan untuk menanamkan sopan santun kepada anak.

1. Ucapkan Maaf Ketika Berbuat Kesalahan 

Berbuat kesalahan itu lumrah dilakukan oleh siapa pun. Namun, tidak semua orang mampu mengucap maaf dan menyesali perbuatannya.

Untuk itu, kita perlu membiasakan si kecil meminta maaf pada siapapun jika melakukan kesalahan. Apabila anak dibiasakan meminta maaf dengan tulus sejak kecil, maka saat dewasa tidak akan ragu dan gengsi meminta maaf saat berbuat salah. 

2. Ucapkan Terima Kasih Jika Diberi Sesuatu 

Biasakan anak untuk mengucapkan terima kasih jika diberi sesuatu oleh orang lain. Ucapan terima kasih merupakan kata sederhana yang bisa membuat seseorang merasa dihargai. Dari sini anak bisa belajar bahwa menghargai orang lain bisa dilakukan melalui cara-cara sederhana.

3. Mengucapkan Permisi Ketika Lewat di Hadapan Orang Lain

Ketika lewat di hadapan orang lain ajarkanlah anak agar mengucapkan permisi. Ini merupakan kebiasaan sederhana yang mencerminkan perilaku sopan pada orang lain.

4. Katakan Maaf dan Tolong Ketika Meminta Bantuan

Biasakanlah anak mengucap kata maaf dan tolong saat meminta bantuan orang lain. Jangan lupa tanyakan juga kesediaan orang yang bersangkutan untuk membantu atau tidak. 

5. Berikan Senyuman atau Anggukan Jika Bertemu Orang yang Dikenal 

Senyum adalah sedekah. Kebiasaan memberikan senyum dan anggukan kepala bisa mulai ditanamkan pada anak yang beranjak besar, seperti anak yang sudah mulai masuk SD atau TK. 

6. Tidak Berbicara dengan Suara Keras 

Terkadang pengaruh lingkungan membuat anak berkata dengan suara keras, utamanya kepada orang tua. Untuk itu, kita harus terus menerus mengingatkan bahwa hal itu tidak baik.

Lalu bagaimana jika anak tetap berbicara keras, apalagi ketika marah? Saat seperti ini, kitalah yang harus melunak, Bunda. Children see, children do. Anak akan mencontoh perilaku orang tuanya, sehingga lama-lama dia akan lebih lembut saat bicara.

7. Tidak Menyela Pembicaraan Orang Lain

Terkadang karena rasa ingin tahu yang tinggi, seorang anak suka menyela pembicaraan orang lain. Bila si kecil melakukan hal ini, kita juga harus sering mengingatkannya bahwa menyela pembicaraan orang lain itu tidak sopan.

Alih-alih menyela, anak diminta untuk menunggu hingga orang lain selesai berbicara. Apabila ada hal mendesak yang ingin disampaikan, anak bisa minta izin terlebih dahulu pada orang yang bersangkutan untuk menyela pembicaraan. 

8. Berbicara dengan Bahasa yang Baik dan Sopan 

Lingkungan sangat berpengaruh pada penguasaan bahasa seorang anak. Apabila ia berada di lingkungan yang bahasanya kurang baik, biasanya ia juga akan terpengaruh. Oleh karena itu kita sebagai orang tua harus bisa membimbing dan memberi contoh.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menanamkan sopan santun pada anak. Jangan lupa ya, Bunda, kita pun harus terus memberikan contoh. Bagaimanapun, orang tua adalah contoh nyata yang menjadi teladan bagi si kecil.

Narasumber: Rumba123

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Kesehatan

Bantu Kuatkan Imun Tubuh, Hemaviton Luncurkan Hemaviton Action TOTAL CARE IMUNUP

Tahun kedua, pandemi COVID-19 belum menunjukan tanda akan berakhir dalam waktu dekat. Terlebih kehadiran berbagai varian baru COVID-19 di Indonesia yang dianggap lebih mudah menular membuat  berbagai kebijakan seperti penerapan protokol kesehatan hingga realisasi program vaksinasi semakin diperkuat. Meski begitu, masih banyak aktivitas dan rutinitas yang harus dijalankan di era new normal dengan tetap memperhatikan tingkat imun tubuh. Memahami kebutuhan tersebut, hemaviton meluncurkan hemaviton Action TOTAL CARE IMUNUP yang dapat memperkuat imun tubuh serta membantu menjaga stamina dan kesegaran  untuk  mendukung gaya hidup masyarakat Indonesia yang aktif dan sehat dalam situasi dan kondisi apapun, termasuk saat pandemi.

