Mom Life

Bagaimana Cara Menyusui Bayi yang Benar?

Sebagai ibu muda pasti masih merasa bingung dan belum tahu bagaimana cara menyusui bayi yang benar. Informasi di media sosial sendiri sudah banyak, atau media lain seperti sharing dengan para ibu hamil lainnya juga bisa memberikan referensi agar cara menyusui bisa baik dan benar. 

Panduan Cara Menyusui Bayi yang Baik dan Benar 

Proses menyusui mungkin tidak berjalan mulus seperti yang dibayangkan. Adakalanya si kecil rewel atau bunda mengalami kesulitan. Butuh waktu untuk beradaptasi, apalagi bagi ibu yang baru menyusui anak pertama. Berbagai posisi yang benar akan membantu memberikan kenyamanan pada ibu dan bayi.

1. Posisi Bersandar yang Santai 

Posisi pertama biasanya merupakan kondisi alami yang bisa saja dilakukan tanpa harus latihan terlebih dahulu. Posisi ini juga bagus bagi para ibu yang baru pertama kali merasakan pengalaman ini. Kebanyakan merasa nyaman dan merasa lebih santai. Hanya butuh bantal empuk saja untuk pelengkap.

Pertama bisa menyandarkan punggung di bantal yang sudah ditempelkan ke berbagai bidang. Misalnya dinding, kursi, atau sofa. Tempatkan perut bayi di bawah dada dan kepalanya sejajar dengan dada. Sebelum mulai menyusui pastikan jika keadaan tulang pada bayi tidak tertekan, sehingga ia nyaman.

2. Posisi Menyusui dengan Cradle Hold 

Selanjutnya ada posisi cradle hold yang pada umumnya lumrah dilakukan oleh para ibu hamil. Salah satu tangan menekuk untuk menopang tubuh bayi. Jika sudah demikian maka bayi akan merasa nyaman setelah berbaring dengan posisi tersebut. Berikut pedoman cara yang benar untuk melakukannya. 

Jika bayi akan disusui pada payudara sebelah kanan maka tangan untuk menopang tubuh dan kepala bayi juga dari sisi kanan. Pastikan si kecil nyaman dengan posisi tersebut, agar leher tidak tegang upayakan posisinya agar sejajar dengan bagian tubuh bunda. Jadi tidak mengganggu proses menyusu.

3. Posisi Menyusui Cross Cradle Hold 

Kemudian ada juga posisi yang hampir sama, yakni cross cradle hold. Memang hampir mirip dengan cradle hold hanya bedanya berlawanan dengan payudara dimana si kecil menyusu. Keadaan ini juga nyaman para ibu yang baru merasakan kelahiran anak pertama karena tidak menimbulkan rasa pegal. 

Cara melakukan proses cross cradle hold yang benar adalah gendong bayi di depan tubuh, pastikan sejajar dengan tubuh Anda. Angkat punggung si kecil dengan tangan sebelah kiri, kemudian letakkan pada sebelah kanan. Topang bagian bawah bayi oleh siku tangan agar si kecil tetap aman.

4. Posisi Berbaring Atau Side Lying 

Bila ibu sedang merasa lelah dan tidak ingin menyusui sambil duduk maka bisa coba posisi berbaring. Ini bisa jadi pilihan tepat agar bunda tetap merasa nyaman ketika menyusui si kecil. Selain itu posisi berbaring merupakan solusi bagi orang yang baru melalui operasi caesar, keadaan perutnya masih sakit.

Tahapan melakukan posisi menyusui dengan berbaring yang tepat adalah cukup satu sisi saja menghadap ke bayi. Pastikan bibirnya berada dekat pada area puting payudara bunda. Miringkan tubuh si kecil kemudian beri sedikit dorongan agar ia mampu menyusu ke puting dengan sempurna.

5. Posisi Football Hold atau Clutch Hold 

Salah satu posisi ini juga bisa dicoba oleh bunda ketika belum terbiasa menyusui dengan berbaring adalah football hold atau clutch hold. Dengan mengapit pada sisi tubuh bayi di bawah lengan. Selain mudah, bagi yang melahirkan dengan proses caesar lebih merasa nyaman dan tidak ada rasa nyeri.

