Mom Life

Pernah Dengar Tes HSG? Berikut Ini Penjelasannya

care-check-checkup-905874 (2)

Bun, pernah dengar apa itu tes HSG? Ya, HSG atau histerosalpingografi adalah sebuah tes yang biasanya dilakukan oleh perempuan yang sedang memiliki kasus infertilitas, salah satunya saat menemui masalah dengan adanya sumbatan pada saluran tuba atau tuba fallopi. Bunda perlu tahu, bila saluran tuba bermasalah atau tersumbat, maka hal ini akan membuat sperma sukar bertemu sel telur. Maka dokter pun perlu turun tangan guna mendiagnosis masalah ini melalui tes HSG.

Apa itu Tes HSG?

HSG adalah adalah pemeriksaan untuk melihat rahim dan saluran tuba dengan menggunakan bentuk khusus sinar-x yaitu fluoroskopi dan pewarna kontras. Pewarna kontras tersebut akan larut dalam air dan akan disuntikkan sehingga membuat bentuk rahim dan saluran tuba terlihat.

Hal ini diikuti dengan sinar x-ray fluoroskopi untuk melihat kondisi saluran tuba terkait bagaimana struktur yang mengangkut telur dari ovarium ke rahim bergerak. Dokter pun dapat melihat apakah saluran tuba mengalami penyumbatan atau kelainan struktural lainnya di rahim Bunda.

Tak hanya mendeteksi adanya penyumbatan di area tuba fallopi, tes ini juga bertujuan menyelidiki kasus keguguran yang berulang serta kelainan rahim yang biasanya dipicu tumor dan fibroid rahim. Tes HSG juga dilakukan untuk memantau kembali saluran tuba pasca tindakan sterilisasi.

Lantas Apa Saja yang Diperlukan untuk Melakukan Tes HSG?

Jika Anda hendak melakukan tes HSG, ada hal-hal yang perlu Anda persiapkan terlebih dahulu. Persiapkanlah beberapa hal di bawah ini sebelum melakukan tes HSG. Informasi bermanfaat ini bisa membantu tes HSG Anda berjalan lancar.

Berikut ini beberapa persiapan sebelum melakukan tes HSG:

1. Berkonsultasi dengan dokter spesialis kesuburan

Ya Bun, persiapan pertama tentu berkonsultasi dengan dokter spesialis kesuburan. Bila Bunda hendak melakukan tes ini, sebaiknya carilah dokter dan tanyakan hal-hal yang ingin Bunda ketahui. Tes HSG biasanya dilakukan di ruang radiologi.

2. Ketahui siklus menstruasi Anda

Mengutip DokterSehat.com, tes ini tak dapat dilakukan saat sedang hamil. Karenanya, perlu seskali Bunda mengetahui siklus haid Bunda. Tes HSG biasanya dilakukan antara 5-10 hari setelah haid Anda berakhir karena pada waktu itu ovulasi belum terjadi.

Sementara bagi Bunda yang memiliki siklus haid tidak teratur maka dokter akan melakukan pengecekan dengan menggunakan tes kehamilan. Hal ini penting karena prosedur tes HSG bila dilakukan pada wanita hamil justru bisa membahayakan janin.

3. Buatlah Daftar Makanan Pemicu Alergi

Untuk Bunda yang rentan terhadap alergi bila mengonsumsi makanan atau obat-obatan tertentu, maka buatlah daftar yang lengkap supaya tak terjadi alergi. Meskipun jarang terjadi namun masih ada kemungkinan Bunda dengan risiko alergi akan memiliki reaksi alergi pada pewarna kontra.

Beritahukanlah kepada dokter Bunda apabila Bunda pernah memiliki alergi pada pewarna kontras sebelumnya. Informasi tersebut akan membantu dokter untuk memberikan solusi yakni dengan memakai bahan pewarna kontras alternatif yang lebih aman terhadap alergi.

