Parenting

Ingin Punya Anak Kembar? Ini 14 Cara Agar Punya Anak Kembar

anakkembar

Punya anak kembar? Duh lucunya. Kemana-mana jadi pusat perhatian, apalagi bila orangtua mendadaninya dengan tepat.  Ya, Memiliki anak kembar merupakan anugrah tersendiri.

Akan tetapi idak semua pasangan dianugerahi peluang untuk memiliki anak kembar, bahkan untuk pasangan yang memiliki keturunan kembar pun tidak menjamin dapat punya anak kembar.

Beberapa berpendapat mengatakan, memiliki anak kembar itu ditentukan oleh faktor genetik. Jika ada sanak saudara di keluarga yang memiliki riwayat serupa, maka peluang memiliki anak kembar juga cukup besar.

Tapi jangan khawatir, bagi Anda yang masih ingin memiliki anak kembar ada beberapa trik yang bisa dilakukan. Berikut adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kesempatan memiliki anak kembar.

1. Anda dan pasangan perlu persiapan mental maupun fisik

Langkah pertama tentu saja mempersiapkan diri. Anda dan pasangan perlu persiapan mental maupun fisik untuk kehamilan anak kembar. Hamil bayi kembar bisa menjadi pekerjaan yang sulit sehingga persiapan mental diperlukan, terutama bagi calon ibu.

Mampukah anda menangani dan merawat dua bayi sekaligus? Satu bayi bisa sangat merepotkan, apalagi dua bayi. Jika jawabannya anda siap, maka lanjutkan! Namun jika anda ragu-ragu, sebaiknya tidak perlu program anak kembar. Selain mental, fisik harus disiapkan karena mengandung 2 jabang bayi tentu berbeda dengan 1 bayi.

Berat beban saat anda mengandung harus anda pikirkan. Anda harus sehat, bugar dan memiliki fisik yang bagus. Jika anda malas merawat kebugaran, urungkan niat anda karena beresiko pada bayi dalam kandungan anda.

2. Obat-obatan untuk kesuburan dapat meningkatkan kesempatan untuk melahirkan anak kembar

Obat yang dapat meningkatkan kesempatan Anda untuk segera hamil kemungkinan juga memberikan peluang untuk melahirkan anak kembar. Obat kesuburan membuat seorang perempuan menghasilkan lebih dari satu telur selama ovulasi yang dapat menggabungkan dua sperma berbeda

3. Riwayat keluarga perempuan

Salah satu faktor yang menyebabkan kehamilan kembar adalah faktor keturunan. Maksudnya, Jika dalam keluarga seperti ibu, nenek atau sepupu pernah melahirkan bayi kembar, maka Anda juga lebih mungkin untuk melahirkan anak kembar.

4.  Perempuan yang berusia lebih dari 35 tahun keatas

Perempuan yang berusia lebih dari 35 tahun keatas saat melahirkan cenderung melahirkan anak kembar. Penelitian menunjukkan bahwa perempuan yang lebih tua tampaknya lebih besar kesempatannya untuk hamil anak kembar dibanding perempuan yang lebih muda.

5. Perempuan dengan berat badan Ideal mempunyai peluang memiliki anak kembar lebih besar

Cara mendapatkan anak kembar berikutnya adalah memiliki berat dan tinggi badan yang ideal. Perempuan dengan berat badan ideal atau agak besar (tidak terlalu gemuk) mempunyai peluang memiliki anak kembar lebih besar dibandingkan perempuan yang kurus.

Menurut sebuah studi tahun 2005 yang diterbitkan dalam Obstetri & Ginekologi juga mengatakan bahwa perempuan yang bertubuh tinggi juga memiliki kesempatan yang lebih besar untuk melahirkan kembar.

Jadi bentuk badan ideal Anda mulai sekarang. Tetapi harus tetap disertai dengan olahraga dan pola hidup yang sehat. Dengan melakukan olahraga dan pola hidup sehat akan membuat hormon di dalam tubuh meningkat. Sehingga bisa mempengaruhi percepatan proses ovulasi.

6. Banyak mengonsumsi ubi dikarenakan ovulasi lebih lancar dan meningkat

Untuk mendapatkan anak kembar bisa berasal dari makanan yang anda konsumsi. Jika anda banyak konsumsi umbi, kemungkinan besar untuk mendapatkan anak kembar lebih besar. Hal ini dikarenakan ovulasi lebih lancar dan meningkat.

Makanan ini sangat dipercaya untuk meningkatkan produksi hormone didalam tubuh. Ubi mampu merangsang sel telur untuk berbuah lebih cepat dan lebih dari satu telur. Sehingga kemungkinan besar mendapatkan anak kembar lebih besar dibandingkan anda yang jarang mengkonsumsi ubi dan kentang. (

Menurut penelitian, ubi memiliki kemampuan untuk meningkatkan kesempatan mendapatkan kelahiran kembar. Namun, tidak diketahui berapa banyak ubi yang Anda butuhkan untuk bisa mengandung anak kembar.