Diana Theodora selaku Senior Head of Brand Communication & Content Strategy hemaviton menjelaskan berbekal semangat #ImunUPSiapAction, hemaviton meluncurkan hemaviton Action TOTAL CARE IMUNUP yang merupakan perpaduan menyeluruh untuk mendukung daya tahan atau imunitas, stamina serta kesegaran tubuh, sehingga memberikan 3 Action Benefit yang bermanfaat bagi masyarakat. “Hadirnya produk hemaviton Action yang dilengkapi formula TOTAL CARE IMUNUP ini menjadi solusi praktis, karena mengandung komposisi Buffered Vitamin C, Vitamin D3 dan Zinc yang saat ini memang sangat dibutuhkan untuk memperkuat imunitas tubuh khususnya di masa pandemi yang tidak menentu, selain benefit menjaga stamina dan kesegaran,” jelas Diana.

Menjalani aktivitas dan rutinitas di masa pandemi tentu berbeda dengan sebelumnya. Selain harus menerapkan protokol kesehatan yang berlaku, kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga daya tahan tubuh pun harus semakin ditingkatkan. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan hemaviton melalui media sosial kepada ribuan followersnya selaku responden menyatakan bahwa 83% telah menyadari pentingnya menjaga imun tubuh dan 75% mengatakan masih terus aktif di masa pandemi.

Menanggapi tentang pentingnya menjaga daya tahan tubuh dalamberaktivitas selama pandemi, dr. Tities Anggraeni Indra, Sp.PD. selaku dokter Spesialis Penyakit Dalam mengatakan bahwa selain melakukan pola hidup sehat dan juga istirahat yang cukup, tentunya kebutuhan vitamin dan mineral harus terpenuhi agar tetap fit serta terhindar dari berbagai macam penyakit. “Ada tiga macam vitamin yang menjadi kebutuhan utama di masa pandemi ini, yaitu Vitamin C, Vitamin D3, dan Zinc. Dengan mengkonsumsi multivitamin tersebut secara rutin dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan imunitas tubuh sehingga dapat tetap melakukan aktivitas dan menurunkan resiko terinfeksi COVID-19 serta virus lainnya,” terang Tities.

hemaviton Action TOTAL CARE IMUNUP mengandung Buffered Vitamin C 500 mg, Vitamin D3, dan Zinc yang bekerja secara sinergis dalam perlindungan berbagai lapisan tubuh guna menjaga imunitas. Kandungan Buffered Vitamin C tersebut merupakan kombinasi dari Ascorbic Acid dan Sodium Ascorbate yang bersifat Less Acidic atau lebih tidak asam sehingga lebih nyaman untuk lambung. 

hemaviton Action TOTAL CARE IMUNUP juga diperkaya dengan Ginseng extract dan Vitamin B Kompleks yang berfungsi untuk meningkatkan stamina serta membantu mengatasi kelelahan fisik dan mental. Dalam membantu proses pembentukan energi, produk ini mengandung Guaranine untuk membantu meningkatkan kesegaran tubuh. hemaviton Action TOTAL CARE IMUNUP juga telah mendapatkan sertifikasi Halal oleh MUI sehingga aman dan nyaman dikonsumsi oleh seluruh masyarakat.

Beragam kelebihan hemaviton Action TOTAL CARE IMUNUP yang diyakini dapat memberikan banyak manfaat untuk masyarakat membuat Chicco Jerikho dan Putri Marino bersemangat dan bangga untuk bergabung dengan keluarga besar hemaviton Action TOTAL CARE IMUNUP sebagai Brand Ambassador. Menanggapi akan pentingnya menjaga imunitas tubuh di masa pandemi, Chicco Jerikho pun menyatakan bahwa dirinya bersama Putri Marino yang berkecimpung di dunia seni peran merasa di masa pandemi ini selalu dituntut untuk terus aktif dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Agar kondisi tubuh selalu prima, selain mengkonsumsi makanan bergizi dan berolahraga, dukungan multivitamin yang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang lengkap juga sangat penting. “hemaviton Action TOTAL CARE IMUNUP ini merupakan multivitamin yang lengkap untuk dikonsumsi harian bila perlu. Selain dapat memelihara daya tahan tubuh, dengan adanya Ginseng extract, Guaranine, dan Vitamin B Kompleks mampu membantu menghasilkan energi yang dibutuhkan untuk menjalankan aktivitas saya dan Putri Marino sehari-hari,” jelas Chicco.

