Parenting

Teruntuk Bunda Yang Memutuskan Ingin Belajar Naik Motor

 

Hadirnya si kecil bikin kesibukan Bunda bertambah. Rasanya tak mungkin lagi menggantungkan diri kepada Ayah untuk mengantarkan ke sana dan ke sini. Seketika itu pula akhirnya terpikir untuk bisa membawa motor sendiri untuk menempuh perjalanan lebih cepat. Semata agar tak tergantung orang lain.

Meski keinginan sudah ada, namun masih terdapat kegalauan dan keraguan. Ada saja yang bikin Bunda jadi terhambat merealisasikan keinginan naik motor sendiri. Mulai dari rasa takut, khawatir dan sejumlah pertimbangan lainnya. Nah, coba simak tips berikut ini agar Bunda bisa segera melaju di jalan raya dengan motor kesayangan.

Kenali Dulu Masalah Yang Bikin Bunda Khawatir Itu

Dita, pengendara muda asal Jakarta mengatakan, dia sangat jelas mengingat apa saja rasa takut yang sempat dirasakannya saat mengendarai motor untuk pertama kalinya. Di balik ketakutan itu ada rasa cemas, canggung, dan memikirkan situasi jalanan. Bahkan ia tak menampik kalau ada rasa takut saat melaju dengan kecepatan tinggi.

Tak hanya Dita, sebagian besar pengendara motor yang lain juga pasti mengalami hal serupa. Tapi tak masalah, hal pertama yang Bunda wajib lakukan memang mengidentifikasi setiap rasa takutmu. Dengan demikian kedepannya Bunda akan jauh lebih mudah saat berusaha menguraikan dan berdamai dengan rasa takutmu itu.

Mulai Dari Sekitar Rumah Dulu Ya Bunda

Tak perlu memaksakan perjalanan yang jauh ketika baru mulai mencicipi motor. Berlatihlah untuk jarak dekat terlebih dahulu dan di daerah yang Bunda sudah familiar. Bunda bisa menjajal are sekitar rumah misalnya, kemudian berkembang ke daerah yang dekat rumahmu. Setelah beberapa minggu Bunda bisa mulai menjajal perjalanan yang lebih jauh.

Saat Sselesai latihan atau berkendara dalam jarak dekat, lakukanlah evaluasi terhadap kemampuanmu dalam berkendara. Ini yang sering dilupakan oleh sebagian pemula saat belajar berkendara motor. Padahal yang namanya melakukan evaluasi itu perlu. Ya, evaluasi patut dilakukan supaya kemampuan berkendaramu bisa lebih baik dari sebelumnya.

Sudah Siap Berkendara Lebih Jauh? Kenalilah Rute yang Sekiranya Akan Bunda Tempuh

Rintangan saat berkendara itu banyak. Mulai dari kemacetan, jalanan yang tak mulus, cuaca, bahkan tensi dengan pengendara motor lainnya yang rentan sekali marah. Untuk itu, Bunda harus percaya diri saat berhadapan dengan setiap rintangan itu. Ada baiknya ketika Bunda tetiba menghadapi masalah tersebut, tak perlu dihadapi dengan perasaan takut. Biarkan hal itu jadi pembelajaran tersendiri dalam hidupmu.

Di lain sisi, penting juga mempersiapkan segala aspek yang harus dibawa saat berkendara. Termasuk menghapal rute jalan yang siap Bunda tempuh. Bagaimanapun, akan jauh lebih baik kalau Bunda tahu medan yang akan  dilewati, bukan? Karenanya, kenalilah rutemu sehingga lebih mudah cari alternatif saat Bunda mungkin tetiba terjebak macet.

Tak Perlu Buru-Buru, Si Kecil Dan Si ayah Menanti Di Rumah Loh!

Saat sudah mulai berkendara atau men-starter mesin motormu, cobalah untuk rileks dan menarik napas lalu membuangnya perlahan-lahan. Sebab yang terpenting adalah prosesmu memberanikan diri saat belajar motor.  Tak masalah melaju dengan kecepaan pelan, asal Bunda menikmati prosesnya, bukan?

Nah, sebagai pengendara pemula, ada satu sepeda motor yang akan tepat menunjang kenyamananmu saat berkendara  yaitu Suzuki Nex II penerus dari versi sebelumnya Suzuki Nex. Sebagai keluaran terbaru, Suzuki Nex II tampil lebih besar dari generasi sebelumnya. Dari segi panjang, Nex II berukuran 1.890 mm, dengan lebar 675 mm dan tinggi 1.045mm.

Salah satu perubahan signifikan terlihat pada Floorboarding atau sandaran kaki yang lebih besar dibanding generasi pertamanya. Sehingga Bunda akan merasa lebih nyaman, karena ruang kaki terasa lebih lega.

Lalu juga terdapat ruang kompartemen yang disematkan pada sisi kiri dan kanan tentunya bisa membawa barang bawaan yang banyak. Untuk varian tertentu dalam kompartemen ini terdapat charger untuk handphone.

Iya, ini lah perbedaan lain dengan generasi Nex terdahulu yang cuma punya satu varian, Suzuki Nex II kini punya opsi 5 varian berbeda. Mulai dari Sporty Runner, Fancy Dynamic, Elegant Premium, Elegant dan Standart. Dimana setiap variannya ini dibedakan dari pilihan kelengkapan fitur dan aksesoris yang dimiliki. Jadi Bunda bisa menyesuaikan dengan masing-masing karakter yang sesuai dengan penampilan. Inilah yang disebut Suzuki sebagai #KerenCaraBaru.

Demi menunjang sisi kenyamanan pengendara, Suzuki pun melakukan perubahan pada posisi jok motor, agar rasa pegal saat riding tidak lagi menjadi musuh utama setiap pengendara. Alhasil, lebar jok dan panjang jok pun ditingkatkan, yang semula 240 mm dan 620 mm di Nex, ditingkatkan menjadi 250 dan 690 untuk bagian lebar dan panjang pada Nex II. Jadi buatmu yang baru belajar berkendara, posisi ini akan membuatmu lebih nyaman.

Nah, jika semua sudah dipersiapkan tak ada lagi yang perlu Bunda khawatirkan bukan? Jadi yuk kita berkendara motor dengan nyaman!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Share

To Top