Parenting

Bun, Sebelum Mengizinkan Si Kecil Memakai Make Up, Pikirkan Dulu Tiga Hal Ini

anak bicara

Bun, pernah menemukan lipstik kesayangan patah atau beberapa pan eye shadow pecah lantaran digunakan oleh si kecil? Tenang, hampir setiap yang memiliki anak perempuan mengalaminya kok. Yup, setiap anak gemar meniru apa yang dilakukan  oleh orangtuanya, termasuk memperhatikan serta meniru gaya berdandan Bundanya.

Kendati sekian banyak brand make up yang memang aman untuk digunakan oleh anak-anak dan remaja, tapi Bun hati-hati lho dalam memberikan izin kepada anak untuk menggunakan make up. Sebab ada beberapa efek negatifnya nih Bun.

Iritasi

Tak semua jenis produk kecantikan cocok untuk kulit balita. Reaksi ketidakcocokan biasanya ditandai dengan kulit wajah yang memerah, mengelupas hingga berjerawat. Ini disebabkan lantaran bahan kimia yang terkandung dalam kebanyakan produk kecantikan. Jadi kebayang dong Bun, bagaimana reaksinya pada kulit wajah anak yang masih sensitif? Karenanya, lebih berhati-hati lagi ya Bun dalam mengizinkan si kecil. Terutama untuk pemakaian foundation dan base make up lainnya yang menyebabkan alergi dan masalah kulit. Produk makeup paling aman yang bisa digunakan oleh anak diantaranya bedak dan lip balmatau lip gloss.

Penuaan Dini

Memakai makeup juga berpotensi mempercepat penuaan dini pada anak lho Bun. Sebab, lapisan makeup pada kulit menutup pori-pori dan membuat kulit sulit bernafas. Hal ini menyebabkan sulitnya pembentukan sel kulit baru sehingga kulit lebih cepat mengalami penuaan. Selain itu, lapisan makeup yang terserap pada kulit juga dapat merusak kelembaban sehingga kulit terasa kasar.

Menurunkan Rasa Percaya Dirinya

Bun, kalau si kecil terbiasa memakai make up dari kecil, hal itu justru berpotensi menurunkan rasa percaya diri anak. Anak akan menganggap dirinya terlihat lebih cantik saat menggunakan makeup dan sebaliknya, merasa ada yang kurang atau tidak percaya diri saat tidak menggunakannya.

Jika ini terjadi pada anak Bunda, yakinkan dia bahwa ia memiliki kecantikan alami yang perlu ia banggakan. Tekankan bahwa makeup digunakan untuk menutupi masalah kulit dan kekurangan lainnya pada wajah. Sedangkan anak-anak dan remaja masih memiliki kulit yang mulus tanpa noda.

 

adorable-book-boy-1250722 adorable-book-boy-1250722
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Most Share

To Top