Lifestyle

Bunda, Inilah Tips Menghabiskan Waktu di Rumah Aja Bersama Anak

child-drawing-with-crayons-with-her-mom-at-home_1301-6422

Sebagian besar ketika waktu libyuran tiba akan mengajak anak-anaknya untuk berlibur di luar kota. Atau hanya bermain di tempat-tempat disekitar yang bisa dikunjungi. Namun tidak semua orang tua bisa seperti itu, karena pekerjaan yang tidak memungkinkan untuk ditinggalkan dalam kurun waktu yang lama. Seperti, anak libur sekolah tetapi orang tua bekerja hanya libur hari sabtu dan minggu, atau ada pula yang minggu saja. Keadaan itulah yang terkadang membuat anak harus menghabiskan liburan hanya di rumah saja. Tentu membuat terkadang anak merasa bosan dan rewelingin berlibur di luar kota. Tentu tidak semua orang tua akan memenuhinya, sebagai solusi yang tepat menghabiskan liburan di rumah dengan suasana yang menyenangkan. Bagaimana tipsnya? Dalam artikel ini penulisakan membahas tentang tips berlibur di rumah tanpa ada rasa bosan.

Tips menghabiskan liburan di rumah dengan menyenangkan

Jika anda termasuk orang tua yang perhatian dan sayang terhadap anak pasti tidak tega jika membiarkan si kecil menghabiskan liburan di rumah hanya dengan kegiatan atau aktifitas yang sama seperti biasanya. Tentu anda ingin memberikan yang terbaik buat sang buah hati bukan? Nah di bawah ini bisa menjadi solusi tepat untuk anda sebagai orang tua yang ingin memanjakan si kecil.

  1. Ciptakan suasana tropis

Anda pastinya tahu bahwa bulan juni adalah bulan yang identik dengan cuaca hangat, tidak heran jika pantai dan area tropis lainnya menjadi tujuan utama berlibur. Hadirkan suasana tropis di rumah anda. Misalnya: ubahlah dekorasi ruang makan dengan menggunakan meja kayu panjang. Atau gantilah taplak meja dengan motif tropis,seperti: pohon kepala atau bunga cerah. Tambahkan dengan bunga segar yang hanya ada di daerah iklim tropis,misalnya kembangsepatu atau bunga kamboja.

  1. Perbanyaklah kegiatan di halaman

Supaya anak tidak merasa bosan, maka perbanyaklah kegiatan di luar rumah, misalnya bermain bola di halaman atau mengajaknya berkebun. Maka anak pun boleh tidur siang di halaman rumah, misalnya dengan memasang hammock di teras atau menggelar karpet atau alas duduk di halaman rumah serta gazebo. Jangan lupa untuk mengoleskan losion anti nyamuk dan seranga, agar anak bisa tidur dengan nyenyak.

  1. Memasak di luar rumah

Sesekali jangan menyajikan nasi putih yang sudah lengkap dengan lauk pauknya sebagai makanan harian. Belum tentu makanan tersebut memiliki nutrisi yang seimbang untuk anak. Tetapi sajikan makanan yang biasa dinikmati pada saat liburan, misalnya spageti dengan saus bolognese, bola-bola daging, atau bisa juga salat dan sandwich buatan sendiri. Sebagai penyegar nikmati jus buatan sendiri, rujak, buah segar, dan sorbet sebagai pencuci mulutnya. Makanlah di luar rumah dengan piring rotan yanyang dialasi dengan daun jati atau pisang. Pasti anak tidak akan merasa bosan liburan hanya di rumah saja.

  1. Tidur di ruang terbuka

Tidak perlu anda mengajak anak pergi kemah ke pegunungan, tetapi cukup lakukan saja kegiatan tersebut di belakang rumah anda. Lakukan kegiatan ini seperti tengah berada di alam bebas, makan di depan kemah, mendongeng tidur didalam kemah. Halaman anda tidak terlalu luas? Pindahkan kemah anda ke ruang TV anda, sama serunyakok bun. Gunakan lampu temaram untuk penerangan lampu kemah.

  1. Membersihkan kolam ikan

Kegiatan yang berhubungan dengan air selalu disukai oleh anak-anak bahkan orang dewasa. Ketika libur telah tiba, saatnya anda untuk memperhatikan kolam ikananda. Ajaklah anak-anak ikut menguras kolam. Setelah itu anda bisa memandikannya di halaman.

Itulah tadi bunda, tips menghabiskan liburan sekolah bersama anak di rumah. Sangat seru bukan? Dijamin deh anak tidak akan bosan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Most Share

To Top