lifestyle

6 Tempat Liburan Anak di Jakarta

liburan anak, tempat liburan anak di jakarta

Liburan di Jakarta ada banyak pilihan untuk mengajak si kecil. Mal dan museum bisa jadi alternatif. Selain juga taman wisata seperti Ancol Taman Impian dan Taman Mini Indonesia Indah. Pilihan lain adalah Taman Margasatwa Ragunan.

liburan anak, tempat liburan anak di jakarta Tempat-tempat wisata di atas seakan destinasi wajib saat liburan di Jakarta, terutama bagi wisatawan dari luar daerah. Padahal, ada pula tempat-tempat wisata lainnya yang cocok untuk si kecil.

Kidzania. Wahana permainan ini berada di Lantai 6, Mal Pacific Place, Sudirman, Jakarta Selatan. Ada 71 paviliun yang setiap paviliun mewakili ratusan profesi mulai dari dokter, wartawan, polisi, hingga pemadam kebakaran.

Tempat ini ibarat kota lengkap dengan gedung-gedungnya. Pengunjung yang merupakan anak-anak menjadi pemeran utama dengan melakukan aneka profesi tersebut. Mereka menjalani profesi lengkap dengan perlengkapan dan seragam.

Tiket masuk di kisaran Rp 100.000-Rp 180.000 pada masa liburan, tergantung usia anak. Kidzania berlaku untuk anak-anak mulai dari 2 hingga 16 tahun. Ada dua sesi waktu, yaitu sesi 1 pada 9.00-14.00 dan sesi 2 pada jam 15.00-20.00. Datanglah di jam-jam sesi tersebut.

Phinisi Edutainment Park. Taman bermain ini berada di Lantai 9 dan 10, Mall Pasaraya Blok M, Jakarta Selatan. Di tempat ini, anak-anak bisa mengikuti kelas-kelas yang mengajarkan kebudayaan Indonesia.

Si kecil bisa belajar wayang, membatik, dan menari.  Setiap kelas, anak-anak akan dipandu oleh Children Attendance. Tempat ini cocok untuk anak usia 4 hingga 16 tahun. Tarif pada musim liburan mulai dari Rp 100.000-Rp 130.000.

Galeri Indonesia Kaya. Tempat ini berada di Lantai 8, West Mall Grand Indonesia Shoping Town, Jakarta Pusat. Sebenarnya, tempat ini galeri seni multimedia dan tempat pertunjukan. Tempat ini cocok untuk segala umur.

Mulanya, pengunjung disambut dengan orang berpakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia yang muncul di layar multimedia. Selain itu ada pula video mapping wayang kulit. Lalu layar sentuh menampilkan obyek budaya dan wisata dari Indonesia.

Memang tempat ini ada banyak multimedia layar sentuh. Tak sedikit multimedia ini merupakan interaktif. Seperti pengunjung bisa berfoto dengan pakaian adat digital lalu diunggah ke sosial media. Ada pula permainan tradisional interaktif.

Sky Rink Jakarta. Tempat ice skating atau seluncuran es ini memang sudah ada sejak lama. Arena seluncuran es ini berada di Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat. Tiket di masa liburan adalah Rp 70.000 untuk dua jam.

Harga tersebut sudah termasuk penyewaan sepatu. Namun belum termasuk biaya pelatihan maupun sewa sarung tangan dan kaus kaki. Jam buka dari 9.00 sampai 21.30. Akan tetapi ada hari-hari tertentu yang jam tutupnya lebih awal.

Planetarium. Planetarium Jakarta berada di Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat. Tempat ini terbilang jadul karena sudah berdiri sejak 1969 dan salah satu tempat wajib dikunjungi anak-anak saat di Jakarta.

Di tempat ini, si kecil bisa menonton pertunjukkan teater bintang. Dengan narasi, anak-anak bisa melihat rasi bintang sampai meteor jatuh ke bumi. Anak-anak pun bisa belajar mengenai tata surya.

Tiket masuk terbilang murah hanya Rp 3.500 untuk anak-anak dan Rp 7.000 untuk dewasa. jam pertunjukan untuk umum 16.30 di hari Selasa, Rabu, dan Kamis. Sementara di hari Jumat pada pukul 16.30-17.30. Sedangkan di hari Sabtu dan Minggu di pukul 14.30-15.30.