Posisi football hold biasanya juga digunakan oleh para ibu yang menyusui anak kembar. Kedua sisi payudara bisa digunakan dengan maksimal tanpa harus mengganggu kenyamanan dari si kecil. Kuncinya bunda harus memastikan tubuh bayi berada tepat di sisi payudara, jangan sampai tertekuk. 

Cara Menyusui Agar Bayi Tidak Muntah 

Selain mengenal beragam teknik diatas tadi, ada beberapa cara bisa dicoba untuk membuat si kecil nyaman dan tidak memuntahkan kembali ASI yang sudah masuk ke dalam tubuh. Posisi ini akan membantu proses menyusui jadi menyenangkan baik untuk bunda atau buah hati.

1. Tempelkan Tepat pada Payudara 

Saat awal-awal kelahirannya, si kecil pastinya belum tahu dimana letak payudara untuk memenuhi sumber tenaganya. Oleh karena itu bunda harus membantu menempatkan bayi pada posisi yang tepat, yakni puting payudara. Bila tidak berada pada titik yang tepat maka akan terasa kurang nyaman.

Pastikan mulut bayi sudah menempel tepat pada puting, agar nantinya lidah serta bibir bisa menyerap ASI dengan baik. Jika hanya menghisap saja justru hal tersebut akan melukai payudara dan puting dari bunda. Jangan sampai hal tersebut terjadi karena pemulihannya juga cukup lama.

2. Pegang Belakang Kepala Bayi 

Terakhir pastikan Anda memegang bayi, tepatnya pada belakang kepalanya.  Pastikan sudah menghadap ke payudara bunda, sehingga perutnya juga menempel ke perut kita. Posisi ini akan membuatnya bisa menyusui dengan nyaman. Sejajarkan juga tubuhnya agar tidak menoleh. 

Cara menyusui semuanya memang terlihat mudah, namun sebenarnya perlu detail yang tepat. Tujuannya adalah bayi bisa menghisap ASI dengan perasaan nyaman, bunda juga tidak kesakitan karena air ASI tak kunjung keluar dari payudaranya. 

Itulah beberapa teknik dan panduan lengkap cara menyusui bayi dengan benar. Awalnya pasti masih terasa kaku, namun jika dibiasakan lama-lama juga akan luwes sendirinya. Bagian terpenting adalah pastikan posisi bunda dan si kecil sama-sama nyaman.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Parenting

Buku Saku #BundaBangga dari Dancow dan KPPPA, Bantu Bunda Membentuk Karakter Anak

Rasanya, kita semua pasti setuju kan Bun, jika setiap orang tua pasti ingin memberikan nutrisi, stimulasi dan lingkungan penuh cinta terbaik untuk tumbuh kembang Si Buah Hati. Terlebih pada saat pandemi seperti ini, kita memiliki peranan penting dalam memastikan tumbuh kembang Si Buah Hati di rumah. Nah, memahami hal ini, Nestlé DANCOW Nutritods mendukung para orang tua anak usia Toddler dan Prasekolah dengan memperkenalkan kampanye Bunda Bangga. Sekaligus jadi gerakan dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional 2021 serta melaksanakan arahan presiden dalam peningkatan peran Bunda dan keluarga dalam pendidikan anak. Dalam kesempatan ini, Nestlé DANCOW Nutritods bekerja sama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (Kementerian PPPA) dalam menyusun Buku Saku #BundaBangga serta memberikan edukasi dan sosialisasi manfaat Bunda Bangga kepada lebih banyak keluarga di Indonesia.

Pada acara prescon yang dilakukan secara virtual pada hari Rabu, 21 Juli 2021 kemarin, Pritha selaku VP Category Marketing Manager Nestlé Dancow Susu Pertumbuhan mengatakan, “Nestlé DANCOW Nutritods berkomitmen untuk menjadi mitra terpercaya para Bunda dan Ayah guna bantu lindungi langkah eksplorasi Buah Hati mereka. Kampanye Bunda Bangga ditujukan untuk mendukung orang tua dalam memberikan apresiasi atas usaha dan pencapaian Si Buah Hati. Kami percaya bahwa kerjasama dengan Kementerian PPPA dalam peluncuran Buku Saku #BundaBangga guna membantu para orang tua untuk dapat memantau optimalisasi 5 dimensi tumbuh kembang Si Buah Hati dan memberikan inspirasi nutrisi, stimulasi dan pola asuh dari Nutritods Council Expert.”

