Parenting

Bayi Tidak Mau Menyusu! Ada yang Salah dengan ASI ?

Masa menyusui merupakan waktu berharga untuk membangun komunikasi antara ibu dan anak. Namun terkadang akan ada kendala di pertengahan prosesnya. Misalnya saja bayi tidak mau menyusu sehingga membuatnya rewel sepanjang hari. Daripada bingung cobalah kenali penyebab dari kejadian tersebut.

Kenali Penyebab Bayi Tidak Mau Menyusu

Sebagai ibu yang baru melahirkan anak pertama, tentu saja bingung jika ternyata bayinya tidak mau menyusu. Kondisi ini terkadang membuat para ibu stres, apalagi ditambah suami tidak memberikan support moril. Namun alih-alih bersedih, lebih baik ketahui penyebab dan solusi agar bayi mau menyusu

1. Adanya Perubahan pada Rasa ASI 

Hal pertama yang biasanya menyebabkan bayi enggan meminum ASI dari ibunya adalah adanya perubahan rasa. Bisa jadi perubahan hormon sedang terjadi pada ibu sehingga membuat rasa pada ASI berubah menjadi pahit dan sulit diterima si kecil. Bisa juga ada faktor penyebab lainnya.

Tidak jarang rasa ASI juga berubah menjadi asin sehingga mengakibatkan si kecil enggan meminumnya. Hal tersebut dikarenakan kadar natrium dari tubuh ibu jumlahnya lebih rendah dibanding biasanya. Perubahan rasa inilah yang bisa memicu bayi enggan minum ASI, bahkan menangis menolaknya.

2. Pasca Imunisasi 

Selanjutnya bayi terkadang enggan minum ASI sesudah suntikan imunisasi. Bekas yang masih meninggalkan rasa sakit tersebut memang memberikan efek tidak nyaman pada si kecil. Itulah sebabnya mengapa banyak anak rewel pasca dilakukan suntikan imunisasi ke badannya. Hal ini jelas berpengaruh.

Rasa tidak nyaman ini juga akan membuatnya rewel seharian. Menangis bahkan enggan menyusu pada ibunya. Jika sudah terjadi demikian tidak ada cara selain memaksanya pelan-pelan. Bentuk penolakan si kecil biasanya adalah menggigit puting payudara, serta tidak mau menempelkan bibirnya ke payudara.

3. ASI Mengalir Terlalu Deras

Kelebihan ASI juga bisa jadi penyebab bayi enggan menyusu loh Bun. ASI yang mengalir begitu deras tentu akan membuatnya menjadi tidak nyaman, sulit menelan hingga akhirnya mogok. Jika menemui kondisi seperti ini maka jangan memaksa si kecil untuk menyesap susu langsung dari payudaranya. 

Solusinya adalah dengan memompanya perlahan dan diletakkan ke dalam wadah khusus ASI. Selanjutnya bisa diberikan kepada si kecil lewat dot dulu, menunggu sampai volumenya tidak terlalu deras lagi. Ingat ya bun jangan memaksakan karena bisa mengakibatkan si kecil tersedak. 

4. Si Kecil Mengalami Stress atau Mengalami Gangguan 

Ternyata perubahan emosional pada bayi yang berujung pada stress juga bisa membuatnya jadi malas menyusu. Biasanya ia mengalami gangguan tertentu, misal adanya perubahan cuaca dan waktu sehingga membuatnya harus beradaptasi dengan lingkungan baru/habis melakukan perjalanan jauh.

Akibatnya bayi akan memberikan banyak bentuk reaksi misalnya saja mogok menyusu dalam kurun waktu 2 sampai 6 hari. Lebih parah lagi ia selalu menggigit puting ibunya tanda merasa takut atau malas. Jika sampai terjadi hal demikian cobalah untuk tetap tenang dan alihkan perhatiannya saat menyusu.

5. Volume ASI berkurang 

Volume terlalu deras tidak bagus, ternyata berkurang juga sama. Kondisi ini dinamai dengan Nursing Strike atau ASI tidak diproduksi dalam jumlah yang banyak. Keadaan ini tidak lebih baik dari sebelumnya, si kecil akan memberikan reaksi penolakan kepada bunda agar tidak menyodorkannya puting ASI.

