Kesehatan Ibu & Anak

Saat Hamil, Ashanty Ternyata Pernah Keracunan Makanan Lho Bun

ass

Penyanyi sekaligus istri Anang Hermansyah, Ashanty baru-baru ini menceritakan kalau dirinya pernah mengalami keracunan makanan saat hamil. Kala itu usia kandungannya baru menginjak empat bulan. Ia baru sadar kalau dirinya keracunan makanan setelah merasakan mual hebat di dalam perutnya baru kemudian muntah-muntah.

Setelah dibawa ke dokter, diagnose dokter mengatakan kalau ibunda Arsy dan Arsya itu diketahui keracunan makanan karena mengonsumsi makanan yang tidak segar. Duh Bun, Bunda pernah mengalaminya? Yup! Ternyata makanan tak segar pun bisa jadi penyebabnya ya Bun.

Karenanya, mulai sekarang coba perhatikan lagi Bun soal perawatan makanan yang ada di dalam kulkas. Karena ternyata berbagai macam penyakit mengintai dari balik pintu kulkas rumah.  Berdasarkan penelitian yang dimuat dalam Jurnal Kesehatan di American Institute of Medical Science, korban penyakit yang disebabkan dari dapur mencapai angka 76 juta dan 350 ribu diantaranya harus dirawat di rumah sakit. Lima ribu lainnya bahkan meninggal dunia.

Karenanya, penting sekali nih Bun memperhatikan kebersihan dapur, terutama urusan kulkas tempat menyimpan makanan. Sebab disitu bisa saja jadi sarang bakteri, virus, parasit, semuanya yang rentan menjangkiti manusia. Untuk itu, yuk Bun lakukan hal ini:

  1. Bersihkan kulkas sekali atau dua kali dalam satu minggu menggunakan larutan pemutih ringan dan air.
  2. Pastikan suhu berada di bawah 4 derajat celcius pada kulkas dan di bawah 0 derajat celcius pada bagian
  3. Bersihkan semua tumpahan di kulkas untuk mencegah kontaminasi bakteri ya Bun.
  4. Gunakan makanan sebelum tanggal kadaluarsa ya Bun.
  5. Konsumsi makanan yang akan kadaluarsa maksimal lima hari sebelum jatuh tanggalnya. Kali ini Bunda harus belanja cerdas. Menjaga keamanan makanan bisa Bunda lakukan dari tahap belanja. Mulailah Bunda membeli makanan dari bagian tengah baru kemudian membeli makanan beku terakhir.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Share

To Top