Hal penting yang juga perlu Bunda tahu dari gerakan ini, Kampanye Bunda Bangga bermanfaat baik bagi Si Buah Hati maupun kita sebagai orangtua. Bagi Buah Hati, apresiasi orang tua akan mendukung pengembangan rasa harga diri positif, pantang menyerah, konsentrasi, kerjasama, bahagia, serta percaya diri untuk terus bereksplorasi dan meraih tumbuh kembang optimal guna membentuk Karakter Anak Unggul Indonesia. Sementara bagi Bunda & Ayah, rasa bangga dan apresiasi meningkatkan kepekaan akan kebutuhan tumbuh kembang Si Buah Hati, membangun kualitas interaksi yang lebih positif, serta meningkatkan rasa percaya diri bahwa dirinya mampu untuk terus mendampingi Si Buah Hati di setiap tahap tumbuh kembangnya.​

Masih di acara yang sama, Rohika Kurniadi Sari, S.H. M.Si., Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak atas Pengasuhan dan Lingkungan Kementerian PPPA mengatakan “Menyambut Hari Anak Nasional 2021, Kementerian PPPA mengusung tema Anak Terlindungi, Indonesia Maju. Melalui tema ini Kementerian PPPA senantiasa berkomitmen dalam perlindungan dan pemenuhan hak anak. Kami percaya bahwa apresiasi orang tua memiliki peranan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak di rumah sedari dini. Kami menyambut inisiasi kampanye Bunda Bangga dari Nestlé DANCOW Nutritods sebagai salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh orang tua dalam memberikan lingkungan terbaik bagi anak untuk berkembang dan bereksplorasi.”

Nah, buat yang sudah penasaran tentang Buku Saku #BundaBangga, Buku Saku ini dapat diakses secara GRATIS melalui website resmi Nestlé DANCOW Nutritods https://www.dancow.co.id/dpc/bukusakubundabangga.

Buku ini berisi panduan nutrisi yang memenuhi kebutuhan si kecil selama masa pertumbuhan. Selain itu, terdapat juga insiprasi beberapa kegiatan yang bisa dilakukan bersama sang buah hati supaya mampu mendukung proses perkembangan diri tidak hanya dari fisik tetapi juga dari sisi mental dan jiwa ke arah yang lebih baik. Jadi, selain berfungsi untuk menghasilkan anak Indonesia yang unggul, buku saku ini akan jadi salah satu alat yang membantu bunda dan ayah untuk mendapatkan inspirasi jika mengalami kebingungan terkait pola asuh yang baik untuk anak.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Lifestyle

Bawaan Hamil Bayi Perempuan dan Laki-Laki

Menjelang trimester kedua bunda pasti sudah tidak sabar menantikan informasi dari dokter mengenai jenis kelamin dari bayi. Namun banyak juga orang yang lebih memilih tebak-tebak buah manggis, Jadi hanya menebak lewat bawaan hamil bayi perempuan atau lelaki saja, tidak melakukan tes ke dokter.

5  Tanda Bawaan Hamil Bayi Perempuan

Bawaan hamil bayi perempuan dipercaya punya tanda atau ciri khusus serta berbeda dengan laki-laki. Hal ini tentunya bisa dirasakan oleh bunda. Apalagi sekarang ini sudah banyak juga informasi beredar mengenai tanda jika sedang hamil bayi perempuan. Lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini.

1. Posisi Bayi Terasa pada Pusat Perut 

Banyak orang beranggapan jika hamil anak perempuan maka bentuk perut dari bunda akan terlihat meninggi juga lebar. Namun ternyata anggapan tersebut hanyalah mitos belaka. Justru posisi si kecil yang dapat menjadi isyarat apakah jenis kelamin yang sedang dikandung dalam perut. 

Tanda-tanda jika Anda tengah hamil anak perempuan adalah posisi janin umumnya berada tepat pada sekitar pusat perut. Rasanya perut akan terasa padat di bagian tengah, ciri ini menjadi isyarat paling utama ketika sedang tebak-tebak jenis kelamin sebelum nantinya diperiksakan ke dokter.