Taman Lalu Lintas Saka Bhayangkara Cibubur. Taman Lalu Lintas ini berada di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur. Taman yang tergolong luas dan terawat ini ibarat kota kecil. Tak sekedar lampu lalu lintas dan rambu-rambu tetapi ada pula stasiun kereta api sampai miniatur kota.

Si kecil bisa berkeliling taman ini sambil belajar mengenai lalu lintas. Selain dengan menyewa sepeda, juga bisa naik mobil-mobilan untuk anak-anak. Taman ini buka untuk umum hanya di akhir pekan.

 

Travel.kompas.com

adorable-book-boy-1250722 adorable-book-boy-1250722
1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Hi Orang Tua, Kenali 5 Jenis Wisata untuk Anak, Tujuan dan Rekomendasinya | Sayangi Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Kesehatan Ibu & Anak

Kenali Susu Formula Apa yang Cocok untuk Bayi di Bawah Usia 1 Tahun

Perkembangan Bayi 3 bulan

Saat si kecil masih bayi, ASI tentu jadi asupan utama untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Bunda yang bisa menyusui tentu sudah sangat paham akan hal ini. Semua kebutuhan si kecil akan ASI sudah pasti Bunda penuhi.

Keinginan untuk memberikan ASI eksklusif kepada bayi, tentu adalah idaman setiap para bunda yang mengerti tentang pentingnya ASI. Namun banyak yang lupa, tiap bayi lahir dengan kondisi berbeda. Perbedaan ini turut memengaruhi proses pemberian ASI.

Salah satu hal yang lebih penting dari proses permberian ASI adalah tak membiarkan bayi Bunda menangis kelaparan. Ingat, pemberian ASI untuk memberi makan bayi, bukan menjadi ajang prestasi atau sekadar memenuhi keinginan menjadi orang tua sejati.

Meski asupan terbaik untuk bayi adalah Air Susu Ibu (ASI), namun terkadang ada saja masalah yang hadapi Ibu. Masalah seperti, ASI tidak cukup, rasa sakit, tingkat stres yang sangat tinggi sampai harus kembali bekerja adalah beberapa alasannya. Alasan yang sangat bervariasi dan sangat pribadi.

Akhirnya Bunda terpaksa harus menggunakan susu Formula. Susu formula memang tidak akan bisa menandingi manfaat ASI. Namun jika tidak memungkinkan memberi ASI secara eksklusif, jangan sampai keadaan ini membuat Bunda menjadi tertekan.

Susu Formula Apa yang Cocok untuk Bayi di Bawah Usia 1 Tahun?

Pada dasarnya semua produk susu formula terdiri dari kumpulan nutrisi utama, yaitu protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. Namun, yang membedakan adalah jenisnya.

Pastikan di kemasan susu ada tertulis bahwa produk tersebut cocok untuk dikonsumsi bayi baru lahir. Untuk bayi baru lahir dan masih di bawah usia satu tahun, sebaiknya pilih produk susu formula yang berasal dari susu sapi.

Langkah selanjutnya adalah memperhatikan jenis protein yang digunakan. Protein susu sapi terbagi dua, yaitu whey dan casein. Jenis whey lebih direkomendasikan untuk bayi baru lahir karena dianggap lebih mudah dicerna.

Namun Bunda bisa juga memakai produk yang menggabungkan keduanya. Tapi ingat bahwa komposisi whey harus lebih tinggi daripada casein. Biasanya rasio antara whey dan casein sekitar 60:40. Rasio itu setara dengan kandungan protein pada ASI. Teruskan penggunaan sampai bayi berusia satu tahun. Jika Bunda merasa bayi tidak menyukainya, Bunda boleh mengganti merek yang lebih disukainya, sebaiknya setelah berkonsultasi dengan dokter.

Kumpulan Susu Formula untuk Anak 0 – 12 Bulan

1. Susu Formula Nutramigen LGG

Susubalita

Nutramigen LGG, brand susu bayi favorit yang diformulasikan bagi bayi yang alergi terhadap protein susu sapi. Nutramigen LGG diperkaya dengan protein terhidrolisa ekstensif yang menjadi molekul sangat kecil.