4. Minum obat antiinflamasi dan antibiotik

Pada saat hari H, biasanya sebelum dilakukan tes HSG, dokter akan memberi obat antiinflamasi seperti Motrin. Obat antiinflamasi itu diminum satu jam sebelum prosedur berlangsung. Tujuan diberikannya obat tersebut adalah untuk membantu meminimalkan ketidaknyamana dan meredakan rasa sakit.

Selain antiinflamasi, terkadang pada beberapa kasus, dokter akan memberikan obat antibiotik kepada pasien sebelum tes HSG dilakukan. Hal ini bertujuan untuk mencegah kemungkinan infeksi. Jadi, tanyakanlah kepada dokter apakah Bunda perlu minum obat antiobiotik atau tidak saat prosedur HSG hendak dilakukan.

5. Jangan Lupa Bawa Pantiliner atau Pembalut ya Bun

Setelah tes HSG dilakukan, biasanya akan muncul bercak-bercak dari kemaluan Bunda. Tak usah takut ya Bun, bercak tersebut datang dari pewarna kontras yang perlahan turun dari rahim dan keluar. Karenanya, Bunda disarankan membawa pembalut atau pantiliner untuk mencegah kebocoran dan menjaga pakaian dalam Bunda tetap nyaman.

6. Siapkan Pakaian yang Nyaman

Setelah prosedur, Bunda akan mengalami sedikit ketidaknyamanan. Pakaian yang lembut, sedikit longgar bisa membantu Bunda untuk tetap nyaman.

7. Persiapkan siapa yang akan menemani pulang dan sebaiknya ambil cuti

Meskipun sebagian besar pasien bisa pulang sendiri setelah dilakukan tes HSG tetapi ada juga pasien yang perlu ditemani untuk pulang, lebih baik mintalah seseorang untuk menemani Bunda pulang karena bisa jadi kondisi tubuh Bunda jadi tidak baik.

Serta sesudahnya, ada baiknya Bunda mengambil waktu cuti. Tes HSG memang bukan sebuah tes berat tetapi mengambil bedrest setelah tes HSG adalah sebuah solusi yang baik untuk membuat tubuh Bunda kembali pulih.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Mom Life

Tanda Pasti Hamil yang Dialami Para Calon Bunda

Tanda pasti hamil

Tanda tanda kehamilan penting untuk diketahui karena tidak sedikit wanita yang tidak menyadari bahwa dirinya sedang hamil, terutama pada masa-masa hamil muda. Tanda awal kehamilan memang sulit diketahui karena ciri-ciri yang muncul biasanya tidak terlalu siknifikan dan bisa saja memiliki gejala yang sama dengan haid.

Beberapa wanita juga mungkin dapat merasakan ada yang berbeda, namun kebanyakan menganggapnya sebagai tanda tubuh sedang kurang sehat dibanding mengira sebagai tanda awal kehamilan. Mengetahui tanda tanda hamil sangatlah penting agar dapat Bunda dapat menjaga kesehatan dirinya dan janin. Nah berikut ini ulasan tanda-tanda hamil muda pada perut Bunda.

Mudah Lelah

Bun, perasaan mudah lelah akan dirasakan oleh para calon Bunda yang sedang hamil muda. Ini karena perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron saat hamil mempengaruhi fisik Bunda. Karenanya, saat sedang hamil, biasanya Bunda jadi tak sekuat biasanya dan mudah merasa lelah sekalipun melakukan aktivitas yang sederhana dan tak terlalu berat. Biasanya perasaan mudah lelah akan dirasakan wanita yang sedang hamil 1 minggu.

Mengalami Kram Perut

Kram perut juga akan dirasakan oleh wanita yang sedang hamil muda. Umumnya rasanya seperti kram perut saat menstruasi. Untuk mengatasinya, apalagi bila kram perut terasa mengganggu, Bunda dapat meredakan rasa sakit dengan mengompreskan bantal penghangat di perutnya dan jangan lupa untuk beristirahat cukup.

