Social News

Supaya Si Kecil Tak Asing dengan Ayahnya, Tiru Cara Chicco Jerikho saat Mendekap Surinala

surinala

Baru menjajaki peran sebagai seorang ayah, Chicco Jerikho tak hanya bahagia, ia juga mengupayakan banyak hal agar selalu dekat dengan istri dan putri kecilnya, Surinala. Terbaru, Chicco sempat mengunggah foto di Instagram saat dirinya sedang melakukan skin to skin dengan Surinala. Bun, ternyata yang dilakukan Chicco ini memang dianjurkan oleh para ahli.

Mengutip dari Kangaroo Mothercare, skin to skin pada bayi saat lahir akan membantunya menstabilkan kondisinya. Selain itu bisa menjadi ajang bonding dengan orang tuanya. Mengutip Nuroo Baby dan haibunda.com, ini dia beberapa manfaat yang akan muncul dengan sering melakukan skin to skin.

Manfaat Bagi Ayah:

1. Membuat Psikologis Ayah Baik

Saat ayah dan buah hatinya melakukan skin-to-skin, ada hormon oksitosin alami dalam tubuh jadi meningkat. Nah, dengan meningkatnya kadar hormon ini, tingkat testoteron pun menurun. Pergeseran hormone ini ternyata menciptakan respon rileks dan damai, Bun.

2. Ayah Pun Jadi Lebih Dekat dengan Bayi

Nih Bun, skin to skin bisa membantu ayah mengenal lebih dekat dengan bayinya. Yup, dengan cara ini, ayah lebih interaktif dengan bayi mereka.

3. Lebih Peka dan Percaya Diri

Ayah akan lebih peka atau sensitif bahkan sadar akan kebutuhan bayinya. Dengan melakukan skin to skin setiap hari, Ayah akan jadi lebih terbiasa dengan bayinya bahkan lebih percaya diri dengan ketrampilan pengasuhannya, Bun.

Manfaat Bagi Bayi

1. Bunda Mungkin Tak Tahu, tapi Skin to Skin Baik untuk Perkembangan Otak

Bun, kontak skin to skin adalah pengalaman multi-indra. Nah, menaruh bayi pada kulit ayah pada akhirnya meningkatkan perkembangan jalur syaraf penting tersendiri yang bisa membuat otak bayi terus berkembang.

 

2. Menenangkan dan Mengurangi Stres

Skin to skin dengan ayah bisa jadi cara yang sangat menenangkan untuk bayi lho Bun. Menidurkannya di dekapan ayah akan membuat kadar kortisol bayi dan hormon stressnya bisa menurun secara signifikan hanya setelah 20 menit melakukan skin to skin. Bahkan rasa sakit mereka berkurang saat melakukan aktivitas ini.

 

3. Baik untuk Kesehatan

Skin to skin dengan ayah sangat baik bagi bayi. Hal ini karena bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, merangsang pencernaan, dan berat badan. Kemudian bisa mensinkronisasi detak jantung dan napas. Bahkan selama melakoni kegiatan ini, kebanyakan bayi tertidur dengan mudah, bisa tidur tenang, dan tidur nyenyak alami selama 60 menit atau lebih.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Share

To Top