Parenting

Bakat Jadi Salah Satu Kunci Sukses, Ini Tips Mengenali Minat & Bakat Anak Di Usia Emas

Bakat Anak Di Usia Emas

Minat dan Bakat merupakan suatu rangsangan yang paling besar sebagai penentu seseorang merasa suka atau tidak. Sebuah dorongan kuat untuk melakukan apa yang diinginkan oleh individu menjadi penentu bahwa adanya sebuah minat dan keinginan dari seseorang.

Anak selalu memiliki sebuah minat yang sangat besar. Dalam segala hal yang dilakukan oleh anak sebenarnya sudah memiliki sebuah minat yang membuat diri si kecil melakukannya. Maka dari itu lah, pentingnya melihat sebuah minat di usia emas menjadi daya tarik yang tepat antara mengasah diri dan minat anak, sekaligus pendorong tepat bagi kemajuan sang anak.

Dengan memiliki minat, maka anak akan memiliki proses dalam memfokuskan diri untuk sesuatu yang sangat anak minati dan bila sebuah minat tersebut mampu dijangkau oleh anak, maka akan terdapat rasa puas yang dimiliki oleh anak.

Melalui pelatihan dengan mendorong minat anak sejak dini, kiranya mampu membuat anak memiliki impian dalam minatnya dan selalu mempunyai keyakinan untuk mewujudkan minat tersebut, inilah yang akan menjadi pembahasan dalam topik mengenai tips untuk mengenali minat anak di usia emas:

Orangtua Harus Bisa Memahami dan Mengerti Akan Perasaan Anak

Memberikan pengertian diri untuk selalu memberikan rasa sayang pada anak adalah salah satu hal yang mutlak diberikan oleh orang tua kepada anaknya. Selain itu, terdapat pula sebuah perasaan anak yang selalu dimengerti. Karena hal ini menjadi ikatan yang tepat untuk melihat minat dan mengasah kemampuan anak dalam berbagai aspek serta bidang. Karena setiap anak memiliki kemampuan serta minat yang berbeda-beda, maka tugas Bunda sebagai orangtua adalah mengarahkan anak pada minat yang sesuai namun juga tepat bagi anak.

Membantu Anak Menapakkan Pendirian dalam Dirinya Sedari Dini

Mengenali anak dengan menjadi teman setia bagi mereka adalah hal yang paling tepat. Dengan tidak selalu mengedepankan ego, maka orangtua telah mampu membuat pendirian anak menjadi kuat. Anak di usia emas adalah anak-anak yang memiliki minat dan semangat yang tinggi, jadi orangtua mampu mengenali keinginan anak dari minat tersebut. Bunda sebagai orangtua juga bisa membuat anak menjadi semakin yakin mengenai minat yang ia ambil. Ini memang penting, untuknya bisa melangkah lebih jauh, namun juga harus memiliki kesepakatan dengan anak. 

Sebuah minat memang membutuhkan tekad dan semangat. Dengan begitu, anak akan mengerti melalui segala cara yang orangtua lakukan untuk memahami dan mendukung  minat anak adalah bentuk cinta. Sehingga, ia akan lebih bersemangat untuk mewujudkan mimpi yang dimilikinya. 

Jadi Sosok yang Teman untuk Anak Menghilangkan Rasa Takutnya

Rasa takut adalah sebuah rasa alamiah yang memang ada secara batin dan terolah dengan pikiran. Untuk mengontrol rasa takut menjadi sebuah keinginan, orangtua harus mengukuhkan hati anak. Hadirlah untuk selalu memberikan dorongan semangat, karena itu menjadi kekuatan yang sangat besar kaitannya bagi keyakinan anak. Baik dalam memilih dan mengusahakan sebuah minat yang telah dimilikinya atau mewujudkan mimpi lainnya. 

Justru anak akan semakin kuat jika memiliki rasa takut, karena sebenarnya, ada banyak bakat yang tertanam di dalam dirinya. Jadi, orangtua harus selalu mendampingi anak dalam langkahnya untuk menuju minat anak, dan menjadikan minat yang dimilikinya menjadi sebuah kenyataan.

Mengamati Kecenderungan Anak dari Karakter yang Ia Tunjukkan Sehari-hari

Apabila permasalah terdapat dalam keinginan atau minat anak yang bercabang, orangtua perlu melihat lebih jauh mengenai kecenderungan dari anak. Banyak yang menganggap hal ini sepele. Tetapi, sebuah maksud dari ungkapan mengiringi anak adalah cara yang tepat dalam mengamati lebih jauh. Ini penting, untuk mendapatkan minat anak yang tinggi dalam salah satu dari dua hal yang sedang diminatinya. Bimbingan inilah yang sebenarnya begitu besar pengaruhnya bagi minat anak dan kegundahan dalam diri anak. 

Itulah tadi beberapa tips untuk mengenali lebih jauh tentang minat anak. Karena dengan mengetahui minat anak, maka orangtua telah mampu melihat langkah dari perkembangan anak. Terlebih anak yang memang berada dalam usia emas, maka terdapat pula peningkatan minat yang akan mendorong anak untuk maju dalam bidang yang memang diminati serta diinginkan oleh anak. Secara beriringan, peran serta orang tua juga tidak kalah pentingnya bagi kemajuan anak. Mengiringi anak menuju kesuksesan meraih minat yang memang diinginkan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Extra

Beberapa Hal yang Ditakutkan Orang Tua Saat Anak Remaja

Menginjak usia remaja, anak-anak mulai mencari jati dirinya. Tak jarang mereka lebih sering bergaul dengan teman-temannya daripada menghabiskan waktu di rumah bersama orang tua. Ada banyak hal yang ditakutkan orang tua saat anak remaja, terutama terkait masa depannya karena masa ini krusial.

