Parenting

Pentingnya Menumbuhkkan Rasa Percaya Diri pada Anak, Tips Mengatasi Anak Yang Minder Dan Pemalu

headlinePemalu

Sebagai orang tua pastilah anda akan merasa gemes saat melihat anak begitu pemalunya di depan banyak orang. Anak yang pemalu cenderung memiliki rasa malu yang berlebihan saat dia berada di tengah-tengah banyak orang sehingga yang ada justru dia akan banyak diam, tidak nyaman, dan tidak mau bergaul dengan orang lain. Hal ini jika terus dibiarkan akan menimbulkan rasa minder pada anak, terutama saat dia dewasa. Dan inilah yang harus anda waspadai karena jika sifat-sifat tersebut ada pada anak sampai dia dewasa maka akan menghambat pergaulannya. Bukan hanya mengalami hambatan dalam pergaulan saja, tapi anak yang minder dan pemalu akan menghambat dia sendiri untuk mengembangkan prestasinya karena anak yang seperti ini akan cenderung pendiam ketika berada di sekolah sehingga kemungkinan akan tertinggal pelajaran cukup besar.

Begitu pentingnya menumbuhkkan rasa percaya diri pada anak, maka sebagai orang tua anda sudah seharusnya berhati-hati dengan sifat pemalu dan minder ini. ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan rasa minder dan pemalu pada anak. cara ini termasuk cara yang mudah untuk dilakukan.

Inilah tips untuk mengatasi rasa minder dan pemalu pada anak:

  1. Menyampaikan kelebihan-kelebihan yang dimiliki si anak

Ini adalah salah satu cara yang sangat baik untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan menghilangkan rasa minder dan pemalu. Yang harus anda lakukan adalah mengamati setiap potensi dan bakat yang dimiliki oleh si anak secara obyektif. Sampaikan apa adanya tentang kelebihan-kelebihan yang dimilikinya. Dengan begitu anak akan merasa sama dengan anak-anak yang lainnya. tapi anda harus ingat bahwa perlu menanamkan rasa rendah hati dan tidak sombong. Jangan sampai kelebihan-kelebihan yang anda ceritakan kepadanya justru membuat anak menjadi sseorang yang sombong. Untuk itu, sampaikan dengan bahasa yang sebaik mungkin agar anak tidak salah paham.

  1. Tumbuhkan rasa percara diri pada anak

Ini adalah cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi rasa minder dan pemalu pada anak. anda dapat menanamkan bahwa sebenarnya posisi manusia itu sama, tidak ada yang lebih baik dan tidak ada yang lebih buruk. hanya yang membedakan adalah amal baiknya dihadapan Tuhan. Dengan begitu anak akan terdorong untuk berbuat baik kepada siapapun.

  1. Latih anak untuk melakukan sosialisaasi

Tips yang berikutnya untuk mengatasi anak minder dan pemalu adalah dengan mengajaknya untuk bersosialisasi. Sebagai tahap awal ajaklah anak untuk bermain dengan teman-teman yang sudah dia kenal. Ini penting karena biasanya anak akan mudah untuk berbaur dengan orang yang sudah dia ketahui. Setelah itu sudah berhasil maka anda bisa secara pelan-pelan mengajaknya untuk bermain dengan teman yang baru.

  1. Hindari pemberian cap buruk padanya

Semindeer apapun sifat anak anda atau sepemalu apapun sifatnya, tapi jangan sekali-kali anda memberikannya cap buruk. cap buruk akan membuat si anak menjadi bertambah minder dan pemalu. Anak akan tersugesti oleh cap-cap buruk yang sudah dia terima sehingga jika ini sudah menjadi sugestinya maka akan susah untuk dihilangkan. Untuk itu yang paling bagus untuk anda lakukan adalah dengan memberikannya pengertian dan contoh yang baik.

  1. Berikan pujian

Tips yang selanjutnya untuk mengatasi anak yang minder dan pemalu adalah dengan memberikannya pujian. Hargai setiap usaha yang dilakukan oleh anak dengan cara memujinya. Dengan begitu dia akan semakin percaya diri untuk melakukan sesuatu yang lebih baik lagi.

Memang untuk mengatasi anak yang minder dan pemalu tidak mudah. Tapi sebagai orang tua anda harus berusaha karena ini demi untuk kepentingannya.

Itulah pembahasan tentang tips mengatasi anak yang minder dan pemalu. Semoga pembahasan di atas bermanfaat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Kompetisi Foto Wefie Momen Cinta Keluargamu, Kirimkan Foto Terbaik Keluargamu

momenkeluarga

Zaman dahulu kenangan keluarga diceritakan hanya melalui kisah-kisah verbal orang tua kepada anak cucunya. Kemudian datang era tulisan, dimana kenangan dituliskan dalam buku tulis dan untuk diberikan kepada generasi selanjutnya.

Lalu cara itu berganti ketika Kodak memperkenalkan kamera portabel yang bisa dibawa kemana-mana. Momen-momen penting keluarga tersimpan manis dalam album-album foto atau pigura yang dipajang di ruang-ruang tamu.

Tapi kemudian cara itu mulai luntur ketika datang era telepon pintar. Foto-foto kebersamaanmu Kini seringnya hanya tersimpan dalam penyimpanan gadget atau dalam unggahan sosial media. Saat itu pula kita tak lagi melihat keberadaan foto-foto itu sepenting ketika era dalam album dahulu.

Berapa banyak foto yang hilang karena gadgetmu bermasalah dan harus direset? Bagaimana pulak dengan foto jalan pertama si kecil yang kini hilang karena akun sosial mediamu diretas orang tak bertanggung jawab?

Ah, apakah kamu termasuk orang yang sangat telaten menyimpan semua foto-foto kenangan itu? Kamu menyimpan salah satu foto terbaik momen bersama keluargamu yang mungkin tak pernah terulang?

Kirimkan foto terbaikmu itu, agar semua bisa belajar dari kasih dan sayangmu bersama keluarga. Foto terbaik akan memenangkan Smartpone dan Smartfren MIFI

Ikuti Kompetisi Foto Wefie Momen Cinta Keluargamu

Upload

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Share

To Top