7. Mengkonsumsi Produk Susu memiliki peluang lima kali lebih tinggi kemungkinan hamil kembar

Menurut Dokter Medis Long Island dikenal karena penelitiannya pada perempuan hamil dan beberapa kelahiran, perempuan yang mengonsumsi produk susu dan olahannya, terutama susu dari sapi memiliki peluang lima kali lebih tinggi kemungkinan hamil kembar. Menurut studi yang sama, seorang yang vegetarian memiliki sedikit kemungkinan hamil kembar.

8. Konsumsi Asam Folat dapat membantu proses ovulasi meningkat sehingga kemungkinan mendapat anak kembar lebih besar

Jika anda ingin mempunyai anak kembar, perbanyaklah konsumsi makanan atau suplemen yang mengandung asam folat. Asam folat merupakan nutrisi yang sangat bagus untuk perempuan yang masih dalam program hamil dan dalam masa hamil.

Untuk perempuan yang masih dalam program hamil dapat membantu proses ovulasi meningkat sehingga kemungkinan mendapat anak kembar lebih besar. Ada banyak sekali makanan yang mengandung asam folat seperti ikan laut, sayuran hijau, brokoli, alpukat, kacang merah, dan masih banyak lainnya. Asam folat ini juga bisa didapatkan dalam bentuk suplemen yang bisa anda beli di apotik.

9. Mengkonsumsi Tiram dapat membantu produksi sperma

Mendorong pasangan (suami) untuk makan beberapa tiram. Mitos perkotaan tentang khasiat tiram, bukanlah sama sekali tanpa dasar.

Tiram mengandung Seng (Zinc) tinggi dan ini membantu dengan produksi sperma, lebih sehat dan mempercepat gerakan spεrmα. Dimana gerakan sperma yang cepat memiliki kemungkinan mampu untuk membuahi dua sel telur. Selain tiram, suplemen yang mengandung seng antara lain sayuran berdaun hijau, sereal, roti, benih dan gandum.

10. Hamil saat menyusui karena perempuan yang hamil saat menyusui sembilan kali lebih mungkin untuk hamil kembar

Kebanyakan orang berpikir bahwa anda tidak bisa hamil saat anda masih menyusui bayi (ASI) yang beberapa bulan baru lahir. Namun, banyak ibu kembar tidak setuju dengan gagasan tersebut.

Beberapa penelitian telah mendukung teori bahwa kesempatan mendapatkan anak kembar meningkat jika seorang perempuan hamil lagi saat sedang menyusui. Studi oleh Dr. Gary Steinman, mengklaim bahwa perempuan yang hamil saat menyusui sembilan kali lebih mungkin untuk hamil kembar daripada perempuan yang hamil namun tidak menyusui bayinya.

11. Posisi menentukan prestasi, Posisi Berhubungan Intim menentukan bayi kembar

Cara membuat anak kembar berkaitan dengan posisi dalam hubungan intim. Ada beberapa posisi hubungan yang akan membantu mendapatkan bayi kembar, antara lain;
1) Side By Side. Posisi berdampingan, suami berada di belakang istri;
2) Stand. Berhubungan dengan cara berdiri, suami berada di belakang
Yang paling utama dari posisi penetrasi adalah bagaimana spεrmα mampu menembuh jauh dan menemukan sel telur dengan cepat. Anda bisa mencoba posisi yang menurut anda bisa melakukan penetrasi yang sempurna.

12. Mendapatkan Bayi Kembar bisa dari lokasi dan cuaca dimana pasangan tersebut tinggal

Berdasarkan MD Health, cara mendapatkan bayi kembar juga dipengaruhi oleh lokasi dan cuaca dimana pasangan tersebut tinggal. Peluang lebih besar untuk memiliki bayi kembar adalah pasangan yang hidup di daerah dengan cuaca yang hangat dan panas serta paparan sinar matahari yang cukup.

Ilmuwan meyakini bahwa cahaya dan cuaca yang hangat meningkatkan sekresi FSH (follicle stimulating hormone). Jadi jika anda ingin memiliki anak kembar, tidak ada salahnya menerapkan cara ini.

13. Menghentikan Penggunaan Alat Kontrasepsi

Jika saat ini anda memakai alat kontrasepsi segera hentikan. Tubuh memerlukan penyegaran ulang untuk memproduksi sel telur.

Saat periode anda berhenti menggunakan alat kontrasepsi, disinilah biasanya sel telur ‘kelebihan’ produksi. Nah, anda bisa berhubungan pada masa-masa ini, karena peluang munculnya dua sel telur adalah pada periode ini.

14. Program Fertilisasi / Program Bayi Kembar

Tips yang kesepuluh bukanlah cara alami. Cara medis pun bisa anda lakukan untuk mendapatkan anak kembar yaitu dengan cara fertilisasi.

Teknologi ini memang sedang banyak digunakan dan dikembangkan. Cara ini memang lebih terbukti ampuh untuk mendapatkan anak kembar. Untuk cara ini anda memang tidak bisa melakukan sendiri. Harus dibantu oleh dokter dan tenaga medis khusus menangani program bayi kembar.

Nanti caranya akan ada embrio yang ditanamkan pada rahim perempuan dan ingin berapa anak yang di dapatkan. Untuk program fertilisasi ini memang harus mengeluarkan banyak uang karena harganya yang mahal.

adorable-book-boy-1250722 adorable-book-boy-1250722
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Most Share

To Top