Sehingga merk susu bayi satu ini dapat menurunkan kemungkinan pemicu reaksi alergi.

Komposisi: DHA, ARA, ALA, LA, fat, carbohydrate, protein, energy dan mineral.
Cocok untuk: 0-12 bulan.

2. Susu Formula Baby & Me Organic

susubalita_arla

Baby & Me adalah produk susu formula organik untuk usia 0-6 bulan dan 6-12 bulan yang produksi oleh Arla, perusahaan organik terbesar dari skandinavia. Produk Baby & Me diolah secara organik hingga memiliki kandungan organik secara alami seperti omega 3 & 6 organik, AA DHA, dan FOS & GOS organik. Tekstur susunya yang ringan, membuat produk ini dinilai mirip dengan ASI. Baby & Me Organic memiliki sertifikasi organik dari Eropa dan Indonesia, serta label halal dari MUI.

Komposisi: Omega 3 dan Omega 6 Organik, AA DHA, serta FOS dan GOS Organik, Mengandung 15 Vitamin dan 12 Mineral dan tanpa gula tambahan
Cocok untuk: 0-6 & 6-12 bulan.

3. Susu Formula Isomil Plus Advance Soya

susubalita_isomil

Isomil Plus Advanced Soya dengan isi 400gr cocok untuk bayi yang alergi terhadap susu sapi. Mengandung AA&DHA, protein, natrium, kalsium, vitamin, dan mineral yang penting bagi pertumbuhan bayi.

Susu formula bayi ini telah terbukti kualitasnya dalam memenuhi kebutuhan tumbuh kembang bayi.

Komposisi: AA&DHA, protein, natrium, kalsium, vitamin, dan mineral.
Cocok untuk: 6-12 bulan.

4. Susu Formula Enfamil A+

Susubalita_enfamila

Merk susu pertumbuhan bayi diperkaya Prebiotik GOS tuk kesehatan pencernaan dan nutrisi penting lainnya, Enfamil A+ juga teruji klinis mendukung perkembangan otak bayi.

Komposisi: AA&DHA, protein, natrium, kalsium, vitamin, dan mineral.
Cocok untuk: 0-6 bulan, 6-12 bulan, dan 0-12 bulan.

5. Susu Formula Bebelove

susubalita_Susu Formula Bebelove

Bebelove merupakan susu yang khusus ditujukan untuk bayi berusia 0 hingga 1 tahun. Susu ini bisa diandalkan bagi bunda untuk memastikan si kecil mendapat gizi lengkap guna pertumbuhannya dengan sempurna.

Susu bebas gula ini bisa menjadi penunjang ASI terbaik, karena kaya akan nutrisi.

Komposisi: Prebiotik FOS, lactoferrin, zat besi, kalsium, vitamin dan mineral.
Cocok untuk: 0-6 bulan, 6-12 bulan.

6. Susu Formula Morinaga

susubalita_chil-kid-soya

Morinaga BMT merupakan susu formula untuk bayi dengan formula khusus yang ditujukan bagi anak usia 0-6 bulan. Susu ini juga sangat tepat digunakan untuk pendamping ASI, agar kebutuhan nutrisi bayi semakin terjamin untuk pertumbuhan dan perkembangannya.
Susu ini punya tekstur mirip ASI, sehingga lebih mudah dicerna oleh si buah hati.

Komposisi: DHA, AA, prebiotik, laktulosa, laktoferin, vitamin dan mineral.
Cocok untuk: 0-6 bulan

7. Susu Formula Nutribaby Royal

susubalita_royal

Susu formula Nutribaby Royal dihadirkan dalam dua varian, yakni Nutribaby Royal 1 untuk bayi usia 0-6 bulan, dan Nutribaby Royal 2 untuk bayi usia 6-12 bulan.
Susu Nutribaby Royal dibuat dengan tekstur menyerupai ASI yang mudah dicerna oleh lambung bayi. Susu ini memastikan bayi tumbuh dan berkembang secara optimal.