2. Terkena Morning Sickness yang Lebih Buruk 

Tanda kedua bahwa bunda sedang mengandung anak perempuan adalah terkena morning sickness yang sangat buruk. Hal ini tentunya tantangan yang harus dilewati ketika sudah masuk trimester pertama, kondisi parah ini akan semakin bertambah dengan perubahan hormone yang berdampak ke emosional.

Indikasi bahwa morning sickness parah dan emosional yang berubah-ubah ternyata menjadi indikasi bahwa janin yang dikandung lebih condong kelamin perempuan. Namun tentu saja tebakan ini bisa saja salah karena biasanya orang hamil memang cenderung sensitif dan jadi sangat perasa.

3. Mulai Terjadi Permasalahan Kulit 

Bagi sebagian ibu hamil mungkin sudah pernah merasakan masalah satu ini.  Banyak orang berpendapat ternyata hamil anak perempuan memiliki tanda timbulnya permasalahan kulit. Pada kasus tertentu yang biasanya jadi glowing justru mulai timbul jerawat, kulit berminyak atau pecah-pecah.

Hal tersebut rupanya mengindikasikan jika bayi yang dikandung memiliki jenis kelamin perempuan. Namun tenang karena pada umumnya masalah tersebut akan hilang setelah proses persalinan berlangsung. Kebanyakan akan kembali ke kondisi seperti semula tanpa ada treatment khusus.

4. Ukuran Payudara yang Berbeda

Salah satu perubahan paling mudah dikenali adalah perubahan fisik yang menyebabkan kedua payudara punya ukuran berbeda. Ternyata ini juga menjadi indikasi bahwa Anda sedang mengandung bayi dengan jenis kelamin perempuan. Biasanya dada sebelah kiri mengalami pertumbuhan lebih cepat dan besar. 

Namun pertumbuhan ini tidaklah terlalu berbeda jauh sehingga mengakibatkan keduanya sangat berbeda. Tidak akan terlalu terlihat apalagi jika sudah memakai baju besar. Jadi tidak perlu terlalu risih juga dengan ciri perubahan fisik satu ini. Asalkan bayi sehat bukanlah masalah besar.

5. Terjadinya Perubahan Suasana Hati yang Terlalu Berlebihan 

Bunda juga akan merasakan adanya perubahan suasana hati yang terlalu berlebihan saat sedang mengandung bayi jenis kelamin perempuan. Teori ini memang tidak 100% mendukung, namun kebanyakan kasus hasilnya sama. Terlalu rewel, mudah menangis, sensitive adalah ciri-cirinya.

Hal ini tidak hanya soal perasaan emosional saja melainkan juga cara berpikir dan berperilaku. Bunda jadi lebih berpikir 2 kali bahkan lebih saat sedang menginginkan sesuatu bahkan bisa jadi overthinking. Oleh sebab itu para suami harus bersabar ketika istrinya mengalami tanda-tanda demikian adanya.

Tanda Pada Anak Laki-laki 

Jika di atas ada anak perempuan, maka di bawah ini disuguhkan pula beberapa tanda jika Anda sedang hamil buah hati berjenis kelamin laki-laki. Berikut ulasannya:

1. Muka Bersinar Tanpa Jerawat 

Dari sekian banyak mitos dan fakta ada satu pernyataan yang dianggap benar. Jika kulit wajah menjadi glowing bersinar tanpa jerawat tandanya bunda sedang mengandung anak laki-laki. Hal tersebut sudah banyak terbukti benar. Namun pada beberapa kasus bisa juga tidak nampak perubahan ini. 

Bisa jadi ibu hamil punya kebiasaan makan makanan tidak sehat, suka konsumsi yang berminyak, kurang minum air putih, juga tidak merawat kebersihan muka secara teratur. Hal tersebut tentu menjadi penyebab kulit wajah kusam dan cenderung berminyak walaupun sedang mengandung anak laki-laki.

2. Warna Urin Jadi Lebih Pekat 

Pernyataan kali ini ternyata hanyalah mitos belaka. Sebab pada kenyataannya warna urin bukanlah dipengaruhi oleh jenis kelamin saat mengandung. Melainkan ketidakseimbangan hormon juga kebiasaan minum air putih yang masih kurang. Sehingga mengakibatkan ibu hamil terkena dehidrasi.

