Mainan Anak

5 Ide Kegiatan Sederhana untuk Melatih Motorik Halus Anak

fine-motoric

Kemampuan motorik halus adalah kemampuan yang melibatkan gerakan otot-otot kecil, misalnya gerakan jari dan tangan disertai koordinasi dengan mata. Kemampuan motorik halus sangat penting untuk diasah karena banyak keterampilan hidup yang membutuhkan gerakan motorik halus, misalnya makan dan minum, gosok gigi, menulis, menggunting, menuang, dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, ayah dan bunda perlu memberikan stimulasi sejak dini. Tidak perlu menyiapkan mainan yang mahal, bunda bisa menggunakan peralatan yang ada di rumah. Berikut beberapa kegiatan sederhana untuk mengasah kemampuan motorik halus di rumah:

1. Menuang air dari satu gelas ke gelas lain

Ketika menuang air dari satu gelas ke gelas lain anak berlatih untuk memegang gelas agar air tidak tumpah dan korordinasi dengan mata agar bisa menuang ke gelas satunya. Bunda cukup menyiapkan gelas dengan ukuran sama dan air. Agar aman, mulai dari memakai gelas plastik saja ya, Bun.

2. Menyendok kacang-kacangan atau beras

Siapkan beras, kacang-kacangan atau bahan lain yang ada di rumah dalam satu wadah. Lalu siapkan wadah lain yang kosong. Pertama, bunda harus memberikan contoh kepada si kecil. Lalu biarkan si kecil mencoba sendiri.

3. Meronce

Kegiatan meronce bisa menjadi kegiatan yang tidak mudah bagi anak, apalagi jika baru pertama kali. Oleh karena itu, sebaiknya dimulai dari meronce benda yang lubangnya cukup besar, misalnya pasta. Jika anak sudah lancar, bunda bisa mengganti meronce manik-manik yang lubangnya kecil. Awalnya mungkin si kecil akan kesusahan, tapi bunda harus sabar mendampingi.

4. Mencoret-coret

Mencoret-coret menggunakan pensil warna bisa melatih kekuatan otot tangan untuk menggenggam pensil. Bunda juga bisa sekalian mengajarkan cara menggenggam pensil yang benar. Biarkan anak berkreasi dengan mencoret bebas.

5. Menjapit pompom

Menjapit juga melibatkan motorik halus, melatih kekuatan otot jari-jari tangan dan koordinasi dengan mata. Bunda bisa mulai dengan menggunakan mainan penjapit atau pinset dan pompom karena cukup mudah. Ajarkan dulu kepada anak bagaimana gerakan menjapitnya lalu pindahkan pompom ke wadah yang lain.

Masih banyak lagi kegiatan di rumah yang bisa bunda siapkan untuk menstimulasi motorik halus anak. Sesuaikan saja dengan bahan dan perlatan yang ada di rumah. Selamat menstimulasi si kecil ya, Bun.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Most Share

To Top