Kondisi Nursing Strike ini akan membuat bayi stress, penyebabnya adalah saat ia menghisap air susu justru tidak kunjung keluar dari puting. Jelas saja ini membuatnya stress, marah, serta frustasi dan tidak malas untuk menyusu lagi. Ibu harus peka jika mengalami kondisi demikian agar bisa segera mengatasi.

6. Aroma Tubuh Bunda yang Berbeda 

Si kecil memang sangat peka terhadap sesuatu di sekitarnya, termasuk aroma tubuh dari ibu. Bahkan ia juga tahu kalau sang ibu sudah mengganti produk seperti parfum, sabun, juga deodorant. Walaupun Bunda suka namun jika buah hati merasa kurang nyaman sebaiknya tinggalkan dulu selama di fase menyusui. 

Sebab perubahan aroma ini juga sangat tidak disukai oleh si kecil. Ketika mereka menyadari adanya perubahan wangi ini maka jadi malas untuk menyusu. Biasanya untuk memberikan kode rasa tidak suka bayi akan menggigit puting atau menangis guna menghindari payudara ibunya sendiri. 

7. Sariawan pada Bayi 

Bayi malas menyusu pada ibunya bisa jadi sedang merasa sariawan ya Bunda. Sebenarnya ini merupakan hal umum yang bisa saja terjadi, namun terkadang orang tua tidak menyadarinya. Bila melihat adanya bercak putih pada lidah atau mulut adalah pertanda jika si kecil sedang tidak dalam kondisi nyaman.

Bercak putih ini biasanya punya tekstur kasar dan bisa berdarah juga ketika melakukan pergerakan di area tersebut. Hal ini tentu membuat bayi merasa kesakitan dan merasa tidak nyaman dengan hal tersebut. Saat sadar atas gangguan tersebut orang tua harus segera mengatasinya.

8. Adanya Rasa Nyeri Karena Infeksi 

Terakhir, penyebab bayi tidak mau menyusu mungkin saja adalah rasa nyeri karena infeksi di salah satu pancaindranya. Biasanya telinga merupakan salah satu bagian sering merasa sakit. Jika sudah begini mereka pasti rewel dan tidak mau menyusu. Gerakan mengisap justru akan menyakiti Bunda. 

Selain rasa nyeri karena infeksi telinga bisa juga si kecil merasa tidak nyaman karena akan tumbuh gigi. Jika memang yang terjadi demikian solusinya hanya banyak-banyak sabar saja. Sebab tumbuh gigi merupakan siklus alami.

Nah sekarang sudah tahu ya Bunda beberapa indikasi penyebab dari enggannya si kecil menyusu. Prose menyusui adalah salah satu kegiatan paling berkesan selama masa pertumbuhan bayi. Cobalah bersabar walaupun banyak hambatannya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Parenting

Buku Saku #BundaBangga dari Dancow dan KPPPA, Bantu Bunda Membentuk Karakter Anak

Rasanya, kita semua pasti setuju kan Bun, jika setiap orang tua pasti ingin memberikan nutrisi, stimulasi dan lingkungan penuh cinta terbaik untuk tumbuh kembang Si Buah Hati. Terlebih pada saat pandemi seperti ini, kita memiliki peranan penting dalam memastikan tumbuh kembang Si Buah Hati di rumah. Nah, memahami hal ini, Nestlé DANCOW Nutritods mendukung para orang tua anak usia Toddler dan Prasekolah dengan memperkenalkan kampanye Bunda Bangga. Sekaligus jadi gerakan dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional 2021 serta melaksanakan arahan presiden dalam peningkatan peran Bunda dan keluarga dalam pendidikan anak. Dalam kesempatan ini, Nestlé DANCOW Nutritods bekerja sama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (Kementerian PPPA) dalam menyusun Buku Saku #BundaBangga serta memberikan edukasi dan sosialisasi manfaat Bunda Bangga kepada lebih banyak keluarga di Indonesia.

