Parenting

Tak Melulu Berdampak Negatif, Ibu Yang Bekerja Di Luar Rumah Pun Bisa Mendatangkan Pengaruh Positif Untuk Buah Hati

pexels-photo-532389

Kebutuhan hidup yang semakin besar membuat para ibu harus rela meluangkan waktunya untuk bekerja di luar rumah. Secara sepintas inisiatif ibu untukmembantu ayah mencari uang tambahan adalah sikap yang bagus, karena dengan begitu penghasilan tentu menjadi bertambah sehingga kebutuhan dapat terpenuhi.

Saat Bunda memutuskan untuk bekerja di luar rumah, tentu akan berpengaruh pada keluarga. Pihak yang merasakan dampaknya paling besar adalah anak. Dampak tersebut bisa berupa dampak positif maupun dampak negatif. Apa sajakah itu?

Iya Sih, Bila Tidak Disikapi Dengan Tepat Bisa Membuat Prestasi Anak Jadi Menurun

Salah satu dampak yang timbul akibat ibu yang bekerja di luar adalah menurunnya prestasi anak. Penelitian yang dilakukan oleh Crouter Amerika Serikat menunjukan bahwa anak laki-laki yang ditinggal bekerja di luar oleh ibunya akan cenderung pemalas dan tidak memiliki prestasi yang bagus di sekolahnya. Hal itu karena kebanyakan anak laki-laki akan lebih dekat dengan ibunya daripada dengan ayahnya. Namun ternyata orang yang selama ini dianggap dekat dengannya jarang berada di rumah.

Disisi lain, suasana kantor yang kadang kurang menyenangkan, beban kerja yang kadang berlebih, dan berbagai persoalan di tempat kerja sering menjadi keluhan tersendiri. Ternyata keluhan anda tersebut dicermati oleh anak, dan akibatnya akan berpengaruh pada fikirannya. Inilah yang menjadi salah satu faktor menurunnya prestasi anak di sekolah.

Rasa Bersalah Karena Bekerja Di Luar Membuat Bunda Memberikan Apa Pun Yang Diminta Anak. Hal Ini Bisa Membuat Anak Jadi Manja Loh!

Beberapa ibu justru merasa menyesal setelah memutuskan untuk bekerja di luar. Penyesalan tersebut biasanya ditunjukan dengan cara memberikan apa pun yang diminta oleh anak sebagai penebusan rasa bersalahnya. Ternyata justru cara inilah yang akan mendidik anak menjadi seorang yang manja. Anak-anak yang segala keinginannya selalu dipenuhi cenderung memiliki sikap manja. Dia merasa orangtuanya selalu ada untuk memenuhi keinginannya sehingga ketergantungannya pada orangtua pun semakin besar.

Namun Anak Akan Melihat Anda Sebagai Sosok Pekerja Keras Demi Keluarga. Buah Hati Pun Akan Semakin Mencintai Anda

Tidak semuanya berdampak negatif. Ternyata ada juga dampak positif dari ibu yang bekerja di luar bagi anak-anaknya. Mereka akan memiliki rasa cinta yang dalam kepada anda. Hal itu karena anak-anak melihat anda sebagai sosok ibu yang pekerja keras dan mencintai keluarganya. Kegigihan anda untuk menambah penghasilan keluarga pun ternyata menjadi perhatian anak.

Kemandirian Anak Jadi Kian Terasah. Buah Hati Pun Jadi Terbiasa Mengatur Waktunya Sendiri

Dampak positif lainnya dari seorang ibu yang bekerja adalah dapat melatih anak-anak untuk mandiri. Mereka telah terbiasa untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya, mulai dari menyiapkan makanan, menyiapkan pakaian, danberbagai kebutuhan lainnya. Mereka juga terbiasa untuk mengatur waktunya sendiri. Kapan mereka harus belajar, bermain, dan beristirahat. Semuanya dilakukannya sendiri.

Meski Begitu Komunikasi Yang Efektif Akan Sangat Membantu Bunda Untuk Meminimalisir Dampak-dampak Negatif Tersebut

Bagaikan dua sisi mata uang yang saling berkaitan, para ibu yang telah memutuskan untuk bekerja di luar rumah pun tentu berdampak positif dan negatif bagi keluarganya. Untuk itu, kurangi dampak negatif yang mungkin timbul dan perbanyak dampak positifnya. Semua itu dapat dilakukan dengan cara menjalin komunikasi yang baik.

Meskipun anda sibuk di tempat kerja tapi sebaiknya luangkan waktu sesaat untuk menghubungi anak-anak anda di rumah. Tanyakan informasi yang berkaitan dengan aktivitas anak-anak anda. Anda juga harus tahu tentang tugas-tugas mereka di sekolah sehingga meskipun sibuk tapi anda tetap bisa mengarahkan mereka. Dengan cara ini, anda akan tetap dekat dengan mereka meskipun disibukkan dengan pekerjaan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Share

To Top