Produk hemaviton Action TOTAL CARE IMUNUP telah tersedia di minimarket dan gerai farmasi di seluruh Indonesia serta dapat dibeli secara online melalui Tempo Scan Home Delivery Service serta kanal e-Commerce Official Tempo Store lainya. di Tokopedia, Blibli, Lazada dan Shopee. hemaviton Action TOTAL CARE IMUNUP hadir dalam beragam kemasan mulai dari kemasan sleeve berisi 5 kapsul yang praktis, kemasan boks berisi 10 strip, serta kemasan botol berisi 30 kapsul, dengan harga yang terjangkau. 

Selain hemaviton Action TOTAL CARE IMUNUP, hemaviton juga memiliki lini produk lainnya seperti hemaviton C1000, hemaviton Stamina Plus, hemaviton Cardio, hemaviton JointCare MAX, hemaviton Neuro Forte, hemaviton Jreng, serta hemaviton Energy Drink yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan gaya hidup masyarakat Indonesia.

Sebagai bagian dari PT Tempo Scan Pacific, Tbk., hemaviton senantiasa mendukung misi perusahaan untuk dapat terus menghadirkan produk berkualitas dengan inovasi yang berkesinambungan. “Hadirnya produk hemaviton Action dengan formula baru TOTAL CARE IMUNUP merupakan wujud komitmen perusahaan yang telah dibangun sejak tahun 1977 untuk terus melakukan inovasi di semua lini kategori produk kesehatan. Kami berharap hemaviton Action TOTAL CARE IMUNUP dapat diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia dan dapat terus menemani aktivitas dan rutinitas di masa pandemi. #ImunUPSiapAction!” tutup Diana.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Parenting

Buku Saku #BundaBangga dari Dancow dan KPPPA, Bantu Bunda Membentuk Karakter Anak

Rasanya, kita semua pasti setuju kan Bun, jika setiap orang tua pasti ingin memberikan nutrisi, stimulasi dan lingkungan penuh cinta terbaik untuk tumbuh kembang Si Buah Hati. Terlebih pada saat pandemi seperti ini, kita memiliki peranan penting dalam memastikan tumbuh kembang Si Buah Hati di rumah. Nah, memahami hal ini, Nestlé DANCOW Nutritods mendukung para orang tua anak usia Toddler dan Prasekolah dengan memperkenalkan kampanye Bunda Bangga. Sekaligus jadi gerakan dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional 2021 serta melaksanakan arahan presiden dalam peningkatan peran Bunda dan keluarga dalam pendidikan anak. Dalam kesempatan ini, Nestlé DANCOW Nutritods bekerja sama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (Kementerian PPPA) dalam menyusun Buku Saku #BundaBangga serta memberikan edukasi dan sosialisasi manfaat Bunda Bangga kepada lebih banyak keluarga di Indonesia.

Pada acara prescon yang dilakukan secara virtual pada hari Rabu, 21 Juli 2021 kemarin, Pritha selaku VP Category Marketing Manager Nestlé Dancow Susu Pertumbuhan mengatakan, “Nestlé DANCOW Nutritods berkomitmen untuk menjadi mitra terpercaya para Bunda dan Ayah guna bantu lindungi langkah eksplorasi Buah Hati mereka. Kampanye Bunda Bangga ditujukan untuk mendukung orang tua dalam memberikan apresiasi atas usaha dan pencapaian Si Buah Hati. Kami percaya bahwa kerjasama dengan Kementerian PPPA dalam peluncuran Buku Saku #BundaBangga guna membantu para orang tua untuk dapat memantau optimalisasi 5 dimensi tumbuh kembang Si Buah Hati dan memberikan inspirasi nutrisi, stimulasi dan pola asuh dari Nutritods Council Expert.”

Hal penting yang juga perlu Bunda tahu dari gerakan ini, Kampanye Bunda Bangga bermanfaat baik bagi Si Buah Hati maupun kita sebagai orangtua. Bagi Buah Hati, apresiasi orang tua akan mendukung pengembangan rasa harga diri positif, pantang menyerah, konsentrasi, kerjasama, bahagia, serta percaya diri untuk terus bereksplorasi dan meraih tumbuh kembang optimal guna membentuk Karakter Anak Unggul Indonesia. Sementara bagi Bunda & Ayah, rasa bangga dan apresiasi meningkatkan kepekaan akan kebutuhan tumbuh kembang Si Buah Hati, membangun kualitas interaksi yang lebih positif, serta meningkatkan rasa percaya diri bahwa dirinya mampu untuk terus mendampingi Si Buah Hati di setiap tahap tumbuh kembangnya.​

