Dapatkan Artikel menarik dan mendalam langsung lewat SAYANGIANAK EXTRA di emailmu...

* indicates required
Parenting

Ayah dan Bunda, Yuk Kenali Bahasa Cinta Anak Untuk Mengungkapkan Kasih Sayang

Father and mother kissing daughter

Setiap orang tua pasti ingin mengungkapkan kasih sayang dan memberikan perhatian kepada anaknya. Mungkin ayah dan bunda suka memeluk si kecil, membelai kepala, atau memberikan hadiah. Lalu bagaimana respon anak? Apakah suka atau justru merasa tidak nyaman?

Ada 5 bahasa cinta, setiap anak bisa memiliki Bahasa cinta yang berbeda-beda. Nah, agar ayah dan bunda  dapat mencurahkan kasih sayang dan mengungkapkan cinta dengan tepat, maka perlu mengetahui macam-macam bahasa cinta.

1. Ungkapan kata-kata dan pujian

Jika anak senang dengan pujian, kata-kata manis, dan ucapan kasih sayang, berarti anak mempunyai bahasa cinta dengan kata-kata. Anak dengan tipe bahasa cinta ini juga suka mengekspresikan cintanya kepada orang tua melalui kata-kata, misalnya sering mengatakan, “Aku sayang ayah dan bunda.” Anak juga akan suka jika dipuji, tetapi ayah dan bunda perlu ingat untuk memberikan pujian yang efektif, yaitu memuji tingkah laku atau perbuatan baik anak.

2. Sentuhan fisik

Anak yang memiliki Bahasa cinta berupa sentuha fisik akan suka saat dipeluk, dibelai, atau dicium. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa pelukan mempunyai banyak manfaat. Nah, jika si kecil memiliki Bahasa cinta sentuhan fisik, jangan lupa untuk memeluk anak setiap hari ya, Bun.

3. Memberikan hadiah dan kejutan

Setiap anak pasti akan senang jika diberi hadiah atau kejutan. Jangankan anak kecil, orang dewasa pun juga senang, begitu bukan? Anak dengan bahasa cinta ini akan merasa sangat senang walaupun hadiahnya sangat sederhana, misalnya stiker atau makanan kesukaannya. Bukan harga hadiah yang membuatnya bahagia, tapi perhatian orang tuanya. Jadi, ayah dan bunda tidak harus membelikan sesuatu yang mahal.

4. Sering menemani anak

Anak tipe ini sangat suka jika orang tua meluangkan waktu khusus untuknya. Bukan hanya menemani secara fisik, tapi harus fokus, tidak sambil mengerjakan hal lain. Ayah dan bunda harus meluangkan waktu khusus setiap hari, misalnya mendengarkan cerita si kecil sebelum tidur.

5. Memberikan bantuan

Bahasa cinta terakhir adalah dengan memberikan bantuan. Anak tipe ini senang jika orang tua mau membantunya, misalnya membantu anak belajar, membacakan buku, dan aktivitas sehari-hari. Namun, ayah dan bunda juga perlu memilih mana yang perlu dibantu dan mana yang bisa dikerjakan sendiri. Jangan sampai anak menjadi tergantung kepada orang tua dan tidak mandiri.

Nah, sekarang ayah dan bunda perlu memahami Bahasa cinta anak. Jangan sampai anak merasa tidak diperhatikan dan tidak dicintai ya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Most Share

To Top