Parenting

Bunda Harus Pahami Perkembangan Bayi 7 Bulan

Perkembangan Bayi 7 Bulan

Memasuki usia 7 bulan, Bunda pasti akan semakin terkejut dengan tingkah laku si kecil. Semakin banyak gerakan yang ia lakukan. Ya Bun, bayi usia tujuh bulan mulai belajar mengendalikan lingkungan dan menemukan bahwa hal tersebut sangat menyenangkan untuk dilakukan. Ia akan mengambil mainan favoritnya bahkan merangkak dari satu tempat ke tempat lainnya.

Di usianya ini, ia pun semakin mandiri dan kepribadiannya kian terbentuk. Selama bulan ini dan bulan-bulan berikutnya, bunda akan mendapatkan banyak kesempatan untuk terus mendorong mobilitas, kreativitas dan keingintahuan si kecil, tentunya dengan cara yang aman.

Ia Semakin Aktif Bergerak

Si kecil tak hanya akan diam di tempat tidur saja lho Bun. Ia pun mulai aktif berkeliling ruangan dengan caranya sendiri. Ia bisa saja sudah dapat merayap, berguling, atau bahkan merangkak untuk bisa meraih benda yang ingin dijangkaunya. Ia juga mulai belajar menggunakan tangannya untuk memgang mainan. Mulai dari memegang sendok, kendati belum bisa menyuapkan makanan dengan sempurna ke mulutnya. Ini merupakan langkah awal dari tahap perkembangan kontrol motorik halus di dirinya, Bun.

Mulai Tumbuh Gigi

Sebagian besar bayi mulai tumbuh gigi pada usia sekitar enam bulan, meskipun bisa saja mulai tumbuh secepat-cepatnya di usia bayi tiga bulan atau usia bayi empat bulan, atau selambat-lambatnya dua belas bulan atau lebih. Si kecil akan lebih rewel dari biasanya lantaran ia sedang menyesuaikan diri dengan kemunculan gigi barunya. Begitu bebrapa gigi mulai muncul, Bunda harus mulai merawat gigi si kecil dengan cara membersihkan gigi-gigi tersebut ya Bun.

Di lain sisi, jangan terlalu khawatir bila bayi di usia tujuh bulan namun belum tumbuh gigi. Pola pertumbuhan gigi susu bisa sangat bervariasi dari satu anak ke anak lainnya. Ada bayi yang bahkan dilahirkan dengan gigi, sedangkan bayi lainnya masih belum mulai tumbuh gigi hingga berusia lebih dari satu tahun.

Komunikasinya Semakin Lancar

Tak hanya berkomunikasi secara nonverbal seperti sebelumnya, si kecil justru dapat mengoceh dengan kata-kata yang lebih variatif. Ia juga makin mahir menunjukkan berbagai macam ekspresi menggemaskan, mulai dari tersenyum lebar sampai muka cemberut. Di lain sisi, ia pun kian peka terhadap rangsangan dan mengenal perbedaan-perbedaan yang ditunjukkan orang dewasa di sekitarnya seperti nada suara dan ekspresi wajah. Karenanya, jika sewaktu-waktu Bunda bersuara tinggi, si kecil bisa saja meresponsnya dengan tangisan.

Ingatan Si Kecil Pun Kian Berkembang

Bun, di usia 7 bulan ini, si kecil mulai paham tentang konsep objek permanen. Ia pun perlahan mengerti bahwa saat Bundanya mengajaknya bermain cilukba, si kecil tidak akan menangis. Ia tahu kalau Bunda memang bersembunyi dan tidak benar-benar menghilang. Ia juga mulai suka memainkan hal yang berulang-ulang, seperti menjatuhkan permainannya berulang kali saat Bunda mengambilkannya berkali-kali juga. Permainan mengulang ini merupakan caranya belajar mengenal dunia, Bun.

Perhatikan Juga Kondisi Berat Badannya ya Bun

Bun, di usia tujuh bulan, Bunda perlu tahu berat badan ideal untuk bayi seusianya. Berat badan normal bayi tujuh bulan berbeda antara bayi laki-laki dan perempuan. Berat badan bayi 7 bulan dengan jenis kelamin laki-laki idealnya adalah antara 6,7 hingga 9,2 kg, sedangkan berat bayi 7 bulan dengan jenis kelamin perempuan adalah antara 6 hingga 9,2 kg.

Jika berat badan bayi sangat kurang (kurang dari 5,9 kg untuk bayi laki-laki dan kurang dari 5,3 kg untuk bayi perempuan), bayi harus segera mendapatkan penanganan dari dokter karena ada kemungkinan besar bayi mengalami masalah gizi buruk yang akan mempengaruhi tumbuh kembang bayi tujuh bulan. Dan sebaliknya, konsultasikan juga dengan dokter anak jika bayi mengalami gejala obesitas di mana berat bayi tujuh bulan berlebih (lebih dari 11,4 kg untuk bayi laki-laki dan lebih dari 11,1 kg untuk bayi perempuan).

baca juga tahapan perkembangan bayi usia selanjutnya di perkembangan bayi 8 bulan

adorable-book-boy-1250722 adorable-book-boy-1250722
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Most Share

To Top