Payudara Mengalami Perubahan Bentuk dan Menjadi Lebih Lembut

Tanda Bunda sedang mengandung juga dapat dikenali saat payudara mengalami rasa nyeri atau bahka ngilu di sekitar payudara. Bila dilihat lebih jeli, payudara mengalami perubahan ukuran dan membesar bahkan lebih lembut saat dipegang.

Jadi, bila Bunda belum melakukan cek kehamilan namun muncul tanda-tanda ini, barangkali memang ada janin di dalam perut Bunda. Tak hanya payudara, bokong pun ada kemungkinan mebesar. Bahkan ada beberapa wanita yang mengalami pembengkakan di beberapa bagian tubuh.

Mengalami Morning Sickness

Pernah dengar istilah ini, Bun? Morning Sickness sendiri adalah istilah dimana seorang perempuan yang sedang hamil muda merasakan mual dan muntah-muntah terutama di pagi hari saat Bunda baru bangun tidur. Sejatinya tak semua calon ibu akan mengalami morning sickness saat ia mengandung janinnya. Tapi di kebanyakan kasus, wanita yang punya firasat atau memang sedang hamil maka akan rentan mengalami gejala muntah-muntah.

Keluar Flek Darah

Tak hanya orang yang sedang haid saja yang akan mengeluarkan flek darah dari miss V. Wanita yang sedang hamil pun bisa mengalami hal serupa. Kendati mirip, flek darah yang keluar di masa-masa awal kehamilan berbeda dengan flek yang keluar saat menstruasi.

Umumnya, flek darah tanda kehamilan itu berwarna lebih pucat daripada darah haid yang kamu alami. Warna flek darah yang pucat ini muncul akibat dari implantasi embrio ke dalam dinding rahim.

Lebih Sering Buang Air Kecil

Adanya tekanan di bagian kandung kemih akibat pertumbuhan janin di rahim akan membuat wanita yang sedang hamil menjadi lebih sering buang air kecil lebih daripada biasanya. Hal itu juga berlaku bagi perempuan yang tidak banyak minum air. Meskipun kondisi ini akan melelahkan kamu bolak balik ke kamar mandi, wanita yang sedang hamil tidak boleh menahan-nahan rasa ingin buang air kecil agar tidak meracuni janin ya Bun.

Indera Penciuman Menjadi Lebih Tajam

Di awal-awal kehamilan, bisa saja Bunda memiliki ketidaksukaan terhadap suatu makanan atau buah yang memiliki aroma tajam. Dan hal ini hanya dirasakan di momen hamil, aroma sesuatu yang awalnya biasa saja saat ia tidak hamil, saat ia sedang hamil bisa membuatnya tidak nyaman, seperti aroma tubuh suaminya. Hal ini dikarenakan pada perempuan yang tengah hamil muda, indera penciuman menjadi lebih tajam dari sebelumnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Mom Life

Yuk Bun Cari Tahu Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Menghitung Masa Subur

Bun, di usia Bunda, jangan sampai menganggap bahwa menghitung masa subur bukan hal yang penting. Apalagi masih banyak wanita yang tak tahu kapan masa subur wanita berlangsung. Padahal dengan mengetahui masa subur setelah haid akan membantu Bunda mendukung program kehamilan terutama program KB alami.

Ya, KB alami adalah dengan menghitung masa subur sehingga meminimalisir potesi kehamilan tanpa mengurangi sensasi yang terjadi saat berhubungan seksual lho Bun. Ada yang memilih mengunduh aplikasi, namun ada juga cara manual yang sudah dilakukan banyak wanita sejak lama. Berikut ini cara menghitung masa subur yang dianjurkan para ahli.

Ketahui Masa Subur Itu

Sebelum menghitung, Bunda harus mengetahui apa itu masa subur ya Bun. Faktanya, setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang normalnya hanya terjadi sebulan sekali. Nah, diantara tiap siklus, ada jeda waktu beberapa waktu yang disebut sebagai masa subur. Di masa subur inilah, peluang untuk terjadinya kehamilan akan sangat tinggi. Masa subur sendiri adalah momen di mana sel telur baru saja selesai diproduksi dan siap dibuahi oleh sperma. Prosesnya disebut sebagai ovulasi.