Jenis kelamin perempuan atau laki-laki tidak akan mempengaruhi warna urin yang keluar. Jadi jangan percaya jika ada yang mengatakan demikian, sebab sudah terbukti hanya mitos belaka. Untuk lebih jelasnya bisa langsung tanyakan saja pada dokter agar tidak tebak-tebak buah manggis lagi.

3. Pertumbuhan Rambut Jadi Lebih Cepat 

Terakhir adalah pernyataan tentang pertumbuhan rambut jadi lebih cepat adalah pertanda jika bayi yang dikandung adalah laki-laki. Hal ini ternyata juga kurang tepat, karena menurut penelitian pertumbuhan rambut maupun kuku tidak bisa dijadikan patokan dalam menentukan jenis kelamin.

Pada umumnya wanita memang akan kehilangan rambut setidaknya 100 helai perhari dalam keadaan normal, dan bisa jadi lebih banyak ketika sedang hamil. Oleh karena itu pertumbuhan rambut tidak berpengaruh banyak dalam menentukan jenis kelamin dari janin dalam rahim.

Menentukan jenis kelamin bayi saat ini memang tidak bisa hanya tebak-tebakan saja. Lebih akurat lagi jika menyerahkannya langsung pada dokter. Namun apapun jenis kelaminnya tentu saja harus disyukuri, dijaga dengan sepenuh hati sampai tiba proses persalinan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Mom Life

Tips Memilih Vitamin Untuk Ibu Hamil

Masa kehamilan adalah saat dimana kebutuhan nutrisi juga gizi harus diperhatikan dengan benar. Selain asupan buah juga sayur, vitamin untuk ibu hamil turut serta menunjang kebutuhan harian tubuh. Ada banyak jenis vitamin bisa didapatkan dari apotik, namun tetap harus sesuai dengan resep dokter. 

Memilih Jenis Vitamin Untuk Ibu Hamil 

Sebagai ibu hamil tentunya harus protektif juga selektif dalam memilih makanan juga vitamin sebagai penunjang imunitas tubuh. Konsultasi dengan dokter menjadi salah satu cara agar para ibu bisa mendapatkan petunjuk jenis vitamin tepat dan sesuai dengan kondisi mereka. 

1. Perhatikan Komposisi Kandungannya 

Setiap vitamin pastinya punya kandungan bahan berbeda-beda. Ibu hamil harus tahu kebutuhan nutrisinya dan apakah bisa dipenuhi dengan rajin minum suplemen tersebut. Biasanya apoteker juga akan menjelaskan komposisi untuk memastikan sudah memberikan takaran yang pas.

Setiap ibu hamil butuh takaran vitamin berbeda-beda. Jadi jangan asal melihat temannya cocok lalu memutuskan untuk mencoba tanpa  ada aturan dari dokter. Misalnya Anda lebih butuh asam folat jadi harus konsumsi vitamin sesuai itu, bukan dengan komposisi kandungan lain yang tidak sesuai.

2. Perhatikan Efek Samping yang Bisa Saja Terjadi 

Jangan lupa terhadap efek samping. Belum tentu asupan nutrisi dari vitamin 100% aman untuk ibu hamil. Contohnya saja kelebihan asam folat bisa mengakibatkan anak lahir dengan resiko cacat fisik maupun mental. Oleh karena itu butuh pendampingan dari dokter agar mendapat resep tepat. 

Ibu hamil anak pertama biasanya akan lebih pusing ketika memilih vitamin mana yang sesuai dengan kebutuhannya. Agar tahu apakah suplemen tersebut tepat atau tidak mula-mula lakukan cek kesehatan dulu ke dokter. Setelah mendapatkan resep obat barulah menuju apotik terdekat.

3. Bicarakan dengan Dokter 

Selanjutnya untuk alasan keamanan ibu hamil juga harus memastikan suplemen tersebut aman dikonsumsi selama masa kehamilan. Bicarakan langsung dengan para pakarnya yakni dokter tentang penggunaan vitamin tersebut. Apakah sudah sesuai dengan kebutuhan masing-masing pasiennya.

Sekarang ini sudah banyak juga tempat yang bisa dijadikan konsultasi dokter selain rumah sakit. Mengingat sedang musim pandemi rasanya akan kurang nyaman jika terlalu sering berkunjung ke rumah sakit. Bunda bisa memanfaatkan pelayanan online dengan memilih nama dokter yang diinginkan.