Pada acara prescon yang dilakukan secara virtual pada hari Rabu, 21 Juli 2021 kemarin, Pritha selaku VP Category Marketing Manager Nestlé Dancow Susu Pertumbuhan mengatakan, “Nestlé DANCOW Nutritods berkomitmen untuk menjadi mitra terpercaya para Bunda dan Ayah guna bantu lindungi langkah eksplorasi Buah Hati mereka. Kampanye Bunda Bangga ditujukan untuk mendukung orang tua dalam memberikan apresiasi atas usaha dan pencapaian Si Buah Hati. Kami percaya bahwa kerjasama dengan Kementerian PPPA dalam peluncuran Buku Saku #BundaBangga guna membantu para orang tua untuk dapat memantau optimalisasi 5 dimensi tumbuh kembang Si Buah Hati dan memberikan inspirasi nutrisi, stimulasi dan pola asuh dari Nutritods Council Expert.”

Hal penting yang juga perlu Bunda tahu dari gerakan ini, Kampanye Bunda Bangga bermanfaat baik bagi Si Buah Hati maupun kita sebagai orangtua. Bagi Buah Hati, apresiasi orang tua akan mendukung pengembangan rasa harga diri positif, pantang menyerah, konsentrasi, kerjasama, bahagia, serta percaya diri untuk terus bereksplorasi dan meraih tumbuh kembang optimal guna membentuk Karakter Anak Unggul Indonesia. Sementara bagi Bunda & Ayah, rasa bangga dan apresiasi meningkatkan kepekaan akan kebutuhan tumbuh kembang Si Buah Hati, membangun kualitas interaksi yang lebih positif, serta meningkatkan rasa percaya diri bahwa dirinya mampu untuk terus mendampingi Si Buah Hati di setiap tahap tumbuh kembangnya.​

Masih di acara yang sama, Rohika Kurniadi Sari, S.H. M.Si., Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak atas Pengasuhan dan Lingkungan Kementerian PPPA mengatakan “Menyambut Hari Anak Nasional 2021, Kementerian PPPA mengusung tema Anak Terlindungi, Indonesia Maju. Melalui tema ini Kementerian PPPA senantiasa berkomitmen dalam perlindungan dan pemenuhan hak anak. Kami percaya bahwa apresiasi orang tua memiliki peranan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak di rumah sedari dini. Kami menyambut inisiasi kampanye Bunda Bangga dari Nestlé DANCOW Nutritods sebagai salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh orang tua dalam memberikan lingkungan terbaik bagi anak untuk berkembang dan bereksplorasi.”

Nah, buat yang sudah penasaran tentang Buku Saku #BundaBangga, Buku Saku ini dapat diakses secara GRATIS melalui website resmi Nestlé DANCOW Nutritods https://www.dancow.co.id/dpc/bukusakubundabangga.

Buku ini berisi panduan nutrisi yang memenuhi kebutuhan si kecil selama masa pertumbuhan. Selain itu, terdapat juga insiprasi beberapa kegiatan yang bisa dilakukan bersama sang buah hati supaya mampu mendukung proses perkembangan diri tidak hanya dari fisik tetapi juga dari sisi mental dan jiwa ke arah yang lebih baik. Jadi, selain berfungsi untuk menghasilkan anak Indonesia yang unggul, buku saku ini akan jadi salah satu alat yang membantu bunda dan ayah untuk mendapatkan inspirasi jika mengalami kebingungan terkait pola asuh yang baik untuk anak.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Lifestyle

Mainan Anak Perempuan Edukatif dan Menggemaskan

Bicara tentang dunia anak-anak pasti tidak jauh dari adanya mainan. Mainan anak perempuan atau laki-laki sebenarnya sekarang ini sama saja, Karena pada dasarnya saat kecil orang tua lebih senang melatih motoric serta kecerdasannya. Soal kepribadian bisa mengikuti sesuai perkembangan usianya. 

Memilih Mainan Anak Perempuan yang Sesuai untuk Buah Hati

Bagi Anda yang punya anak perempuan pasti saat masih dalam kandungan pun sudah memikirkan mainan sesuai dengan kepribadiannya. Ingin eksplor fashion, printilan aksesoris lucu, dan masih banyak lagi. Namun ada baiknya jika memilih mainan agak unik jika niatnya adalah untuk hadiah.

