Parenting

Tips untuk Orang Tua Ketika Anak Malas Berangkat ke Sekolah

males sekolah

Pernah mengalamai anak banyak alasan dipagi hari untuk tidak sekolah? Atau sekedar memperlambat dan malas-malasan di pagi hari sebelum berangkat sekolah? Tujuan alasan-asalan itu apalagi kalau bukan agar jam keberangkatan mepet dan diizinkan tidak sekaloh.

males sekolahAnak malas untuk sekolah dan melakukan serangkkaian alasan di pagi hari memiliki berbagai macam penyebab. Bisa merasa bosan dengan dengan sekolah dan aktivitasnya, karena mengalami bullying di sekolahnya atau ada mata pelajaran yang yang tidak dikuasa dengan baik.

Untuk mengatasi hal tersebut, Michael Grose, Parent Educator dari Harvard University menyarankan sebagiknya orang tua perlu melakukan pengamatan lebih lanjut apakah kondisi lingkungan sekolah yang memang kurang kondusif baginya atau karena si anak itu sendiri yang memang sulit beradaptasi dan bersosialitasi dengan baik sehingga merasa tidak nyaman berada di sekolah.

Selain melakukan pengamatan apa yang terjadi di sekolah. Orang tua tetap mendorong anak tetap berangkat kesekolah. Lakukan pendekatan dan ajak anak berkomunikasi tanpa menuduhnya berbohong untuk mengetahui alasan sebenarnya mereka tidak mau berangkat kesekolah.

Walau sudah melakukan pengataman dan berkomunkasi dengan anak. Orang tua juga disarankan untuk memberikan pemahaman dan semangat pada anak tentang sekolah. Berikut ini untuk memompa anak agar anak mau berangkat kesekolah

1. Jelaskan Pada anak Pentingnya Sekolah. Tentunya dengan bahasa yang mudah di mengerti oleh anak. Misalnya, untuk mencapai cita-citanya, “ adek kan katanya mau jadi dokter. Untuk jadi dokter, adek harus belajar di sekolah, biar bisa ngerti gimana kalau mau ngobatin orang.”

2. Libatkan anak dalam menyiapkan keperluan sekolah. Hal ini bertujuan untuk memotivasi anak, sekaligus melatih anak untuk belajar tanggung jawab dalam menjaga barang-barang miliknya.

3. Berikan Gambaran yang positif tentang sekolah.Orang tua dapat berbagi cerita dan pengalaman berapa menyenagkannya sekolah. Misalnya cerita ketika mendat juara satu dan diberikan hadiah. Hal ini untuk memberikan presepsi positif tentang sekolah.

4. Tujukan Kepedulian. Tanyakan kegiatan yang dilakukan selama disekolah, termasuk perasaanya.  Hal ini untuk menukan kepada buat hati bahwa anda pun peduli dengan apa yang dilaluinya selama bersekolah.

5. Penghargaan. Pujian dan penghargaan kecil-kecilan akan menjadi sangat berati untuk si Kecil dan makin membuatnya bersemangat kesekolah.

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Anak Malas Sekolah, Awali dengan Suasana Menyenangkan – SayangiAnak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Share

To Top