Masih di acara yang sama, Rohika Kurniadi Sari, S.H. M.Si., Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak atas Pengasuhan dan Lingkungan Kementerian PPPA mengatakan “Menyambut Hari Anak Nasional 2021, Kementerian PPPA mengusung tema Anak Terlindungi, Indonesia Maju. Melalui tema ini Kementerian PPPA senantiasa berkomitmen dalam perlindungan dan pemenuhan hak anak. Kami percaya bahwa apresiasi orang tua memiliki peranan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak di rumah sedari dini. Kami menyambut inisiasi kampanye Bunda Bangga dari Nestlé DANCOW Nutritods sebagai salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh orang tua dalam memberikan lingkungan terbaik bagi anak untuk berkembang dan bereksplorasi.”

Nah, buat yang sudah penasaran tentang Buku Saku #BundaBangga, Buku Saku ini dapat diakses secara GRATIS melalui website resmi Nestlé DANCOW Nutritods https://www.dancow.co.id/dpc/bukusakubundabangga.

Buku ini berisi panduan nutrisi yang memenuhi kebutuhan si kecil selama masa pertumbuhan. Selain itu, terdapat juga insiprasi beberapa kegiatan yang bisa dilakukan bersama sang buah hati supaya mampu mendukung proses perkembangan diri tidak hanya dari fisik tetapi juga dari sisi mental dan jiwa ke arah yang lebih baik. Jadi, selain berfungsi untuk menghasilkan anak Indonesia yang unggul, buku saku ini akan jadi salah satu alat yang membantu bunda dan ayah untuk mendapatkan inspirasi jika mengalami kebingungan terkait pola asuh yang baik untuk anak.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Lifestyle

Bawaan Hamil Bayi Perempuan dan Laki-Laki

Menjelang trimester kedua bunda pasti sudah tidak sabar menantikan informasi dari dokter mengenai jenis kelamin dari bayi. Namun banyak juga orang yang lebih memilih tebak-tebak buah manggis, Jadi hanya menebak lewat bawaan hamil bayi perempuan atau lelaki saja, tidak melakukan tes ke dokter.

5  Tanda Bawaan Hamil Bayi Perempuan

Bawaan hamil bayi perempuan dipercaya punya tanda atau ciri khusus serta berbeda dengan laki-laki. Hal ini tentunya bisa dirasakan oleh bunda. Apalagi sekarang ini sudah banyak juga informasi beredar mengenai tanda jika sedang hamil bayi perempuan. Lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini.

1. Posisi Bayi Terasa pada Pusat Perut 

Banyak orang beranggapan jika hamil anak perempuan maka bentuk perut dari bunda akan terlihat meninggi juga lebar. Namun ternyata anggapan tersebut hanyalah mitos belaka. Justru posisi si kecil yang dapat menjadi isyarat apakah jenis kelamin yang sedang dikandung dalam perut. 

Tanda-tanda jika Anda tengah hamil anak perempuan adalah posisi janin umumnya berada tepat pada sekitar pusat perut. Rasanya perut akan terasa padat di bagian tengah, ciri ini menjadi isyarat paling utama ketika sedang tebak-tebak jenis kelamin sebelum nantinya diperiksakan ke dokter.

2. Terkena Morning Sickness yang Lebih Buruk 

Tanda kedua bahwa bunda sedang mengandung anak perempuan adalah terkena morning sickness yang sangat buruk. Hal ini tentunya tantangan yang harus dilewati ketika sudah masuk trimester pertama, kondisi parah ini akan semakin bertambah dengan perubahan hormone yang berdampak ke emosional.

Indikasi bahwa morning sickness parah dan emosional yang berubah-ubah ternyata menjadi indikasi bahwa janin yang dikandung lebih condong kelamin perempuan. Namun tentu saja tebakan ini bisa saja salah karena biasanya orang hamil memang cenderung sensitif dan jadi sangat perasa.

3. Mulai Terjadi Permasalahan Kulit 

Bagi sebagian ibu hamil mungkin sudah pernah merasakan masalah satu ini.  Banyak orang berpendapat ternyata hamil anak perempuan memiliki tanda timbulnya permasalahan kulit. Pada kasus tertentu yang biasanya jadi glowing justru mulai timbul jerawat, kulit berminyak atau pecah-pecah.