1. Lovely Kitchen Set 

Sumber Foto : Shopee

Anak perempuan pasti identik dengan mainan masak-masakan. Kitchen playset ini bisa jadi pilihan tepat untuk mengembangkan bakat sejak dini. Ada berbagai macam replika alat dapur terbuat dari plastik dan tentunya tersedia dalam beragam warana. Bentuknya pun menarik, ada ikan, buah, sayur, dan lain-lain.

Semua set mainan ada di dalam box terbuat dari plastik PVC yang pastinya aman ketika dimainkan oleh anak-anak. Selain membuat mereka senang, peralatan set masak ini tentunya juga bisa melatih sistem motorik si kecil sejak dini. Soal harga memang sedikit mahal, namun bisa juga cari sesuai kemampuan.

2. Redbox Simply Salad 

Sumber Foto : Shoopee

Ingin membuat anak perempuan Anda mengenal buah-buahan serta sayuran sejak dini? Mainan redbox simply salad ini bisa jadi salah satu pilihannya. Apalagi bagi si kecil yang sudah memperlihatkan bakat memasaknya sejak dini, pasti sangat senang dan langsung betah seharian main pakai set simply salad.

Dalam satu box mainan terdapat berbagai macam varian sayur mayur, buah, peralatan makan serta saus untuk membuat salad. Uniknya lagi sayuran bisa dipotong kemudian disatukan kembali dalam bentuk yang utuh. Cocok sekali bagi si kecil yang berusia 3 tahun keatas. Bisa jadi kado ulang tahun mereka.

3. Vtech Dress & Discover Friend 

Selanjutnya adalah mainan bentuk monyet yang lucu dan menggemaskan. Nantinya si kecll bisa mengganti ulang pakaian monyet tersebut agar nampak baru dan berbeda setiap harinya. Bentuk dan warnanya juga beragam sehingga membuat si kecil tertarik enggan beranjak ke mainan lain. 

Mainan set monyet ini bisa membantu si kecil untuk memilih kombinasi yang sesuai. Tentunya hal ini sangat bagus sebagai stimulasi awal pada motoriknya. Selain itu materialnya juga dipilih khusus, bebas dari BPA sehingga sudah dipastikan aman ketika digunakan bermain oleh anak-anak. 

4. Happy Toon Doctor 

Biasanya anak perempuan juga sangat senang sekali bermain dokter-dokteran. Sekarang ini Anda juga dengan mudah bisa menemukan mainan tema serupa, misalnya saja Happy Toon Doctor. Satu Set perlengkapannya berisikan alat-alat kedokteran seperti stetoskop, suntikan, juga gelas dan obat.

Desain dari satu set perlengkapan dokter ini juga sangat menarik dan punya warna-warna cerah. Banyak anak-anak bercita-cita ingin jadi tenaga medis, jadi sebelum ia bertarung dengan kenyataan, tidak ada salahnya memberikan mainan untuk mendukung mimpinya tersebut. Siapa tau beneran terwujud.

5. Lego Friends 

Sebenarnya lego sudah menjadi mainan anak perempuan maupun laki-laki. Hanya saja sekarang ini memang sudah ada beragam tema lego yang dibedakan sesuai gender. Misalnya untuk wanita maka akan lebih condong ke girly sedangkan laki-laki sebaliknya. Namun cara mainnya sama saja. 

Lego sendiri merupakan mainan yang penuh edukasi dan bisa digunakan untuk latihan motorik si kecil. Dengan warna cerah dan sulit pudar tentu akan membuat anak mudah suka dan tertarik memainkannya. Selain itu lego juga dibuat dari material yang aman  dimainkan oleh si kecil.

6. Alat Make Up LOL 

Sumber Foto : Tokopedia.com

Rasanya sulit sekali memisahkan perempuan dengan make up. Bahkan dari kecil saja mereka sudah mengenalnya. Jika si kecil memang suka berdandan, tidak ada salahnya sebagai orang tua turut mendukung kemauannya tersebut. Salah satunya adalah dengan mainan set alat make up.

Mainan yang berisikan berbagai alat make up dengan bahan aman digunakan pada kulit si kecil. Walaupun harganya cukup mahal namun tidak ada salahnya sesekali memanjakan si kecil. Sebab dengan desain lucu super menggemaskan dijamin akan membuat mereka betah main dengan teman.

