Parenting

Bikin Anaknya Bersama, Mengasuh Anaknya Juga Harus Bersama. Ini 6 Cara Tepat Berbagi Tugas dengan Suami

Stigma yang Muncul di Masyarakat mendidik dan mengasuh anak adalah tugas istri, sedangkan mencari uang adalah tugas suami. Mendidik dan mengasuh anak bukan saja tugas Istri, tetapi juga tugas Ayah. Jangan bikin anaknya saja bersama, mengasuh anak dan dan mendidiknya juga tugas bersama.

Berikut cara tepat berbagi tugas dengan suami:

Keluargaberbagi

1. Bagi pasangan bekerja, pembagian tugas antara suami dan istri merupakan hal penting

Peran Anda dan suami untuk dapat berbagi tanggung jawab sangat diperlukan dalam membangun keluarga.  Bila Anda dan suami dapat mengkomunikasikan hal tersebut dengan baik maka pembagian tugas akan lebih mudah dilakukan ketimbang pasangan suami istri yang sulit mengkomunikasikan pembagian tanggung jawab ini. Ini karena dalam kehidupan rumah tangga sehari-hari, pembagian tanggung jawab mengenai urusan rumah tangga perlu Anda negosiasikan dengan suami. Dengan begitu, di antara Anda berdua ada kesepakatan dan jalinan kerja sama yang baik dalam menangani peran dan tanggung jawab rumah tangga.

2.  Menyediakan Kebutuhan Anak bisa menjadi Tugas Ibu

Sudah sewajarnya bila seorang ibu memanjakan anak mereka. Seorang ibu tentu memiliki kewajiban untuk mempersiapkan sarapan anak, menyediakan kebutuhan sekolah, dan menemani buah hati tercinta melakukan aktivitasnya sehari-hari. Hal itu karena wanita memiliki sisi kelembutan yang lebih dominan daripada pria.

3. Tugas ayah dalam mengurus anak salah satunya mengajak si kecil melakukan aktivitas fisik

Menurut Psikolog Anna Surti Ariani, Psi seperti dikutif dari wolipop.com, tugas ayah dalam mengurus anak salah satunya mengajak si kecil melakukan aktivitas fisik, seperti mengajak bermain di taman, berolahraga dan melakukan piknik bersama. Berbeda dengan ibu yang biasanya cenderung mengajak anak melakukan aktivitas santai seperti bernyayi bersama atau mewarnai. Kedua aktivitas yang seimbang bisa mempengaruhi kedekatan anak dengan orangtuanya.

4. Ayah harus bisa mengajarkan sikap tegas kepada anak-anaknya

Sebagai seorang bapak rumah tangga, ayah harus bisa mengajarkan sikap tegas kepada anak-anaknya. Hal ini akan mempengaruhi sikapnya ketika dewasa nanti terutama bila buah hati tercinta seorang laki-laki.

5. Ajak Anak Bermain di Akhir Pekan

Mengajak anak bermain ketika akhir pekan. Saat hari libur, tidak hanya ibu yang harus selalu mengajak anak bermain seharian tapi juga ayah.

6. Meski pembagian tugas antara Anda dan suami sudah berjalan, Telaah pembagian tugas.

Meski pembagian tugas antara Anda dan suami sudah berjalan, namun terkadang timbul masalah karena perbedaan pandangan istri dan suami. Suami, misalnya, keberatan bila harus melakukan kegiatan rumah tangga yang menurutnya seharusnya merupakan tugas dan tanggung jawab istri. Sementara, istri melihat hal ini sebagai suami tak sepenuhnya rela dan ikhlas membantu urusan rumah tangga.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Most Share

To Top