Bunda Perlu Memahami Apa itu Masa Remaja?

Masa remaja merupakan masa yang cukup krusial karena di fase ini anak-anak mengalami perubahan dari anak-anak menuju dewasa sehingga posisinya berada di tengah-tengah. Sudah tidak bisa disebut anak-anak, namun belum layak juga disebut dewasa. Pada fase ini anak-anak sering labil.

Mereka cenderung kesulitan untuk mengambil keputusan. Tak jarang banyak juga yang akhirnya salah dalam mengambil keputusan karena galau dan labil. Mereka masih belum sepenuhnya memahami mana yang benar dan mana yang salah karena masih dalam masa pencarian jati diri.

Pada fase ini Anda jangan kaget jika anak tiba-tiba tidak mudah bercerita dan cenderung lebih senang curhat kepada teman-temannya. Namun, ketakutan orang tua terhadap anak remaja semua akan bisa dengan mudah teratasi jika mereka sudah diberi bekal yang cukup agar tidak salah langkah.

 

Artikel ini merupakan bagian Sayangi Anak Extra

Dengan Sayangi Anak EXTRA, orang tua dapat mengakses semua artikel premium, kelas & event eksklusif dan video – video seputar parenting, kesehatan dan ibu & anak baik dari para ahli Sayangi Anak maupun dari Team Sayangi Anak..

Lebih Detail

Already a subscriber?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Extra

Memilih Permainan yang Pas Untuk Bayi Usia 0 – 12 Bulan

Banyak yang mengira bahwa memberikan mainan pada bayi yang baru lahir sebenarnya tidak dibutuhkan. Padahal memberikan mainan membantu tumbuh kembang anak meskipun baru lahir. Karena bermain adalah proses belajar yang bisa dilakukan anak di kehidupan awal mereka. Apa saja permainan yang pas untuk bayi?

Ide Mainan Untuk Bayi

Ada banyak sekali jenis mainan yang bisa Anda berikan kepada bayi mulai dari lahir hingga umur 12 bulan. Tentu saja mainan tersebut harus menyesuaikan dengan fase perkembangan anak. Seiring dengan kemampuannya semakin bertambah, maka macam-macam mainan yang diberikan pun bisa lebih bervariasi dan menantang.

Gambar Hitam Putih

Gambar hitam putih merupakan mainan yang sangat tepat untuk diberikan kepada bayi yang baru lahir dengan usia 0 sampai 1 bulan. Hal ini dikarenakan fungsi mata bayi belum bisa berfungsi dengan sempurna sehingga ia hanya dapat melihat warna hitam putih saja dengan jarak pandang yang dekat yakni 10 sampai 25 cm.

Cara pandang bayi akan semakin bertambah seiring berjalannya waktu. Anda bisa memperlihatkan gambar yang berwarna hitam dengan putih kontras. Meskipun hanya warna tersebut, biasanya bayi akan memperhatikan dan menunjukkan ketertarikannya.

 

Artikel ini merupakan bagian Sayangi Anak Extra

Dengan Sayangi Anak EXTRA, orang tua dapat mengakses semua artikel premium, kelas & event eksklusif dan video – video seputar parenting, kesehatan dan ibu & anak baik dari para ahli Sayangi Anak maupun dari Team Sayangi Anak..

Lebih Detail

Already a subscriber?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Extra

Solusi Terbaik Ketika Orang Tua Berekspektasi Terlalu Tinggi Pada Anak

Setiap orang tentu memiliki harapan untuk anak-anaknya. Namun, bagaimana ketika orang tua berekspektasi terlalu tinggi pada anak? Padahal perlu disadari bahwa setiap orang memiliki bakat masing-masing sejak lahir sehingga tidak dianjurkan untuk terlalu menekan anak dengan push parenting.

Apa Itu Push Parenting?

Push parenting merupakan salah satu gaya pengasuhan yang terlalu menuntut dan memaksa anak. Sebagian dari mereka memiliki rasa takut dan khawatir yang berlebihan akan masa depan anaknya, sehingga terpaksa melakukan pola pengasuhan seperti ini dengan memberi bekal sejak kecil.

Orang tua yang menerapkan pola pengasuhan ini karena memiliki harapan dan keinginan agar anak-anaknya tidak bernasib sama seperti saat mereka kecil. Sehingga dengan sekuat tenaga dan melalui berbagai cara mereka berusaha menyekolahkan anaknya di sekolah terbaik dan unggulan.

Pengaruh push parenting juga tidak hanya berasal dari dalam diri orang tua saja. Namun, pengaruh media yang sering menggembor-gemborkan dan menampilkan anak berprestasi juga menjadi faktor penyebab lainnya. Sehingga banyak orang tua yang akhirnya terlalu menuntut anak sesuai keinginan mereka.

Dampak Ketika Orang Tua Berekspektasi Terlalu Tinggi Pada Anak

Baik orang tua maupun anak sebenarnya masing-masing juga memiliki ekspektasi. Hanya saja harapan dan ekspektasi mereka tidak mencapai titik temu terutama bagi orang tua yang memberikan standar terlalu tinggi. Padahal orang tua juga harus paham bahwa hal tersebut bisa berpengaruh pada perilaku anak.

 

Artikel ini merupakan bagian Sayangi Anak Extra

Dengan Sayangi Anak EXTRA, orang tua dapat mengakses semua artikel premium, kelas & event eksklusif dan video – video seputar parenting, kesehatan dan ibu & anak baik dari para ahli Sayangi Anak maupun dari Team Sayangi Anak..

Lebih Detail

Already a subscriber?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Most Share

To Top