Mainan Anak

Para Orang Tua Wajib Tahu, Inilah Berbagai Jenis Permainan Anak Dan Manfaatnya!

permainan anak

Tentu kita sebagai orang tua tahu bahwa dunia anak adalah bermain. Bagi anak-anak bermain merupakan proses untuk dirinya belajar. Belajar dalam hal apapun, termasuk belajar mengenai keberanian diri. Oleh karena itulah, sebagai orang tua kita harus memilihkan permainan yang edukatif untuk anak dan mampu merangsang perkembangannya.

Jika anda bingung permainan apa yang bisa melatih anak untuk belajar, Di bawah ini adalah beberapa contoh jenis permainan yang bisa merangsang perkembangan si kecil. Permainan tersebut diantaranya adalah:

1. Permainan tentang aktifitas sehari-hari

Imajinasi anak sangat perlu untuk dikembangkan karena dengan berkembangnya imajinasi tentu dapat melatih kreatifitas serta kemampuan dalambersosialisasi dengan baik terhadap lingkungan sekitar. Oleh karena itulah, disarankan bagi orang tua agar memilihkan jenis permainan yang mirip seperti aktifitas sehari-hari, misalnya: mainan masak-masakan, perlengkapan untuk bermain dokter-dokteran, permainan orang-orangan, atau bisa juga memilihkan permainan sepasang telpon-telponan.

Permainan-permainan seperti di atas tentu bisa membuat si kecil dekat dengan kehidupan sehari-hari disekitar mereka. Pada saat si kecil sedang bermain masak-masakan bisa menggunakan bahan sungguhan, misal wortel dan sayuran hijau, supaya anak merasa sedang masak sungguhan. Untuk sayuran hijaunya anda bisa mengganti dedaunan yang dipetik dari taman. Nah untuk permainan seperti ini sebaiknya dimainkan dengan bersama-sama, tidak sendirian. Jika si kecil masih belum punya teman, maka anda bisa menemaninya untuk bermain bersama.

2. Puzzle

Pastinya anda sudah tahu permainan puzzle. Nah permainan yang satu ini memiliki manfaat yang baik bagi si kecil. Dengan permainan ini maka anda bisa melatih anak untuk memecahkan masalah dan melatih konsentrasi. Kedua kemampuan tersebut tentu sangat berguna ketika anak sudah mulai masuk sekolah.

3. Tebak gambar

Permainan tebak gambar ini merupakan salah satu permainan yang bermanfaat bagi buah hati anda. Karena dengan adanya permainan tersebut bisa melatih anak untuk mengetahui  benda-benda disekitar. Permainan tersebut juga mampu melatih konsentrasi serta dapat memberikan wawasan baik bagi si kecil.

4. Bermain tanah

Anak kecil biasanya sangat menyukai tanah untuk bermain. Tetapi, terkadang orang tua merasa khawatir karena tanah itu kotor. Sebenarnya jika si kecil mulai senang bermain tanah tidak perlu khawatir, karena permainan ini dapat melatih anak untuk mengasah kekreatifan mereka. Misal, mereka seringkali membuat gundukan tanah dengan sangat tinggi, mereka mengibaratkan gundukan tanah tersebut adalah gunung.

Dengan begitu mereka akan tahu bahwa gunung itu tinggi. Selain itu, permainan tanah juga bisa membuat mereka kebal terhadap suatu penyakit. Namun Sebagai orang tua anda harus rajin membersihkan si kecil agar tetap terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan

5. Bermain boneka

Boneka adalah permainan yang biasa dimainkan oleh anak perempuan. Jika anda memiliki seorang anak perempuan, maka anda bisa memilihkan boneka sebagai permainan yang tepat. Permainan yang satu ini bisa melatih mereka untuk bertanggungjawab. Mereka akan mengerti bahwa tugas seorang ibu itu adalah merawat anak-anaknya. Misal, dalam permainan tersebut boneka adalah anak, dan dia menangis, maka si kecil akan tahu lalu kemudian menggendong boneka tersebut dan memberinya minum.

Nah selamat memilih permainan untuk buah hati anda!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Share

To Top