Komposisi: Omega 3, omega 6, kolin, taurin, prebiotik FOS-GOS, AA dan DHA, 12 mineral, dan 18 vitamin.
Cocok untuk: 0-6 bulan, 6-12 bulan.

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Hi Orang Tua, Kenali 5 Jenis Wisata untuk Anak, Tujuan dan Rekomendasinya | Sayangi Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

adorable-book-boy-1250722 adorable-book-boy-1250722

lifestyle

100 Ibu dan Anak Keliling Jakarta Bareng Orami

orami

Orami Community, wadah untuk bertemunya para ibu se-Indonesia dalam saling dukung dan menambah ilmu parenting, baru saja menggelar “Jelajah Jakarta: Keliling Kota Jakarta dan Museum dengan Jakarta City Tour Bus”. Acara yang digelar dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun Kota Jakarta ini berlangsung di dua museum besar ibukota, yakni Museum Nasional Indonesia dan Museum Bank Indonesia.

Selain berkeliling museum, sebanyak 100 ibu dan anak ini juga mengikuti aktivitas seru, yakni bernyanyi dan mendongeng bersama Rumah Dongeng Pelangi di FX Sudirman. Head of Community Orami, Bunga Mega menyatakan, selain merayakan Hari Ulang Tahun Jakarta, acara ini diadakan untuk mengajak anak-anak mengenal kebudayaan dan sisi kota Jakarta, serta merekatkan hubungan orangtua dan anak melalui pengalaman seru jalan-jalan menggunakan kendaraan umum di Kota Jakarta.

“Kami juga berharap melalui event jalan-jalan ini Orami bisa semakin dapat menjangkau banyak orangtua dan semakin dipercaya untuk menjadi parenting partner seluruh keluarga Indonesia,” tutupnya.

Orami.co.id sendiri merupakan market leader situs e-commerce untuk produk Ibu dan bayi. Di luncurkan pada 8 Februari 2013, Orami.co.id menawarkan pengalaman belanja kebutuhan Ibu dan Bayi dengan pilihan produk terlengkap dan gratis biaya kirim.

Nikmati juga beragam pilihan sistem pembayaran yang aman, promo menarik setiap harinya dan fasilitas pembayaran di tempat (COD). Pada tahun 2018, Orami.co.id berkembang menjadi sebuah solusi menyeluruh bagi Bunda dengan diluncurkannya komunitas online dan offline serta konten tertulis dan video.

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Hi Orang Tua, Kenali 5 Jenis Wisata untuk Anak, Tujuan dan Rekomendasinya | Sayangi Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

adorable-book-boy-1250722 adorable-book-boy-1250722

lifestyle

Rayakan Ultah Si Kecil Tanpa Menguras Dompet Ayah dan Bunda

5-years-old-adorable-beautiful-2388657

Anak kecil akan suka bila ulangtahunnya dirayakan. Namun bagi orangtua, mengadakan perayaan semacam ini perlu banyak pertimbangan dan persiapan. Apalagi urusan biaya ya Bun. Sekalipun tak banyak teman-teman yang diundang, persiapan menjelang pesta si kecil pasti akan menguras dompet ayah dan Bunda.

Tenang Bun, urusan anggaran bisa disiasati lho. Tak perlu takut acara jadi membosankan, justru beberapa trik ini dapat Bunda lakukan demi menekan anggaran serta tak mengurangi keseruan pesta ulangtahun si kecil.

Katakan Pada Si Kecil Kalau Bunda Akan Merayakan Ulangtahunnya di Rumah

Ya Bun, hal pertama yang dapat Bunda lakukan untuk menghemat pengeluaran adalah merayakan pestanya di rumah saja. Dengan begini Bunda tak perlu membayar tempat atau menyewa ruangan untuk mengadakan pesta. Tapi pastikan Bunda memilih dekor atau aksesori yang tepat supaya anak-anak tetap leluasa. Bagi yang rumahnya memiliki teras atau halaman belakang, manfaatkan saja ruang tersebut, Bun.

Tetaplah Buat Kegiatan Seru

Bun, alih-alih memanggil MC atau badut, lebih baik alokasikan dana yang ada untuk membeli peralatan dan perlengkapan untuk kegiatan seru yang Bunda rancang. Nah, salah satu kegiatan yang seru sekaligus murah meriah yaitu mencari harta karun.