4. Sesuaikan Juga dengan Kebutuhan 

Selama kehamilan, ibu akan perlu asupan nutrisi lebih banyak dibandingkan hari-hari biasanya. Dari porsi makan, minum, sampai tidur semuanya butuh porsi lebih. Agar imunitas tetap terjaga dengan baik ibu harus memiliki suplemen vitamin sebagai penunjang agar janin dalam kandungan juga tetap sehat. 

Suplemen nantinya akan melengkapi nutrisi sehingga kebutuhan harian akan terpenuhi dengan baik. Jika ibu selama masa hamil tidak suka dengan ikan maka bisa gunakan vitamin mengandung lemak ikan untuk memabantu tumbuh kembang kondisi janin tetap optimal. Jadi tidak boleh asal minum saja.

5. Jangan Asal Pilih Suplemen Vitamin 

Perlu diketahui bahwa tidak semua jenis suplemen vitamin baik untuk kondisi ibu hamil. Meskipun banyak orang mengatakan jika itu bisa membantu memenuhi asupan nutrisi selama masa kehamilan namun nyatanya ada beberapa hal harus dihindari demi kesehatan ibu juga kondisi janin. 

Misalnya saja sebuah jenis suplemen tidak bisa dikonsumsi tanpa adanya resep dari dokter, atau jika sampai mengonsumsinya secara berlebihan akan meningkatkan resiko buruk pada janin. Demi keselamatan keduanya mematuhi aturan dari poin-poin di atas sangatlah penting. 

Manfaat Konsumsi Vitamin Untuk Ibu Hamil 

Selama trimester pertama biasanya ibu hamil sudah dianjurkan untuk rutin konsumsi suplemen. Banyak manfaat yang bisa diperoleh ketika sudah terbiasa melakukannya. Satu hal yang pasti, masa kehamilan adalah saat paling dinantikan oleh wanita di dunia, prosesnya harus dinikmati dengan baik.

1. Kandungan Kalsium Membangun Tulang Bayi 

Vitamin ternyata juga punya kandungan kalsium yang berperan untuk membangun tulang pada tubuh bayi agar terbentuk secara sempurna. Kebutuhan nutrisi kalsium selama masa hamil memang mengalami peningkatan, yakni jadi 1000 mg /  hari. Sedangkan sampai sekarang masih banyak yang abai.

Bila memang saat awal masa kehamilan terasa berat untuk konsumsi makanan atau minuman mengandung kalsium, sebaiknya bantu pemenuhan kebutuhan harian dengan suplemen vitamin.    Jangan sampai terjadi sesuatu tidak diinginkan hanya karena kalsium semasa hamil tidak mencukupi.

2. DHA Untuk Meningkatkan Otak Anak 

Selain itu ada juga kandungan DHA dalam suplemen vitamin. Sekarang sudah banyak jenis vitamin prenatal yang komposisinya adalah omega-3. Lemak ini tidak jahat, justru sehat dan berguna untuk perkembangan sistem saraf serta otak bayi selama dalam masa kandungan ibu. 

Dalam menu makanan DHA terdapat pada lemak ikan, asupan rendah nantinya akan mengakibatkan penurunan IQ dan membatasi pertumbuhan otak secara maksimal. Oleh karena itu jangan kurangi asupan DHA selama masa kehamllan, minta saran dari dokter agar hasil maksimal. 

3. Mengurangi Resiko Komplikasi Kehamilan 

Terakhir vitamin juga dapat membantu mengurangi resiko adanya cacat pada bayi selama masa pertumbuhannya. Selain itu mengurangi resiko terjadinya komplikasi pada ibu hamil agar tidak melahirkan secara prematur. 

Sudah banyak studi yang mengungkapkan tentang manfaat vitamin terhadap kehamilan. Rupanya akan terjadi penurunan resiko empat kali lebih besar jika suplemen mulai dikonsumsi pada trimester pertama. Kelahiran prematur juga dapat dihindari. 

Sekarang ini jenis-jenis suplemen juga sudah banyak tersedia baik di rumah sakit maupun apotik. Hanya saja penggunaannya harus disesuaikan dengan resep dokter. Ibu hamil seharusnya memang konsums vitamin sejak trimester pertama agar tumbuh kembang Janin juga semakin maksimal.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Most Share

To Top