Parenting

Tak Hanya Orang Dewasa, Anak Juga Bisa Stres. Tangani Dengan Memberinya Perhatian Lebih Bunda

portrait-child-hands-57449

Stres merupakan gangguan psikologis yang menyerang seseorang. Pada umumnya gangguan yang satu ini menyerang seseorang yang sedang dalam beban psikologis berat. Tapi siapa sangka, stres juga dapat menyerang anak-anak.

Hal ini mungkin mengejutkan bagi sebagian orang tapi faktanya bahwa ada anak yang mengalami stres atau tekanan. Hanya saja mereka belum mampu untuk mengungkapkan beban ataupun tekanan mental yang sedang dialaminya sehingga seringkali tidak diketahui. Lantas apa yang harus dilakukan orangtua saat anaknya didera stres?

Cari Tahu Penyebabnya Agar Bisa Ditangani Dengan Tepat

Ini adalah langkah awal yang harus dilakukan oleh orangtua agar dapat membebaskan si anak dari stres. Gali informasi sebanyak-banyaknya tentang apa yang membuatnya stres. Setelah itu anda pun dapat memberikan penanganan sesuai dengan penyebabnya.

Posisikan Diri Anda Sebagai Teman Curhat Yang Baik Untuk Anak

Biasanya anak akan mencurahkan seluruh isi hatinya. Anak akan mengungkapkan apa yang menjadi bebannya saat ini sehingga dia menjadi stres. Dalam kondisi seperti ini anda harus bisa menjadi seorang tempat curhat yang baik. Diam jika memang perlu diam dan bicara jika memang perlu bicara. Dengan demikian anak akan merasa nyaman saat curhat dengan anda.

Berikan Nasihat Bijak Untuk Buah Hati. Bila Perlu Berikan Solusi Untuk Masalahnya

Setelah tahu apa permasalahannya, maka anda tidak perlu memarahinya. Anda harus ingat memarahi anak dalam kondisi seperti itu bukanlah sebuah solusi yangg tepat. Untuk itulah, berilah nasehat yang bijak. Bahkan bila perlu anda dapat memberikan solusi atas masalah yang sedang dia hadapi.

Curahkan Perhatian Lebih Untuk Anak Demi Mengembalikan Rasa Percaya Dirinya

Tidak ada salahnya jika anda memberikan perhatian yang lebih saat anak mengalami stres. Sikap anda ini akan sangat membantu anak untuk mengembalikan rasa percaya dirinya. Selain itu, sikap anda juga akan mengurangi rasa kesepian yang dialami oleh anak sehingga secara perlahan stres pun akan hilang.

Bantu Anak Untuk Tidur Nyenyak Supaya Dia Merasa Lebih Baik Bun!

Sama seperti orang dewasa, anak yang sedang stres pun akan sulit tidur. Untuk itu, anda sebagai orangtua harus dapat membantunya untuk bisa tidur dengan nyenyak. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk membantunya tidur nyenyak. Misalnya saja dengan memberikan sedikit pijatan pada anak sebelum dia tidur atau dengan membacakan sebuah dongeng sebelum dia tidur akan membantunya untuk bisa tidur nyenyak.

Penuhi Kebutuhan Nutrisi Buah Hati Agar Tak Sakit

Stres dapat mengurangi nafsu makan seseorang. Begitu juga dengan anak-anak. biasanya anak akan sulit untuk makan saat dirinya sedang stres. Dan jika ini dibiarkan maka anak bisa mudah sakit. Untuk itulah, pastikan kebutuhan nutrisi anak tercukupi sehingga kemungkinan sakit pun jadi terminimalisir.

Dorong Anak Untuk Melakukan Hal Yang Disukai Dan Membuatnya Senang

Cara untuk mengatasi stres pada anak yang berikutnya adalah dengan mendorong anak untuk melakukan apa saja yang dia sukai. Bermain video games, menyanyi, bermain musik, menggambar, dan berbagai aktivitas yang dia sukai akan membantunya untuk menghilangkan stres.

Mengajak Anak Melakukan Aktifitas Fisik Akan Mengurangi Stresnya

Melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga, berenang, bersepeda, dan lain sebagainya akan dapat mengurangi stres. Selain itu, melakukan aktivitas fisik tersebut juga akan membuat tubuh menjadi sehat dan bugar. Oleh karena itu untuk mengurangi stresnya, anda bisa mengajak buah hati untuk melakukan aktifitas fisik yang disukainya.

Dorong Anak Agar Berkumpul Dengan Teman-temannya

Berkumpul bersama teman-teman akan sangat membantunya untuk menghilangkan stres. Anak akan bisa melupakan bebannya saat sedang bercanda dengan teman-temannya. Dengan begitu stresnya pun akan jadi jauh berkurang setelah berkumpul bersama teman-temannya.

Ciptakan Suasana Untuk Mendukung Pemulihannya

Ini dapat dilakukan di dalam keluarga. Seluruh anggota keluarga hendaknya dapat membuat suasana rumah menjadi menyenangkan sehingga anak pun akan merasa nyaman dan senang berada di rumah. Ajak seluruh anggota keluarga untuk mencipakan suasana guna mendukung pemulihannya Bun. Dengan lingkungan yang mendukung pemulihannya, buah hati pun akan lekas pulih.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Share

To Top