Ketahui Dulu Apa Itu Ovulasi, Momen Dimana Wanita Sedang Subur-suburnya

Bunda tentu sudah tahu bila dalam organ kita terdapat yang namanya ovarium yang bertugas memproduksi sel telur. Nah, bila sel telur tersebut matang, maka akan dilepaskan menuju saluran bernama tuba falopi. Rangkaian proses inilah yang disebut ovulasi. Bila Bunda melakukan hubungan intim di masa-masa ini, maka nantinya sel telur akan bertemu sperma dan selanjutnya terjadi pembuahan yang bisa menyebabkan kehamilan.

Ovulasi ini hanya terjadi maksimal 48 jam saja untuk satu sel telur. Sementara ovarium seorang wanita bisa memproduksi 15-20 sel telur dalam satu siklus. Lantaran waktu pematangan tiap sel berbeda-beda, total masa ovulasi bisa mencapai enam hari atau bahkan lebih. Banyak yang mengatakan masa subur ada pada hari ke-14 setelah menstruasi terakhir. Padahal, masa subur tiap wanita itu berbeda lho tergantung keteraturan siklus menstruasinya, Bun.

Catat Siklus Menstruasi Bunda Selama Tujuh Bulan Terakhir

Guna mendapatkan hasil perhitungan yang cukup akurat, maka Bunda harus punya siklus menstruasi teratur minimal tujuh bulan terakhir, Bun. Nah, mengenai siklus menstruasi biasanya selalu berada dalam rentang 21-35 hari. Jadi misalkan Bunda menstruasi di bulan Juni dan selesai di tanggal 15, maka siklus bulan depan akan dimulai pada tanggal 6-19 November. Selama jaraknya berada di kisaran 21-35 hari, siklus menstruasi Bunda bisa dikategorikan teratur.

Selanjutnya, tentukan jarak siklus terpendek dan terpanjang, Bunda. Jarak siklus yang paling mendekati 21 hari disebut sebagai siklus terpendek, sementara jarak yang paling dekat dengan angka 35 maka termasuk siklus terpanjang.

Cobalah Hitung dengan Rumus di Bawah Ini, Bun

Setelah mengetahui berapa siklus terpendek dan terpanjang, hitung masa subur dengan rumus berikut:

– Siklus terpendek – 18 hari = awal masa subur

– Siklus terpanjang – 11 hari = akhir masa subur

Ambil contoh Fina memiliki siklus terpendek selama 28 hari, sementara siklus terpanjang 31 hari. maka perhitungannya sebagai berikut:

– Awal masa subur = (28 – 18) hari

= 10 hari setelah menstruasi terakhir

– Akhir masa subur = (31 – 11) hari

= 20 hari setelah menstruasi terakhir

Dari hasil perhitungan di atas, masa subur Fina berada di hari ke-10 sampai hari ke-20 setelah menstruasinya berakhir. Dalam rentang 10 hari itu, potensi kehamilan Fina relatif tinggi dibanding hari lainnya.

Ketahui Juga Tanda-tanda Lain Masa Subur Bun

Selain lewat perhitungan, Bunda juga bisa mengamati tanda-tanda lain yang muncul saat ovulasi terjadi. Yang paling umum yakni muncul lendir bening dan licin di sekitar lubang vagina. Atau tanda lainnya yaitu peningkatan suhu tubuh di pagi hari.

Di waktu tertentu akan ada masa di mana Bunda merasa tubuh Bunda lebih hangat dibanding biasanya saat bangun tidur. Tanda lainnya yaitu rasa lebih bersemangat juga sinyal alami yang menandakan hormon tubuh sedang meningkat. Saat ovulasi sedang terjadi, atau Bunda berada dalam masa subur, mood biasanya jadi lebih baik sehingga Bunda berasa bergairah.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Mom Life

Cara Merapatkan Miss V dengan Bahan Alami

Cara Merapatkan Miss V dengan bahan alami

Bun, banyak faktor yang menyebabkan kondisi vagina perempuan atau miss v menjadi kendur dan tak kencang. Faktor tersebut dipengaruhi banyaak hal diantaranya usia, melahirkan, bahkan menopause. Sayangnya, miss v yang terlanjur kendur, tak dapat rapat seperti sedia kala.

