Parenting

Tak Terasa Si Kecil Makin Besar, Ini Perkembangan Bayi 8 Bulan

Ini Perkembangan Bayi 8 Bulan

Bun, bayi di usia delapan bulan sudah sangat aktif bergerak. Ia pun mulai mencoba merangkak dan berdiri dengan berpegangan dengan benda-benda yang ada di sekitarnya seperti sofa dan meja lho Bun. Perkembangan bayi yang semakin menggemaskan ini tentu membuat Bunda pun harus siap untuk lebih repot lagi karena ia mungkin saja akan merengek dan mencoba bereksplorasi dengan tempat baru yang ada di sekitarnya. Untuk itu, pastikan Bunda mengikuti perkembangan bayi usia 8 bulan sehingga tak bingung saat harus menghadapi si kecil yang semakin aktif.

Tak Hanya Aktif Merangkak, Ukuran Fisiknya pun Semakin Bertambah

Ya Bun, salah satu hal yang paling menonjol dari bayi berusia 8 bulan adalah kemampuan merangkak yang semakin pesat. Pertama-tama ia akan merayap dengan menarik tubuhnya, baru kemudian mengerti untuk menggunakan lututnya guna merangkak lebih cepat. Selain itu, ukuran fisiknya pun kian bertambah. Untuk bayi laki-laki, biasanya sewaktu berusia 8 bulan memiliki berat normal 7-10,5 kilogram, sementara untuk bayi perempuan berat normalnya adalah 6,3-10 kilogram. Panjang bayi laki-laki di usia 8 bulan sekitar 66,5-74,7 cm, sementara untuk perempuan, panjangnya dapat mencapai 64,3-73,2 cm.

Di Usianya, Ia Semakin Aktif Bermain

Ya Bun, di usia 8 bulan, ia pun semakin aktif memainkan beragam permainan. Menurutnya, menggenggam mainan sudah dirasa kurang tantangan. Ia pun akan mencoba mengocok, meremas, memukul, atau bahkan menjatuhkan mainannya sehingga terdengar suara kencang. Ia belum mengerti makna merusak, bayi seusianya justru sedang memiliki rasa penasaran yang tinggi terhadap sesuatu yang dipegangnya.

Di lain sisi, ia juga mulai aktif bermain dengan jari dan memasukkan jarinya ke sela-sela atau lubang yang muat. Untuk hal yang satu ini, Bunda harus memberikan perhatian ekstra karena bisa saja sewaktu-waktu tangannya sakit lantaran terjepit atau tersangkut dan membuatnya menangis kesakitan.

Siap-siap Dengan Kejutan yang Ia Tunjukkan yaitu Saat Ia Belajar Berjalan

Di usia 8 bulan, ia pun mulai penasaran untuk berjalan. Ia akan memulai tahap pertamanya ini dengan 1-2 langkah kemudian terjatuh. Tak apa ya Bun, ini karena si kecil belum betul-betul dapat mengontrol emosinya. Untuk itu, pastikan lantai rumah Bunda aman untuknya berkeliling. Perlu diingat, sebisa mungkin tak usah menggunakan baby-walker sebagai alat bantunya untuk berjalan. Di kebanyakan kasus, alat yang satu ini justru tak dapat mengembangkan kemampuan ototnya secara maksimal sehingga ia lebih lama belajar berjalan.

Ia Mulai Jadi Peniru yang Ulung

Si kecil yang berusia delapan bulan akan mengamati kebiasaan orang dewasa dan tak segan untuk menirukannya. Untuk itu, biasanya bayi di usia ini akan mencoba melakukan apa yang orang dewasa lakukan, seperti berbicara menggunakan telepon, menyanyi, menyisir rambut, dan sebagainya. Bayi sangat suka jika Bunda memberikannya mainan yang dapat digunakannya meniru kegiatan orang walaupun sebenarnya ia belum pandai betul menirukannya.

Bunda pun akan semakin sering mendengarnya berceloteh. Tetap ajak si kecil berbicara guna menambah kosa kata baru dan ia pun makin mahir bicara ya Bun. Jangan lupa, coba beri perintah sederhana seperti melambaikan tangan ke neneknya saat berpisah, atau melakukan ‘kiss bye’ ke tantenya. Bila diajarkan, ia sudah bisa melakukan itu, Bun.

Penglihatannya Juga Semakin Tajam, Bahkan Inilah Saatnya Bunda Memberikan Varian MPASI yang Lebih Variatif Lagi

Seiring perkembangannya, bayi berusia delapan bulan sudah memiliki penglihatan yang sejelas orang dewasa sehingga ia pasti sudah mampu mengenali kedua orangtuanya dari jauh. Di usianya ini bayi juga senang mencari mainan yang tersembunyi di sekitarnya akibat rasa penasaran yang tinggi.

Urusan makanan, di usianya ini Bunda mulai bisa lebih bervariasi saat meracik MPASI. Tekstur makanan yang dapat diberikan dapat berubah jadi lebih kasar. Bunda pun juga mulai bisa memberikannya finger food, seperti pisang dan sayuran yang sudah dipotong kecil-kecil, ukuran memanjang sehingga mudah digenggamnya, dan tekstur yang lunak agar mudah dilahap si kecil.

Di lain sisi, bila di usia 8 bulan si kecil belum menunjukkan tanda-tanda di atas atau tak ada keinginan untuk merangkak, tidak mengucapkan kata-kata, tidak bisa menggunakan bahasa tubuh, tidak penasaran akan barang yang Bunda sembunyikan di depannya, cobalah konsultasikan kepada dokter anak ya Bun.

baca juga tahapan perkembangan bayi usia selanjutnya di perkembangan bayi 9 bulan

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Share

To Top