Hiburan Anak

Tips jika Traveling Membawa Anak, untuk Liburan Seru yang Menyenangkan

travelingbersamaanak

Traveling  bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi anak-anak, namun ada kalanya orangtua menganggap bahwa traveling membawa anak-anak pasti akan sangat merepotkan.  Apalagi jika anak-anak yang dibawa tidak cuma satu dan masih kecil atau balita.

Pasti sudah terbayangkan bagaimana nanti harus mengurusi anak di sepanjang perjalanan.  Mungkin ada yang rewel karena mengantuk, minta makan atau susu, ingin buang air kecil atau bahkan BAB.

Wah, pasti repot sekali!  Sebelum Anda urung mengajak anak-anak untuk traveling, sebaiknya simak dulu tips yang bisa dicoba jika traveling membawa anak berikut ini.

Persiapan sebelum traveling

Persiapan sebelum berangkat tentu sangat penting karena kalau tidak dipersiapkan baik-baik bisa saja terveling yang sudah direncanakan jauh-jauh hari berantakan begitu saja.  Persiapan yang paling penting adalah kesehatan anak-anak.

Jangan sampai anak-anak justru demam atau sakit selama di perjalanan sehingga traveling yang rencananya mau menikmati kegembiraan malah berganti kekhawatiran.

Menjaga kesehatan anak dengan memenuhi kebutuhan gizinya tentu bukan hanya dilakukan ketika akan melakukan traveling saja, tetapi wajib dilakukan sehari-hari.  Nah, jika akan bepergian maka penting bagi orangtua untuk mempersiapkan fisik anak agar tetap fit dan tidak gampang sakit.

Salah satunya bisa dengan memastikan bahwa anak-anak cukup istirahat dan tidak sedang kelelahan ketika akan berangkat traveling.  Pastikan juga untuk memilih tujuan traveling yang ramah anak ya!

Persiapan yang berhubungan dengan packing

Traveling membawa anak tentu membutuhkan banyak persiapan terkait barang bawaan yang akan dibawa.  Persiapan packing dengan membuat daftar barang yang akan dibawa sangat penting, karena bisa saja barang yang ketinggalan tidak mudah didapatkan di perjalanan atau di tempat tujuan.  Sehingga sangat penting untuk dipersiapkan dengan detail dan teliti.

Persiapan ketika melakukan packing juga harus disesuaikan dengan beberapa hal, yaitu berapa lama perjalanan akan dilakukan, ke mana tujuan traveling Anda bersama anak-anak, usia anak-anak yang akan diajak traveling, dan jenis transportasi yang digunakan.

Tentunya perbedaan usia anak-anak yang akan diajak traveling akan membuat daftar barang bawaannya berbeda juga kan?

Daftar barang yang harus dibawa ketika traveling membawa anak

Ada beberapa barang yang wajib dibawa ketika memutuskan traveling bersama anak, dan berikut ini adalah contoh daftar barang yang harus dibawa:

  • Pertama tentu saja tiket atau dokumen lainnya yang diperlukan untuk melakukan perjalanan.  Tanpa kelengkapan dokumen maupun tiket perjalanan, tentu saja perjalanan yang sudah direncanakan bisa batal begitu saja.
  • Barang lain yang wajib dibawa ketika traveling membawa anak adalah susu.  Jika anak masih mendapatkan susu ekslusif maka sebaiknya membawa stok ASI yang sudah disimpan dalam botol agar lebih praktis, demikian juga dengan susu fomula.  Akan merepotkan jika menganggap bahwa nanti bisa membeli di tempat tujuan, sementara belum tentu Anda bisa dengan mudah mendapatkan produk susu formula tersebut.
  • Berbagai jenis makanan, minuman dan perlengkapannya untuk bekal di perjalanan juga penting disiapkan, agar anak-anak bisa tetap ngemil di perjalanan, sedikit terhibur dan tidak bosan atau rewel selama di perjalanan.  Selain makanan dan minuman, jangan lupa juga membawa mainan kesukaan anak untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu anak Anda mulai bosan atau bahkan menanyakan mainan kesukaannya.
  • Barang lainnya yang wajib dibawa ketika traveling mengajak anak adalah pakaian dan alas kaki.  Pemilihan jenis pakaian bisa di sesuaikan dengan tempat yang akan dituju, sebagai contoh jika akan berlibur di pantai maka pakaian yang dikenakan pun harus sesuai dengan keadaan pantai yang cenderung panas.  Seperti pakaian yang berbahan tipis dan menyerap keringat, topi, tabir surya yang aman untuk anak dan perlengkapan lainnya yang mendukung.  Demikian juga jika akan traveling ke tempat yang bersuhu dingin, tentu jenis pakaian yang dibawa bisa menyesuaikan.
  • Jangan lupa juga untuk membawa vitamin dan obat-obatan yang penting sebagai antisipasi jika sewaktu-waktu kondisi fisik anak menurun akibat kelelahan atau perubahan cuaca yang ekstrem.  Contoh obat yang perlu dibawa antara lain adalah obat demam, obat luka atau antiseptik, minyak kayu putih, lotion anti nyamuk, dan obat gigitan serangga.
  • Perlengkapan mandi juga menjadi barang yang wajib masuk dalam daftar bawaan ketika traveling membawa anak.  Mulai dari sabun, shampo bayi, pasta gigi, sikat gigi, handuk untuk anak hingga baby cream jangan sampai lupa untuk dibawa.   Jangan lupa juga untuk membawa diaper atau popok sekali pakai jika anak Anda masih menggunakan popok.
  • Kantong plastik kecil adalah barang sepele yang juga wajib dibawa karena bisa sangat berguna selama di perjalanan.  Sebagai contoh, untuk tempat pakaian kotor atau popok kotor yang akan dibuang nantinya.
  • Baby carrier atau stoller juga bisa dibawa untuk membantu anak selama liburan agar tidak merasa lelah ketika diajak jalan-jalan.

Selain itu, berbagai perlengkapan elektronik seperi ponsel, charger, power bank, dan kamera tidak boleh dilewatkan begitu saja.  Traveling membawa anak tentu akan menjadi kenangan sepanjang masa dengan merekam berbagai momen seru menggunakan kamera.  Nah, tunggu apalagi jangan biarkan traveling Anda tertunda hanya karena takut membawa anak turut serta.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top