Kalaupun rapat, setidaknya otot-otot di sekitar miss v tidak terlalu kendur. Di lain sisi, tetap ada berbagai cara untuk membantu wanit amengembalikan kekencangan area miss v mereka. Tak hanya olahraga, bahkan para wanita umumnya juga menggunakan bahan-bahan alami dari alam. Nah berikut ini bahan-bahan yang dapat Bunda coba.

Gooseberry

Buah yang satu ini memang kedengaran tak lazim. Untuk membelinya pun biasanya dijual hanya di supermarket yang menjual buah-buahan impor. Khasiat buah ini ternyata ampuh untuk mengembalikan kerapatan miss V.

Guna merasakan khasiat buah ini pada daerah kewanitaan, Bunda dapat merebus 10 hingga 12 butir buah dengan air. Nantinya setelah ekstrak gooseberry tercampur sempurna dengan air, angkat rebusan dan masukkan ke dalam botol.

Simpan rebusan tersebut dalam tempat yang sejuk dan kering. Anda dapat menggunakan rebusan tersebut untuk melumasi bagian miss v ketika mandi. Penggunaan rebusan gooseberry setiap hari akan mengembalikan elastisitas vagina.

Lidah Buaya

Faktanya selain berguna untuk kesehatan rambut, tanaman yang satu ini juga ampun mengencangkan dan merapatkan miss v secara alami. Cobalah mengambil satu batang lidah buaya berukuran besar dan potong-potong kemudian ambil gelnya.

Gunakan dua sendok makan gel lidah buaya untuk melumasi bagian luar dan dalam vagina. Gunakan jari Anda saat mengaplikasikan gel tersebut pada mulut dan dinding vagina. Lakukanlah metode ini setiap hari. Penggunaan gel lidah buaya akan menguatkan otot-otot miss v yang kendur, Bun.

Manjakani

Tentu Bunda tahu salah satu bahan alami bernama manjakani, bukan? Bahan ini banyak digunakan untuk berbagai perawatan miss v. Bahkan selain untuk membersihkan miss v, bahan ini berkhasiat merapatkan daerah kewanitaan lantaran mengandung tannin, fitoestrogen, dan zat lainnya yang bekerja secara efektif untuk mengembalikan elastisitas miss v. Bunda dapat menggunakan ekstrak manjakani setiap hari, yakni sebelum mandi dengan mengoleskannya pada bagian kewanitaan Anda.

Temulawak

Sebagian orang menganggap temulawak hanya ampuh untuk menambah nafsu makan dan menjaga kesehatan tubuh. Ternyata, rempah satu ini juga dapat mencegah kejatuhan pada dinding vagina dan merapatkan miss v. Selain itu, khasiat temulawak dalam merapatkan miss v dapat didapatkan dalam waktu cepat, yakni sekitar satu bulan.

Bunda dapat merasakan manfaat temulawak dalam menjaga organ kewanitaan Bunda dengan mengekstrak temulawak (dengan cara memblender dan mengambil sarinya), lalu menggunakannya di area miss v.

Black Cohosh

Black cohosh adalah sejenis tanaman yang dapat digunakan untuk merapatkan dan mengencangkan miss v hingga batas tertentu. Tanaman dengan nama latin Actea racemosa ini memiliki kandungan fitoestrogen yang tinggi, Bun.

Ekstrak black cohosh harus diekstrak dan dicampurkan dengan air terlebih dahulu sebelum dapat diaplikasikan di seluruh bagian miss v. Penggunaan ekstrak black cohosh untuk merapatkan daerah kewanitaan dapat dilakukan setiap hari.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Share

To Top