Kesehatan Ibu & Anak

Ajari si Kecil 11 Hal ini Agar Terbiasa Tidur Lebih Awal dan Tanpa Harus Ada Drama

manfaatanaktidursiang

Menidurkan anak-anak bisa menjadi hal tersulit bagi Anda para orangtua. Berbagai ritual tidur sudah Anda lakukan tetapi si kecil tetap tak mau tidur juga dan masih saja aktif bermain. Lalu bagaimana sih agar buah hati Anda segera tidur tanpa harus ada drama terlebih dahulu?

Berikut ini tips-tipsnya

1. Jika Anak selalu ditemani, dia hanya akan bisa tidur jika Anda berada disampingnya. Sebaiknya mulai membiasakan anak untuk pergi tidur sendiri

Kita tahu bahwa kebanyakan orangtua selalu menemani anaknya tidur di malam hari. Namun sebenarnya hal ini tidak terlalu tepat. Mengapa? Menemani anak Anda tidur hingga benar-benar tertidur lelap hanya akan menjadi kebiasaannya saja. Hal ini akan membuat si kecil berpikir, dia hanya akan bisa tidur jika Anda berada disampingnya. Jadi ada baiknya Anda tak menggunakan lagi cara tersebut untuk membuat si kecil tidur lelap di malam hari.
manfaatanaktidursiang

2. Mulailah Mengajari anak  tentang bagaimana caranya agar ia bisa cepat tidur

Lebih baik Anda mengajarkan dia tentang bagaimana caranya agar si kecil bisa cepat tidur. Misalnya saja, Anda bisa menerapkan beberapa ritual sebelum tidur seperti mandi terlebih dahulu sebelum tidur, menggosok gigi, membaca buku atau kebiasaan-kebiasaan baik lainnya yang memberi efek rileks pada tubuh.

3. Berilah pengertian dan katakanlah padanya bahwa Anda tidak benar-benar meninggalkan dia

Membiasakan si kecil tidur sendiri memang tak mudah dan mungkin di tahap awal buah hati Anda akan merasa takut ketika akan ditinggal oleh Anda. Ketika si kecil merengek agar Anda tetap berada disampingnya, berilah pengertian dan katakanlah padanya bahwa Anda tidak benar-benar meninggalkan dia, Anda selalu berada di dekatnya dan juga yakinkanlah pada si kecil agar dia tak usah takut tentang hal apapun sebab Anda pasti akan kembali untuk mengeceknya 5 menit sekali, melihat apakah keadaan dia aman. Meski memerlukan waktu yang lama, jangan pernah menyerah dan lelah memberikan si kecil penjelasan serta pengertian agar dia tidur sendiri. Tentu akan menjadi kebanggaan tersendiri bila anak Anda sudah bisa pergi tidur sendiri, bukan?

4. Jangan heran bila si kecil banyak alasan ketika diminta tidur cepat

Tak usah heran bila si kecil mulai banyak alasan dan permintaan ketika Anda menyuruh dia untuk pergi tidur. Seperti meminta minum berulang-ulang atau tiba-tiba ingin mengerjakan tugas sekolahnya yang masih 2 minggu lagi dikumpulkan atau permintaan-permintaan aneh lainnya.

5. Jangan membiarkan si kecil mengulur-ulur waktu tidur

Bila si kecil terus-terusan berdalih untuk mengulur-ulur waktu tidurnya, hentikan dia segera. Anda bisa dengan lembut berkata bahwa sekarang ini adalah waktunya dia untuk pergi tidur. dia bisa mengerjakan tugasnya tersebut esok pagi setelah bangun tidur. Hafalkanlah segala alasan-alasan yang sering digunakan anak Anda untuk mengulur waktu tidur dan siapkan segala hal yang mungkin akan diminta anak Anda, berjaga-jaga kalau nanti dia beralasan lagi karena Anda menyuruhnya pergi tidur.

6. Orangtua harus membuat aturan yang jelas dan tegas, sehingga anak Anda mengerti akan aturan yang Anda terapkan

Anda pun harus membuat aturan yang jelas dan tegas, bahwa si kecil tak diijinkan lagi berdalih atau banyak alasan jika Anda menyuruh dia pergi tidur, dan tegaskanlah bahwa Anda tak akan memenuhi semua hal yang dia minta sehingga anak Anda mengerti akan aturan yang Anda terapkan

7. Biarkan si kecil yang menentukan kapan waktunya pergi tidur tetapi jangan lupa untuk tetap membatasi kemauannya.

Anak-anak sangat senang bila dirinya dianggap sudah besar dan mandiri. Maka untuk membuat si kecil merasa bahwa dirinya sudah dianggap besar dan mandiri, biarkan mereka yang menentukan kapan waktunya pergi tidur tetapi jangan lupa untuk tetap membatasi kemauannya. Triknya ajukanlah 2 pilihan pada anak Anda, dengan begitu Anda masih bisa tetap mengontrol si kecil agar tak mengulur-ulur waktu lebih lama untuk pergi tidur.

9. Tetaplah tenang dan berbicaralah perlahan-lahan pada buah hati Anda agar dia bisa mengerti.

Jangan terbawa emosi bila si kecil terus menerus merengek dan mencari-cari alasan agar bisa menghindari waktu tidur. Tetaplah tenang dan berbicaralah perlahan-lahan pada buah hati Anda agar dia bisa mengerti. Jangan pernah mengabulkan keinginan si kecil untuk mengulur waktu tidurnya, seperti merengek “5 menit lagi mommy”, berkatalah tidak. Sekali Anda menjawad iya, maka buah hati Anda akan terus menggunakan hal tersebut sebagai senjata agar dia bisa menghindari waktu tidurnya.

10. Jika si kecil tetap tak mau pergi tidur, tanyakanlah dan cari tau mengapa si kecil tak mau tidur.

Bila dia merasa takut akan sesuatu hal, yakinkanlah bahwa tak akan ada hal apapun yang terjadi karena Anda, akan selalu datang mengecek si kecil sepanjang malam.

11. Singkirkanlah kotak bayi si kecil dan gunakanlah tempat tidur untuk anak-anak

Bila si kecil sudah menginjak usia 3 tahun, gunakanlah tempat tidur anak-anak dan singkirkanlah kotak bayinya. Anak Anda bertumbuh besar tiap harinya jadi kotak bayi sudah pasti tak akan cocok lagi dengannya.

Anda pun harus memberitahu si kecil bahwa semakin besar si kecil harus belajar untuk bisa tidur sendiri, karena orang dewasa pun tidur sendiri. Dan ketika dia mulai menggunakan tempat tidurnya yang baru, berikanlah pujian pada buah hati Anda. Dengan begitu si kecil merasa dihargai dan hal tersebut akan baik untuk membangun kepercayaan dirinya, sehingga dia mau untuk pergi tidur sendiri.

adorable-book-boy-1250722 adorable-book-boy-1250722
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Most Share

To Top