7. Little Helper 

Sumber Foto : Tokopedia.com

Ingin mengajarkan anak bersih-bersih sejak dini ? Sekarang juga sudah ada satu set mainan berisikan sapu, pel, ember, kemoceng, tapi dalam ukuran mini. Bunda bisa gunakan sebagai pengenalan untuk anak agar nantinya dapat bertanggung jawab, setidaknya untuk kebersihan kamarnya sendiri. 

Mainan anak perempuan ini juga sangat cocok kepribadian cewek yang suka bersih-bersih. Little helper juga bisa membantu si kecil belajar hidup bersih serta rapi. Dengan harga terjangkau mainan satu ini punya desain dan lucu pada setiap alatnya. Warnanya juga sangat bervariasi. 

8. LOL Surprises Under Wraps 

Siapa yang tidak tahu mainan satu ini? LOL Surprise memang populer apalagi di perkotaan. Mainan yang memberikan kejutan karena harus bisa memecahkan teka-teki dulu sebelum membukanya. Anak juga tidak tahu sebenarnya edisi apa yang ada di dalamnya. 

Setelah berhasil menyelesaikan teka-teki barulah tutup bisa terbuka dan tahu apa isi yang ada di dalamnya. Mainan seperti bisa melatih daya pikir anak supaya lebih tajam dan kritis, melatihnya bersabar dan berusaha untuk mendapatkan sesuatu yang ia inginkan.

Masih banyak lagi mainan lucu dan menggemaskan yang bisa Anda berikan sebagai hadiah untuk si kecil atau ponakan tercinta. Walaupun harus merogoh kocek agak dalam namun sepertinya cukup ampuh juga karena bisa digunakan sebagai media edukasi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Parenting

Langkah Mudah Edukasi Lewat Lagu-lagu Anak

Pembentukan tumbuh kembang si kecil haruslah sejak dini. Banyak media bisa digunakan oleh para orang tua, misalnya edukasi lewat lagu-lagu anak. Ada banyak musik khusus si kecil yang berisikan lirik edukasi, namun di tengah perkembangan zaman terkadang hal tersebut justru tergerus oleh musik lain.

Cara Memilih Media Belajar dan Edukasi Lewat Lagu-lagu Anak

Sebagai orang tua pastinya tidak ingin jika anak mendapatkan tontonan kurang mendidik selama masa tumbuh kembangnya. Lagu-lagu khusus si kecil saja sekarang juga harus diseleksi dengan ketat agar janga sampai ia mengenal kata-kata kurang bagus bahkan saat usianya belum mencukupi.

1. Punya Tema yang Dekat dengan Rutinitas Anak-Anak

Pertama usahakan memilih lagu yang punya tema seputar rutinitas yang dekat dengan kesehatian anak. Hal ini untuk membuat si kecil mudah memahami isi lagunya, saat menyanyikan pun, ia akan riang gembira. Tidak perlu harus pakai bahasa Inggris atau bahasa lainnya, sesuaikan dengan kemampuannya dulu saja ya Bun. 

Topik sederhana yang lekat dengan kesehariannya tersebut bisa beruba adab makan, tata krama dengan orang lebih tua, atau hanya soal kesehariannya bermain saja. Biasanya lagu anak-anak punya lirik ringan juga tidak terlalu panjang. Sehingga memudahkan lirik tersebut lekat dalam kepala.

2. Kata-kata yang Terkandung di Dalamnya Bersih dari Kontradiksi 

Selain punya melodi yang energik dan menyenangkan, lagu anak-anak juga harus bersih dari kata-kata kontradiksi atau sepatutnya tidak ada dalam lagu tersebut. Sebelum diperdengarkan ke anak, orang tua bisa mencari tahu liriknya terlebih dahulu lewat situs internet misalnya Google.

Sekarang ini memantau lagu-lagu anak juga wajib dilakukan. Pantau secara ketat untuk memastikan semua bersih, tidak kasar maupun vulgar. Jika sampai ada yang lolos maka anak bisa menirukan konotasi negatif di kemudian hari, walau tanpa disadari oleh orang tua hingga akhirnya jadi kebiasaan

3. Lirik Lagu Banyak Berupa Ajakan 

Lagu anak-anak juga bisa dijadikan cara untuk mengajak anak-anak dalam melakukan sebuah kebaikan. Sangat menyenangkan apabila anak kenal lewat musik dan lirik enegic. Selain itu biasanya si kecil juga tidak merasa ditekan ketika ada ajakan melalui lagu, rasanya seperti sedang bermain saja.