Bunda hanya perlu persiapan matang di hari-hari sebelumnya untuk mempersiapkan kegiatan ini. Anggaran mungkin akan dipakai untuk menyetak peta harta karun yang sesuai dengan denah rumah. Nah, dengan kegiatan ini, Bunda juga dapat menyelipkan beberapa hadiah di titik tertentu.

Percayalah, efek kejutan dan sukarnya menemukan harta karun akan jadi cerita seru untuk anak-anak yang ada di pesta si kecil.

Sewa Mainan juga Tak Kalah Seru Lho Bun

Tak mau repot menjaga mood anak-anak yang berkumpul saat pesta ulang tahun? Sewa saja mainan. Belakangan ini sudah banyak jasa sewa mainan yang tersedia lho Bun. Pilih saja yang paling dekat dengan area rumah sehingga memudahkan Bunda saat hendak mengambil dan mengembalikan mainan.

Ada banyak mainan yang biasanya ditawarkan oleh penyedia jasa sewa mainan. Pastikan Bunda memilih mainan yang dapat dinikmati banyak anak seperti kastil dengan ayunan, perosotan, atau kolam renang dari plastik.

Berikan Tontonan yang Menarik dan Pasang Layar di Rumah

Bunda tak perlu khawatir akan kehabisan ide untuk menghibur si kecil. Selalu ada banyak cara lho. Selain aktivitas di luar, Bunda juga bisa memilih alternatif seperti memasang layar di rumah dan memberikan tontonan yang menarik.

Ya, cobalah dengan mengumpulkan mereka untuk menonton film dengan layar proyektor. Layaknya layar tancap yang sering ditonton dahulu kala, buatlah yang sejenis. Bunda bisa memasang film di salah satu sisi tembok rumah, atau di kain putih yang digantung di kebun rumah.

Siapkan area yang nyaman serta filmnya pun sudah disetujui oleh para tamu yang datang.

Siapkan Goodie Bag yang Lucu dan Menarik

Banyak cara kreatif membuat goodie bag untuk para pengunjung kecil yang datang. Mulai dari membuat makanan sendiri, atau mengisinya dengan beragam mainan seru. Jika Mama tak ingin memberikan snack kemasan, cobalah membuat snack kering sendiri.

Seperti kue coklat, atau sebungkus granola dengan yoghurt. Selain snack, Bunda juga dapat mengakali isi goodie bag dengan mainan yang murah meriah seperti balon tiup, orang-orangan dari karton, rubik, dan lain-lain. Tetap menarik kan, Bun?

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Hi Orang Tua, Kenali 5 Jenis Wisata untuk Anak, Tujuan dan Rekomendasinya | Sayangi Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

adorable-book-boy-1250722 adorable-book-boy-1250722

Parenting

Bumi Semakin Tua, Ajak Si Kecil Peduli Lingkungan Mulai Dari Sekarang Bun

pexels-photo-193035

Banyak hal yang bisa kita tanamkan pada anak untuk bekal hidupnya kelak, salah satunya kepedulian terhadap lingkungan. Tentang bagaimana pemanasan global bisa memberikan pengaruh buruk pada kondisi bumi yang kita tinggali. Disamping itu si kecil juga perlu memahami bahwa kondisi lingkungan yang semakin buruk akan membunuh bumi secara perlahan. Dan sebagai anak yang akan bertumbuh semakin besar, si kecil akan menjadi sosok yang sangat berperan untuk hal ini.

Mulailah Dari Hal Kecil, Beri Pemahaman Pada Buah Hati Untuk Membuang Sampah Pada Tempatnya

Poin ini akan menjadi hal dasar untuk menanamkan kepeduliannya terhadap lingkungan. Tunjukkan sikap yang memperlihatkan bahwa kita harus membuang sampah pada tempatnya. Dengan begitu buah hati pun akan mulai belajar untuk meniru sikap Bunda.

