Parenting

Buah Hati Anda Menujukan Kebiasaan Tidur Mendengkur, Anda harus Khawatir. Simak Kebiasaan Tidur si Buah Hati yang Perlu Anda Waspadai

Banyak orangtua pastilah setuju bahwa kebiasaan tidur anak yang normal adalah tidur tenang tanpa terdengar suara dengkuran. Namun tahukah Anda terkadang anak-anak memiliki kebiasaan tidur yang sangat unik dan mungkin terlihat aneh bagi Anda para orangtua, tapi tak usah khawatir, hal tersebut normal kok. Tetapi bila buah hati Anda menunjukan kebiasaan tidur seperti dibawah ini, Anda harus mulai khawatir dan berhati-hati.

anaksusahtidur

Berikut adalah kebiasaan tidur si kecil yang perlu Anda diwaspadai:

1. Si kecil terdengar mendengkur, mendengus dan bernapas melalui mulut

Apabila Anda mendengar si kecil mendengkur, mendengus ataupun terlihat bernapas melalui mulutnya, konsultasikanlah segera hal tersebut kepada dokter Anda untuk segera mengetahui penyebab pasti kebiasaannya tersebut.

Sebenarnya dengkuran sangat biasa terjadi ketika tidur dan hal itu bukanlah hal yang harus dikhawatirkan, apalagi ketika si kecil sedang mengalami flu atau hidung tersumbat karena pilek maupun alergi. Hal tersebut lumrah terjadi, tetapi Anda tetap harus waspada. Pasalnya kebiasaan si kecil yang mendengkur ketika tidur, bisa jadi merupakan gejala sleep apnea.

Sleep apnea merupakan salah satu masalah tidur yang ditandai dengan terdengarnya dengkuran keras pada saat tidur yang terhenti pada saat si kecil mengambil nafas, selain itu sleepp apnea pun ditandai dengan kesulitan bernafas pada saat tidur. Bila Anda menemukan tanda-tanda tersebut pada si kecil, segeralah bawa dia ke dokter agar ia segera mendapatkan pertolongan.

Bila si kecil mengalami sleep apnea sudah pasti dia tak mendapatkan tidur yang berkualitas, padahal kita semua tahu bahwa tidur yang berkualitas sangatlah penting bagi anak-anak agar mereka dapat bertumbuh kembang dengan baik. Anak yang menderita sleep apnea ini biasanya akan memiliki perilaku yang cepat marah dan mudah sekali tersinggung.

2. Berkeringat

Berkeringat sebenarnya hal yang wajar terjadi pada saat tidur. Hal ini bisa terjadi karena berbagai macam penyebab salah satunya suhu ruangan yang terasa panas, tak mengenakan baju tidur yang nyaman, dll. Namun ketika si kecil terlihat tidur bemandikan keringat dan disertai dengkuran keras serta terlihat kesulitan bernapas, Anda harus mulai waspada karena hal tersebut merupakan salah satu tanda sleep apnea.

3. Si kecil terlihat terengah-engah pada saat tidur

Perhatikanlah nafas buah hati Anda, bila si kecil terlihat terangah-engah pada saat bernafas, sebentar terdengar nafas cepat lalu semenit kemudian dia bernafas dengan lambat dan berhenti selama 15 detik lalu kembali bernafas dengan normal lagi, waspadalah. Hal tersebut termasuk salah satu tanda dari sleep apnea. Segeralah berkonsultasi dengan dokter Anda.

4.Si kecil terlihat menggerak-gerakan badan, kaki atau kepalanya

Kebiasaan tersebut sebenarnya lumrah terjadi pada anak-anak, seperti layaknya mengemut jempol tangan atau memelintir rambut pada saat akan tidur. Hal tersebut pun sering dialami anak-anak untuk mencari atau mendapatkan posisi yang nyaman ketika dia akan beranjak tidur agar tubuhnya terasa rileks.

Namun waspadalah, terkadang perilaku tersebut bisa jadi pertanda bahwa si kecil sedang mengalihkan rasa sakit yang sedang dideritanya dengan menggerak-gerakan tubuh atau kepala dia. Contohnya, bisa jadi dia tengah mengalami infeksi radang telinga, sehingga dia menggerak-gerakan kepalanya untuk mencari posisi aman agar rasa sakit yang ia rasa segera hilang. Kebiasaan tidur seperti ini biasanya terjadi saat anak berada di usia 1-4 tahun.

Bila kebiasaan tidur si kecil yang menggerak-gerakan tubuhnya atau kepalanya mulai terlihat saat ia berusia 18 bulan atau ketika ia akan menginjak usia 5 tahun; dan kebiasaan ini pun berlanjut diwaktu siang hari pada saat dia bermain, segeralah konsultasikan kebiasaan anak Anda tersebut pada dokter. Pasalnya, mengerak-gerakan kepala secara berlebihan mengarah ke gejala autism.

5. Tubuh anak Anda terlihat bergetar kaget, menghentak-hentak dan gelisah

Tubuh yang bergetar kaget atau kaki yang dihentak-hentakan ketika anak-anak tidur sering kali terjadi. Hal seperti ini bisa saja terjadi berkali-kali di sepanjang waktu dan juga tak berbahaya bagi buah hati Anda. Misalnya, ketika kaki anak Anda bergetar kaget atau kakinya dihentakan untuk meregangkan kaki dia yang lelah karena posisi tidur tertentu atau ketika si kecil menggoyang-goyangkan pergelangan kakinya. Gerakan seperti itu tak akan berbahaya dan menyakiti tubuh anak Anda, hanya saja bisa menggangu kualitas tidurnya. Bila Anda melihat kebiasaan tersebut sudah tak biasa, maka segeralah hubungi dokter anak Anda, karena bisa jadi anak Anda menderita Restless legs syndrome.

6. Si kecil menggemeretakan gigi ketika dia tidur

Menggemeretakan gigi pada saat tidur bukanlah hal yang membahayakan tumbuh kembang anak Anda, hanya saja Anda harus memperhatikan keadaan dan londisi gigi buah hati Anda. Bisa jadi kebiasaannya tersebut mempengaruhi kondisi giginya. Jadi, rajinlah mengkonsultasikan kondisi gigi anak Anda pada dokter gigi agar si kecil tetap memiliki gigi yang sehat dan kuat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Most Share

To Top