Parenting

Orangtua Harus Tahu, Ini Penyebab Anak Susah Makan Dan Tips Mengatasinya

Penyebab Anak Susah Makan Dan Tips Mengatasinya

Menghadapi anak yang susah makan memang menjengkelkan. Kita sebagai orang tua sudah berusaha meluangkan waktu di tengah kesibukan tapi setelah semua makanan sudah siap justru anak menolak untuk mengkonsumsinya. Hal itu kadang membuat kita menjadi marah dan ujung-ujungnya anaklah yang menjadi sasaran kemarahan kita.

Sebelum anda ngomel-ngomel kepada anak anda, perlu anda ketahui lebih dulu bahwa anak tidak mau makan pastilah ada penyebabnya. Penyebab inilah yang harus dicari agar anda tidak hanya menyalahkan anak saja tapi kita sebagai orang tua harus mencari tahu faktor lain yang membuat anak tidak mau makan.

Penyebab anak susah makan:

Dari berbagai penelitian menyatakan bahwa anak susah makan disebabkan oleh banyak hal. Tidak mungkin anak tiba-tiba tidak mau makan begitu saja. Beberapa ssebab itu adalah

  1. Sedang tumbuh gigi

Ini adalah penyebab yang paling sering dialami oleh anak sebab pada saat itu dia merasakan sakit pada gusinya sehingga tidak mau saat diberi makanan atau diberi susu.

  1. Sedang sakit

Penyebab anak susah makan yang selanjutnya adalah karena anak dalam kondisi ssakit. Sakit seperti flu dan batuk dapat membuat badan anak terasa tidak nyaman sehingga biasanya akan menolak saat disuapi.

  1. Terlalu banyak mengkonsumsi cemilan

Banyaknya jajanan saat ini membuat anak hobi dan ingin terus mengkonsumsinya. Hal ini akan membuat perut anak menjadi kenyang sehingga dia merasa sudah tidak lapar lagi. dan akibatnya anda bisa tebak sendiri anak pun akan menolak saat disuapin. Yang harus anda peerhatikan adalah berhati-hatilah dengan jajanan yang ada saat ini. banyak jajanan anak yang sebenarnya kurang baik untuk kesehatan anak, seperti jajanan yang memiliki warna-warna yang mencolok, jajanan yang terlalu manis, jajanan yang banyak mengandung bahan pengawet, dan lain sebagainya. jenis-jenis jajanan tersebut dapat mengganggu kesehatan anak.

Tips mengatasi anak susah makan

Setelah anda tahu apa saja penyebab anak tidak mau makan, maka anda harus tahu juga cara untuk mengatasinya. Berikut adalah caranya:

  1. Membuat suasana menjadi menyenangkan

Saat anak menolak makanan yang anda hidangkan, maka cara yang paling tepat adalah mencari tahu apa yang menjadi penyebabnya. Anda harus pandai-pandai untuk membuat suasana makan yang menyenangkan. Misalnya saja ajaklah anak makan sambil bermain, atau anda bisa mendongeng sambil menyuapi anak. cara ini dapat membuat selera makan anak menjadi tumbuh kembali. Selain itu anak pun akan merasa senang saat tiba waktunya makan. Jangan ssekali-kali mengancam atau menghukum anak saat dia tidak mau makan karena cara seperti ini justru akan membuat anak menjadi ketakutan. Cara tersebut bisa membuat anak merasa makan adalah waktu yang membosankan dan menakutkan.

  1. Jadwal yang teratur

Sebaiknya buatlah jadwal makan yang teratur. Jadwal yang paling bagus adalah makan tiga kali dalam sehari. Disamping itu, anda pun bisa makan bareng dengan si anak. dengan begitu suasanapun akan lebih menyenangkan.

  1. Camilan yang sehat

Sebagai anak pastilah suatu waktu dia akan meminta jajanan atau camilan. Anda harus bisa memberikan camilan yang sehat untuk anak. hindari makanan-makanan instan dan yang mengandung bahan pengawet. Dan camilan yang paling bagus bagi anak adalah camilan yang dibuat sendiri karena terjamin kebersihannya. Selain itu, anda juga bisa memberinya buah segar, baik itu sudah diolah maupun tidak.

Setelah tahu apa saja penyebab anak susah makan dan solusi untuk mengatasinya, maka saat ini anda sudah memiliki persiapan untuk menghadapi anak yang susah makan. Meskipun anak susah makan tapi anda harus tetap sabar karena saat masih anak-anak dia membutuhkan banyak nutrisi untuk tubuhnya. Untuk itu, sebagai orang tua kita harus bersabar untuk menghadapinya.

Demikianlah pembahasan tentang penyebab anak susah makan dan tips mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Share

To Top