Parenting

Anak Perempuan Biasanya Tumbuh Matang Lebih Cepat daripada Laki-laki. 10 Nasehat-Nasehat yang Bisa Ibu berikan untuk Anak Perempuannya

Anak perempuan biasanya tumbuh matang lebih cepat daripada laki-laki. Mereka lebih cepat bicara, bergaul, dan lebih sering menonjol secara akademis.Namun, terkadang terdapat beberapa masa dimana ia menghadapi tekanan sosial, harapan, dan anggapan yang bisa jadi membuatnya sedih, hingga tertinggal secara akademis bahkan membuat mereka putus asa. Sebagai orang tua, kita bisa memberikan nasihat-nasihat ini untuk mencegahnya.

1. “Belajarlah lebih tegas”

Dalam pergaulannya, ia akan menghadapi beragam jenis masalah yang membuat ia sungkan mengatakan tidak. Dunia di luar sana terkadang memintanya melakukan hal-hal yang tidak baik, dari mulai menjahili teman hingga potensi diajak mengonsumsi narkoba. Dengan memberikan nasihat ini, anda akan mengajarkannya menjadi anak anda menjadi asertif dengan mengekspresikan kebutuhan dan kemauannya.

2. “Lakukanlah yang terbaik”

Anak anda akan mengalami keberhasilan dan kegagalan. Dengan nasihat ini, ia akan menghargai proses, tidak hanya hasil. Hal ini akan membuatnya lebih jujur dan tumbuh menjadi pribadi yang terus memperbaiki diri.

3. “Tetaplah berbuat baik kepada teman yang menjauhimu.”

Jelaskan kepada anak Anda bahwa jika dia tidak diundang ke setiap acara temannya  atau tidak diajak bergabung setiap permainan lompat tali, itu bukanlah sebuah penghinaan. Jelaskan bahwa ketika anak lain mengatakan “Aku nggak mau berteman denganmu,” itu sebenarnya berkaitan dengan suasana hati buruk si teman tersebut.

4. “Hati yang cantik lebih baik dari wajah yang cantik”

Nasihat ini membangun rasa percaya diri karena telah menjadi orang yang baik. Sah-sah saja jika kita cantik.  Kalimat ini menekankan bahwa kecantikan sejati berasal dari hati yang baik, bijaksana, dan penuh kasih.

nasehatorangtuaperepuan

5. “Bersyukurlah dengan apa yang Tuhan berikan untuk tubuhmu.”

Akan ada saat dimana ia bertanya mengenai konsep tubuhnya karena dibandingkan dengan orang lain. Memberikan nasihat ini dapat membantu anak perempuan untuk tumbuh dengan rasa percaya. Ini akan membuat ia percaya  bahwa model di majalah tidak terlihat nyata. Foto-foto mereka diubah untuk membuat gadi-gadis itu terlihat lebih tipis dan lebih sempurna daripada yang sebenarnya.

6. “Bersyukurlah dengan yang kau miliki.”

Akan ada masa dimana ia mendapat pengaruh bahwa membeli atau memiliki barang tertentu bisa membuat dunianya lebih baik. Inilah awal mula konsumerisme.  Dengan terus memberikan nasihat ini, anda akan membangun rasa syukur dan menjauhkannya dari hedonisme di masa dewasa.

7. “Bersabarlah dengan gangguan temanmu”

Hal ini akan membuatnya lebih siap jika tidak diperlakukan temannya dengan baik. Jika anak anda siap untuk itu, ia akan menjadi perempuan yang lebih tegar.

8. “Jagalah  perasaan temanmu.”

Anak anda akan menemukan beberapa jenis teman. Dengan mengingat nasihat ini, ia akan belajar mempertahankan teman yang baik dan setia serta membalas budinya.

9. “ Jangan membandingkan dirimu dengan orang lain. “

Akan selalu ada saat dimana anak anda menghadapi seseorang yang lebih cantik, lebih kaya, lebih populer, lebih berbakat, atau lebih pintar. Nasihat ini akan membantunya menganggap hidupnya lebih baik atau lebih bahagia. Ia akan belajar bahwa hidup ini bukan kompetisi, tapi perjalanan.

10. “Bicarakan masalahmu dengan Ibu.”

Hal ini bukan seperti memberikan kesempatan anak untuk mengeluh atau membual atau mencoba untuk mendapatkan perhatian Anda. Nasihat ini akan membuat anak anda terbuka dan membicarakan masalahnya. Selain itu, ia akan merasakan perhatian ibunya yang selalu siap untuk mendengarkan masalahnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Most Share

To Top