Hal tersebut rupanya mengindikasikan jika bayi yang dikandung memiliki jenis kelamin perempuan. Namun tenang karena pada umumnya masalah tersebut akan hilang setelah proses persalinan berlangsung. Kebanyakan akan kembali ke kondisi seperti semula tanpa ada treatment khusus.

4. Ukuran Payudara yang Berbeda

Salah satu perubahan paling mudah dikenali adalah perubahan fisik yang menyebabkan kedua payudara punya ukuran berbeda. Ternyata ini juga menjadi indikasi bahwa Anda sedang mengandung bayi dengan jenis kelamin perempuan. Biasanya dada sebelah kiri mengalami pertumbuhan lebih cepat dan besar. 

Namun pertumbuhan ini tidaklah terlalu berbeda jauh sehingga mengakibatkan keduanya sangat berbeda. Tidak akan terlalu terlihat apalagi jika sudah memakai baju besar. Jadi tidak perlu terlalu risih juga dengan ciri perubahan fisik satu ini. Asalkan bayi sehat bukanlah masalah besar.

5. Terjadinya Perubahan Suasana Hati yang Terlalu Berlebihan 

Bunda juga akan merasakan adanya perubahan suasana hati yang terlalu berlebihan saat sedang mengandung bayi jenis kelamin perempuan. Teori ini memang tidak 100% mendukung, namun kebanyakan kasus hasilnya sama. Terlalu rewel, mudah menangis, sensitive adalah ciri-cirinya.

Hal ini tidak hanya soal perasaan emosional saja melainkan juga cara berpikir dan berperilaku. Bunda jadi lebih berpikir 2 kali bahkan lebih saat sedang menginginkan sesuatu bahkan bisa jadi overthinking. Oleh sebab itu para suami harus bersabar ketika istrinya mengalami tanda-tanda demikian adanya.

Tanda Pada Anak Laki-laki 

Jika di atas ada anak perempuan, maka di bawah ini disuguhkan pula beberapa tanda jika Anda sedang hamil buah hati berjenis kelamin laki-laki. Berikut ulasannya:

1. Muka Bersinar Tanpa Jerawat 

Dari sekian banyak mitos dan fakta ada satu pernyataan yang dianggap benar. Jika kulit wajah menjadi glowing bersinar tanpa jerawat tandanya bunda sedang mengandung anak laki-laki. Hal tersebut sudah banyak terbukti benar. Namun pada beberapa kasus bisa juga tidak nampak perubahan ini. 

Bisa jadi ibu hamil punya kebiasaan makan makanan tidak sehat, suka konsumsi yang berminyak, kurang minum air putih, juga tidak merawat kebersihan muka secara teratur. Hal tersebut tentu menjadi penyebab kulit wajah kusam dan cenderung berminyak walaupun sedang mengandung anak laki-laki.

2. Warna Urin Jadi Lebih Pekat 

Pernyataan kali ini ternyata hanyalah mitos belaka. Sebab pada kenyataannya warna urin bukanlah dipengaruhi oleh jenis kelamin saat mengandung. Melainkan ketidakseimbangan hormon juga kebiasaan minum air putih yang masih kurang. Sehingga mengakibatkan ibu hamil terkena dehidrasi.

Jenis kelamin perempuan atau laki-laki tidak akan mempengaruhi warna urin yang keluar. Jadi jangan percaya jika ada yang mengatakan demikian, sebab sudah terbukti hanya mitos belaka. Untuk lebih jelasnya bisa langsung tanyakan saja pada dokter agar tidak tebak-tebak buah manggis lagi.

3. Pertumbuhan Rambut Jadi Lebih Cepat 

Terakhir adalah pernyataan tentang pertumbuhan rambut jadi lebih cepat adalah pertanda jika bayi yang dikandung adalah laki-laki. Hal ini ternyata juga kurang tepat, karena menurut penelitian pertumbuhan rambut maupun kuku tidak bisa dijadikan patokan dalam menentukan jenis kelamin.

Pada umumnya wanita memang akan kehilangan rambut setidaknya 100 helai perhari dalam keadaan normal, dan bisa jadi lebih banyak ketika sedang hamil. Oleh karena itu pertumbuhan rambut tidak berpengaruh banyak dalam menentukan jenis kelamin dari janin dalam rahim.

Menentukan jenis kelamin bayi saat ini memang tidak bisa hanya tebak-tebakan saja. Lebih akurat lagi jika menyerahkannya langsung pada dokter. Namun apapun jenis kelaminnya tentu saja harus disyukuri, dijaga dengan sepenuh hati sampai tiba proses persalinan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Most Share

To Top