Namun terkadang ada beberapa anak yang tidak paham jika itu adalah kalimat ajakan. Jika seperti ini maka orang tua harus mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu anak lebih terbiasa dalam berbuat positif karena sudah ada contoh dari orang terdekatnya.

4. Pilih Lagu yang Ada Videonya 

Jika memungkinkan maka pilihlah lagu anak yang dikemas dalam visual atraktif. Lagu dalam video biasanya memang lebih menarik perhatian si kecil. Apalagi video musik anak biasanya banyak warna-warna cerah, juga ritme ceria sehingga membuat semangat siapapun yang mendengarnya.

Ditambah lagi biasanya juga ada karakter animasi menggemaskan. Semarak warna dari video tersebut akan menstimulasi kepekaan indera dari si kecil. Lagu anak semacam ini biasanya tidak membuat bosan, cocok sekali digunakan sebagai metode membuat anak fokus mendengarkan lagu tersebut.

5. Pilih Lagu yang Punya Gerakan Sederhananya Sehingga Bisa Ditirukan

Di usia yang masih kekanakan biasanya anak adalah peniru yang ulung. Gerakan aktif mereka juga bisa menstimulasi agar badan mereka selalu bergerak, tidak hanya berdiam diri menonton gadget saja. Namun untuk alasan keamanan tentu saja orang tua harus memberikan pengawasan juga. 

Dengan adanya gerakan sederhana dalam lagu si kecil juga bisa menirunya sambil menikmati musik tersebut. Sekarang ini cari lagu asik dan ceria khusus anak-anak memang agak susah, namun masih banyak stock jika menggunakan edisi bahasa Inggris, tidak ada salahnya mencoba sebagai edukasi.

Rekomendasi Berbagai Macam Lagu-lagu Anak Ceria dan Menyenangkan

Memberikan edukasi kepada anak tidak melulu harus membacakan buku saja, banyak cara lain bisa dicoba misalnya mendengarkan lagu-lagu anak. Namun karena sekarang ini terkadang lagu anak saja sudah ada lirik dewasa, para orang tua harus menyediakan filter yang cukup ketat.

1. Lagu If You’re Happy 

Bunda ingin memperkenalkan bahasa inggris dasar kepada si kecil? bisa gunakan lagu dari If You’re happy saja. Dengan ritme ceria dan lirik sederhana mudah dicerna dan dinyanyikan oleh anak. Lagu ini sebenarnya sudah lama ada, namun masih terus bergulir dan digunakan sampai sekarang. 

Lagu If You’re happy berisi cara mengungkapkan perasaan lewat gerakan. Misalnya senang, sedih, marah dan semacamnya. Tidak hanya berisi lirik saja, tapi juga ada edisi video animasi agar membuat anak semakin tertarik menontonnya. Ikutlah menari ketika mereka sedang menggerakkan tubuhnya.

2. Lagu Dua Mata Saya 

Siapa bilang Indonesia tidak punya lagu anak-anak ? Dua mata saya bisa menjadi rekomendasi lagu yang edukatif bagi si kecil. Pasalnya di dalamnya ada pengenalan anggota tubuh sehingga ketika dinyanyikan oleh anak secara tidak langsung ia sedang belajar tentang anatomi tubuh. 

Lagu dua mata saya sebenarnya juga bukan lagu baru, sudah lama namun masih tetap terasa pantas dan sangat layak dinyanyikan oleh anak-anak. Liriknya ringan, musik ceria merupakan perpaduan yang pas untuk media edukasi anak-anak. Tidak salah jika menjadikannya lagu favorit sehari-hari untuk anak.

Itulah beberapa cara yang bisa orang tua lakukan untuk memilih lagu anak-anak. Kebaikan tumbuh kembang anak memang harus menjadi perhatian khusus, jangan sampai kecolongan dan akhirnya jadi boomerang di kemudian harinya. Selektif dan selalu terbuka dengan kemajuan teknologi jadi kuncinya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Most Share

To Top