Selain itu kita juga perlu memberinya pemahaman akan bahaya membuang sampah sembarang. Pakailah objek nyata yang bisa kita jadikan contoh dalam kehidupan sehari-hari. Tentang bagaimana sampah yang dibuang di sungai dengan sembarangan akan mengakibatkan banjir. Pada momen tersebut, Bunda dapat sekaligus melatih buah hati untuk dapat membedakan jenis-jenis sampah yang ada. Jika si kecil sudah terbiasa sejak dini untuk selalu membuang sampah pada tempatnya, hal ini akan menjadi kebiasaan yang akan selalu terbawa, bahkan hingga kelak ia dewasa.

Berikan Ruang Untuk Melakukan Beberapa Aktivitas Di Alam Bebas

Ada banyak hal yang sedang digalang oleh orang-orang untuk menanggulangi kondisi bumi. Kesempatan ini bisa kita gunakan untuk memberinya pemahaman pada buah hati. Kita bisa mengajak si kecil untuk ikut serta berpartisipasi dalam beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di alam bebas, misalnya menanam pohon. Beri tahu mereka bahwa setiap pohon sangat berperan dalam menopang bumi dan kehidupan manusia.

Pemahaman Untuk Peduli Terhadap Kelestarian Hewan Juga Harus Diajarkan

Mengajari si kecil untuk selalu berlaku baik terhadap orang lain dan lingkungan adalah penting yang memang harus diajarkan. Namun seringnya kita lupa untuk menyertakan kepedulian pada hewan sebagai faktor penting yang harus disematkan. Meski terdengar sepele, hal ini jadi faktor penting yang akan membantu buah hati untuk mengerti pentingnya menjaga kelestarian hewan.

Bunda Bisa Mengajak Buah Hati Untuk Berkreasi Dengan Barang-barang Bekas

Barang atau sampah anti lingkungan bisa kita jadikan objek untuk mengajari si kecil berkreasi dan mengembangkan imajinasinya. Selain memberinya kesenangan akan kegiatan yang dia lakukan, hal ini juga akan membuatnya sadar pentingnya menjaga lingkungan dari sampah yang sulit di uraikan oleh tanah, dan mengurangi pemakaian barang-barang anti lingkungan.

Ajak Dirinya Untuk Mulai Berhemat Pada Beberapa Hal Penting Yang Akan Membantu Kelestarian Lingkungan

Untuk kegiatan yang satu ini kita bisa melakukannya dari hal kecil yang dekat dengan aktivitas sehari-hari. Misalnya dengan berhemat agar tidak terlalu konsumtif akan pengeluaran dan sumber daya alam yang ada. Salah satunya berhemat dalam hal pemakaian listrik yang sedang banyak dikampanyekan oleh media.

Kita bisa menjelaskan pada buah hati dengan cara yang sangat sederhana tentang apa yang akan terjadi dimasa depan bila memakai listrik dan air yang secara berlebihan. Untuk itu kita perlu mengoptimalkan pemakaian barang-barang elektronik sesuai dengan aturan dan porsinya. Ajak mereka untuk terbiasa mematikan segala barang elektronik yang tidak sedang dipakai. Buatlah hal tersebut semenarik mungkin sehingga menjadi hal yang menyenangkan untuk dilakukan.

Bunda Juga Harus Menjadi Contoh Yang Baik Dengan Menjadikan Semua Hal Tersebut Mudah Dipahami Oleh Si Kecil

Membuat si kecil mengerti dan paham akan pentingnya menjaga lingkungan jadi bagian tersulit yang akan kita hadapi. Sebisa mungkin kita harus bisa menjelaskannya dengan bahasa dan contoh yang mudah untuk dipahaminya. Meski ini adalah permasalahan yang cukup kompleks, percayalah mereka bisa dengan mudah memahaminya.

Kita juga harus jadi contoh yang baik untuknya. Karena segala sesuatu yang kita ajarkan padanya akan dengan senang hati dilakukan jika diikuti dengan contoh nyata. Dengan demikian dirinya akan tumbuh jadi seseorang yang peduli terhadap lingkungannya.

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Hi Orang Tua, Kenali 5 Jenis Wisata untuk Anak, Tujuan dan Rekomendasinya | Sayangi Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

adorable-book-boy-1250722 adorable-book-boy-1250722

Most Share

To Top